Materi PPKN Kelas 1 SD Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi dan Buku PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sekaligus membagikan informasi tentang susunan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 1 SD kurikulum merdeka lengkap dengan file buku siswa dan buku guru PPKN kelas 1 kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang harus di pelajari pada jenjang sekolah dasar. Pada pembelajaran PPKN siswa di tuntut untuk bisa memahami materi yang akan di pelajari serta dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan sesuai profil pelajara Pancasila.

 

Pada kurikulum merdeka mata pelajaran PPKN akan di pelajari berdasarkan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Nantinya guru dan siswa akan belajar dengan menggunakan buku yang telah disiapkan pada pembelajaran di kurikulum merdeka yang mana meliputi buku guru dan juga buku siswa.

 

Buku guru PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka akan menjadi dasar bagi seorang guru dalam belajar materi yang ada untuk persiapan melakukan aktivitas mengajar di kelas nantinya sedangkan buku siswa PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka akan menjadi dasar bagi siswa sebagai wadah untuk menggali pengetahuan baru sesuai materi yang ada pada buku teks pelajaran.

 

Untuk memudahkan bagi guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKN di kelas 1 kurikulum merdeka maka di butuhkan pengetahuan tentang judul-judul materi yang nantinya akan di pelajari dan olehnya itu maka di kesempatan ini admin akan menyampaikan apa saja yang akan menjadi materi untuk nantinya di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 1 SD kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 1 SD kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2 yaitu berjumlah 5 Bab/Unit. Pembelajaran pada semester 1 dimulai dari Unit 1 hingga Unit 3 dan untuk pembelajaran di semester 2 di lanjutkan dengan Unit 4 hingga Unit 5.

 

Untuk lebih jelasnya maka berikut ini susunan materi yang akan di pelajari nantinya pada mata pelajaran PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2:

 

MATERI PPKN KELAS 1 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA 

UNIT I AKU CINTA PANCASILA

  • Mengamati dan menyimak cerita bergambar, mengidentifikasi nilai Pancasila
  • Mengamati dan menyimak cerita bergambar, menggabungkan kata menjadi kalimat sesuai sila Pancasila
  • Mengamati gambar dan menyimak video simbol Pancasila, mengklasifikasikan kategori warna Pancasila
  • Mewarnai secara berkelompok, peserta didik dapat menyusun karya gambar simbol Pancasila



UNIT II AKU ANAK YANG PATUH ATURAN

  • Mengidentifikasi, mendengarkan cerita, mengamati contoh gambar dan praktik membuat peraturan di rumah dengan bimbingan orang tua dan di sekolah dengan bimbingan guru
  • Tanya jawab, berdiskusi manfaat patuh terhadap aturan di sekolah dan di rumah.
  • Praktik merancang dan praktik menerapkan kewajiban membersihkan ruang sekolah
  • mewarnai gambar, bermain peran mematuhi aturan yang berbeda-beda dalam masing[1]masing kelompok

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 2 LENGKAP (DISINI)


UNIT III AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN

  • Melalui kegiatan mengenal diri, mengidentifikasi karakteristik identitas diri
  • Melalui kegiatan mengenali teman di lingkungannya, mengklasifikan berbagai identitas di lingkungannya
  • Melalui kegiatan mengamati berbagai keberagaman bentuk wajah, mengindetifikasi dan mengklasifikasikan bentuk wajah
  • Melalui kegiatan mengamati berbagai perbedaan spesial, dapat mencocokkan sikap positif atas perbedaan spesial tersebut




MATERI PPKN KELAS 1 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA
UNIT IV AKU CINTA LINGKUNGAN SEKITAR

  • Mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, menganalisa vidio denah rumah, menyimak cerita
  • Menggambar denah bagian luar bangunan rumah, mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar bangunan rumah, mengamati lingkungan sekitar rumah
  • Menganalisa lingkungan rumah tetangga terdekat, praktik membersihkan lingkungan rumah

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 4 LENGKAP (DISINI)


UNIT V AKU SUKA BERGOTONG ROYONG

  • Peserta didik akan membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama
  • Peserta didik mengindentifikasi tugas individu dalam kelompok dan memanajemen kelompoknya
  • Peserta didik mengindentifikasi peran dan karakteristik individu dalam berkontribusi pada kegiatan gotong royong
  • Peserta didik menceritakan alasan[1]alasan peristiwa penting bagi lingkungan sekitar yang berkaitan dengan gotong royong

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 5 LENGKAP (DISINI)


Untuk mengetahui lebih lengkap tentang isi atau pembahasan pada setiap materi pelajaran PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan membagikan 2 file buku teks pelajaran PPKN kurikulum merdeka untuk kelas 1 SD yakni berupa buku siswa dan buku guru.

 

Untuk anda yang ingin memiliki buku siswa PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka dan juga buku guru PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka lengkap mulai dari semester 1 hingga semester 2 maka dapat memiliki filenya di bawah ini :

 

  • Buku Siswa dan Guru PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah penjelasan seputar materi pelajaran untuk mata pelajaran PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka semester 1 dan semester 2 serta buku teks pelajaran PPKN kelas 1 SD kurikulum merdeka yang bisa admin sampaikan melalui postingan ini, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel