Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 4 “ Aku Cinta Lingkungan Sekitar” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan ulasan atau ringkasan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PKN di kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang akan admin sajikan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran PPKN merupakan mata pelajaran wajib yang akan di pelajari di kelas 1 SD kurikulum merdeka. Mata pelajaran ini akan sangat penting sebagai dasar membangun pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills) dan watak atau karakter kewarganegaraan (civic dispositions).

 

Dalam mempelajari materi PPKN Kelas 1 SD Unit 4 “ Aku Cinta Lingkungan Sekitar” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa Tujuan Pembelajaran yang di harapkan untuk dapat di capai oleh siswa, dan berikut ini Capaian pada Tujuan Pembelajaran yang di harapkan :

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan umum yang diharapkan pada Unit IV “Aku Cinta Lingkungan Sekitar” peserta didik dapat menuliskan karakteristik (ciri) sederhana yang kasat mata (real, nyata, kongkrit) tentang tempat tinggalnya, rumah dan lingkungan sekitarnya.

 

Tujuan khusus yang diharapkan pada unit IV “Aku Cinta Lingkungan Sekitar” antara lain:

1.     Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.

2.     Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.

3.     Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.

4.     Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya.

5.     Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya.

6.     Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat.

7.     Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat.

8.     Melalui menganalisa lingkungan rumah tetangga terdekat, peserta didik dapat menggambar denah rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan, timur dan barat.

9.     Melalui mempraktikkan membersihkan lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli dan toleransi terhadap lingkungan tetangga rumah dengan menunjukan kehidupan rukun terhadap para tetangga melalui bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.

 

UNIT IV AKU CINTA LINGKUNGAN SEKITAR

Pada kegiatan pembelajaran pertama aktivitas pembelajaran menekankan pada kegiatan menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumah. Peserta didik akan melaksanakan aktivitas bernyanyi, mengamati, mendengarkan, bermain dan menyaksikan tayangan video tentang bagian-bagian rumah serta cara membersihkannya.

 

Pada kegiatan pembelajaran kedua, aktivitas menekankan pada peserta didik akan melaksanakan pembelajaran menyebutkan dan menggambar batas-batas wilayah dari rumahnya. Peserta didik akan melaksanakan aktivitas bernyanyi, mengamati, mendengarkan, menyebutkan, menggambarkan dan peserta didik diajak praktek mencintai lingkungan rumah serta lingkungan sekitarnya.

 

Pada kegiatan pembelajaran ketiga, aktivitas pembelajaran menekankan pada kegiatan menggambarkan dan menyebutkan tetangga terdekat. Pada unit pembelajaran yang ketiga, peserta didik akan melaksanakan aktivitas pembelajaran bermain sambil belajar, bernyanyi, mengamati, menyebutkan dan menggambarkan tetangga terdekat serta menunjukkan rasa kecintaan terhadap lingkungan tetangga rumah dengan menunjukkan kehidupan rukun terhadap para tetangga melalui bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.

 

INTI MATERI :

Setiap siswa harus mencintai lingkungan sekitar. Bukti mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan cara menjaga dan membersihkan tempat tinggal dan lingkungan sekitar.

Partisipasi aktif warga negara dalam menjaga lingkungan harus dimulai terlebih dahulu dengan pemahaman etika lingkungan “sebagai sebuah studi tentang hubungan etika antara manusia dengan alam sekitar termasuk non-manusia yang mengisinya” (Sandler, 2013:1665). Keselarasan hubungan manusia dengan alam menjadi bagian penting mengenai lingkungan ini. Etika lingkungan ini adalah bagian dari lingkungan yang menyangkut karakter terhadap lingkungan (Sandler, 2013).

 

Perlu dipahami ada beberapa kompetensi dasar materi-materi yang mendukung upaya pengintergrasian lingkungan hidup yakni:

(1) perilaku sesuai norma yang berlaku dalam mengelola dan menjaga lingkungan hidup di sekitarnya,

(2) bentuk kerja sama dalam menjaga lingkungan hidup,

(3) menjaga lingkungan hidup sebagai wujud menjaga NKRI,

(4) peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dan menjaga lingkungan hidup.

 

Untuk melihat materi dan rangkuman lainnya yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan cek pada Judul di Bawah ini :

 

  • Materi & Rangkuman Lengkap PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi PPKN kelas 1 SD Unit 4 “ Aku Cinta Lingkungan Sekitar” yang bisa admin kherysuryawan sajikan di kesempatan ini, semoga bisa menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel