Materi PJOK Kelas 1 SD Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi dan Buku PJOK Kelas 1 SD Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada tulisan kali ini admin akan memberikan uraian seputar materi pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas 1 SD kurikulum merdeka. Selain materi disini admin juga akan membagikan file buku teks pelajaran kurikulum merdeka berupa buku siswa dan buku guru PJOK kelas 1 SD.

 


Mata pelajaran PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari pada jenjang SD, selain mempelajari materi siswa juga akan di kenalkan dengan beberapa jenis olahraga maupun Teknik berolahraga yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mempelajari PJOK akan melatih siswa untuk dapat menerapkan hidup sehat sehingga akan sangat penting bagi siswa dalam mempelajari mata pelajaran PJOK sejak dini.

 

Lantas apa saja materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK di kelas 1 SD ?

Nah disini admin akan memberikan susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK di kelas 1 SD kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sampaikan nantinya sudah merupakan materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga di semester 2 pada kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja memberikan informasi tentang susunan materi pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka melalui artikel ini dengan harapan dapat memberi gambaran kepada siswa maupun guru tentang hal apa saja yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran PJOK kelas 1 SD. Dengan mengetahui judul atau inti materi maka akan memudahkan siswa dan guru untuk mempersiapkan diri dalam proses belajar mengajar.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas 1 SD kurikulum merdeka secara keseluruhan berjumlah 8 BAB/UNIT yang mana pada semester 1 akan mempelajari materi mulai dari unit 1 hingga 4 dan semester 2 akan mempelajari unit 5 hingga unit 8.

 

Materi PJOK kelas 1 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka yang akan admin berikan dan sampaikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka. Jadi bagi anda yang di sekolahnya telah menerapkan kurikulum merdeka dan ingin mengetahui susunan materi yang akan di pelajari maka anda bisa melihatnya pada artikel ini.

 

Baiklah berikut ini susunan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 1 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka :

 

MATERI PJOK KELAS 1 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor 

  • Aktivitas Pengembangan Pola Gerak Dasar Lokomoto

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 1 LENGKAP (DISINI) 


Unit 2 Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

  • Aktivitas Pengembangan Pola Gerak Dasar Non- Lokomoto

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 2 LENGKAP (DISINI) 


Unit 3 Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

  • Aktivitas Melempar dan Menangkap Bola

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 3 LENGKAP (DISINI) 


Unit 4 Aktivitas Senam

  • Aktivitas Pola Gerak Dominan Keseimbangan dan Berguling

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 4 LENGKAP (DISINI) 



MATERI PJOK KELAS 1 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 5 Aktivitas Gerak Berirama

  • Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor dan Non- Lokomotor Sesuai dengan Irama (Ketukan) Tanpa/ dengan Musik dalam Aktivitas Gerak Berirama

 

Unit 6 Aktivitas Pengenalan Air

  • Aktivitas Pengenalan Air

 

Unit 7 Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan

  • Aktivitas Kebugaran Jasmani yang terkait dengan Kesehatan

 

Unit 8 Mengenal Bagian-Bagian Tubuh

  • Mengenal Bagian-bagian Tubuh, Bagian Tubuh yang Boleh dan Tidak Boleh disentuh Orang Lain dan Menjaga Kebersihan Pakaian


Berikut ini tujuan yang di harapkan untuk di capai oleh setiap peserta didik dalam mempelajari setiap unit materi yang telah di sebutkan diatas.

 

1.       Unit 1 Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor seperti menirukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

2.       Unit 2 Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor seperti: gerakan memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, dan meliuk dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

3.       Unit 3 Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

4.       Unit 4 Aktivitas Senam

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan dan berguling dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

5.       Unit 5 Aktivitas Gerak Berirama

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

6.       Unit 6 Aktivitas Pengenalan Air

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan aktivitas pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

7.       Unit 7 Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan aktivitas latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

 

8.       Unit 8 Mengenal Bagian-Bagian Tubuh

Tujuan pembelajaran yang diharapkan pada Unit ini yaitu : Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mengategorikan dan mampu menerapkan konsep bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian sesuai dengan pola perilaku hidup sehat.

 

Untuk lebih jelas dan lengkap mengenai materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD kurikulum merdeka semester 1 dan semester 2, maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran berupa buku siswa maupun buku guru PJOK kelas 1 Kurikulum merdeka, dan bagi anda yang membutuhkan filenya maka silahkan lihat di bawah ini :

 

  • Buku Siswa dan Guru PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas 1 SD kurikulum merdeka yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Salam Merdeka Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel