Buku Prakarya Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dan Buku Siswa Prakarya dan Kewirausahaan Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan membagikan file buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan jenjang SMA.

 


Salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas 12 SMA ialah mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk SMA/MA kelas XII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Pengolahan, Budi Daya, dan Rekayasa. Setelah mempelajari empat aspek tersebut, peserta didik diharapkan mampu membuat produk dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal di lingkungan sekitarnya.

 

Dari ke 4 aspek prakarya tersebut, maka guru telah disiapkan buku teks pelajarannya secara lengkap sehingga diharapkan buku teks pelajaran prakarya tersebut dapat menjadi pedoman dan acuan bagi guru dalam mengajarkan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membagikan buku teks pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan khususnya untuk aspek Pengolahan. Adapun buku teks prakarya Pengolahan yang akan dibagikan melalui postingan ini ialah Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

 

Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan merupakan sarana kreatif bagi peserta didik untuk memperoleh life skill dengan cepat, cekat, dan tepat, melalui 4 aspek pembelajarannya, yaitu kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan, dengan menggunakan berbagai bahan, alat, teknik dan teknologi yang relevan. Keempat aspek tersebut sama-sama melatih dan meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui 4 elemen utama, yaitu observasi dan eksplorasi, desain/rancangan, produksi, serta refleksi dan evaluasi. Prakarya dan Kewirausahaan memiliki tujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi para peserta didik dalam mengembangkan keterampilannya supaya dapat berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan inovatif, melalui aktivitas kreasi karya dan teknologi.

 

Buku Panduan Guru ini disusun untuk membantu tercapainya tujuan dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, dengan memberi kemudahan kepada para guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Uraian yang jelas tentang petunjuk pembelajarannya ditulis lengkap dan jelas melalui uraian berbagai strategi pembelajaran. Buku panduan ini akan memanjakan para guru dalam melaksanakan pembelajaran karena dilengkapi dengan langkah-langkah pembelajarannya, berbagai sumber belajar yang dapat diakses dengan mudah, serta dilengkapi pula dengan berbagai rubrik penilaian.

 

Buku panduan ini terdiri atas dua bagian, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Petunjuk Umum berisi mulai dari Pendahuluan, Profil Pelajar Pancasila, Karakteristik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Capaian Pembelajaran, dan Strategi Umum Pembelajaran. Petunjuk Khusus berisi tentang unit pembelajaran, mulai dari elemen observasi dan eksplorasi, desain/rancangan, produksi, serta refleksi dan evaluasi. Buku panduan ini juga akan memandu guru dalam upaya mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik dalam pengembangan/proses penciptaan produk olahan pangan higienis Nusantara dan/atau mancanegara atau produk nonpangan.

 

Baiklah, Bagi anda yang membutuhkan Buku teks Pelajaran Prakarya Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka, maka anda bisa mendapatkan file bukunya yang telah admin siapkan di bawah ini :

 

  • Buku Panduan Guru Prakarya Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Guru Prakarya Budidaya Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Guru Prakarya Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Guru Prakarya Rekayasa Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

LIHAT JUGA :

  • Buku Guru & Siswa Lengkap Semua Mata Pelajaran Kelas 12 SMA/SMK Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai Buku teks pelajaran Prakarya Pengolahan kelas 12 SMA kurikulum merdeka, semoga buku teks pelajaran prakarya Pengolahan yang telah di berikan tersebut bisa menjadi pedoman bagi bapak/ibu guru dalam mengajarkan mata pelajaran Prakarya Pengolahan di kelas 12 SMA.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel