Buku Prakarya Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dan Buku Siswa Prakarya dan Kewirausahaan Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan membagikan file buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan jenjang SMA.

 


Salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas 12 SMA ialah mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk SMA/MA kelas XII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Pengolahan, Budi Daya, dan Rekayasa. Setelah mempelajari empat aspek tersebut, peserta didik diharapkan mampu membuat produk dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal di lingkungan sekitarnya.

 

Dari ke 4 aspek prakarya tersebut, maka guru telah disiapkan buku teks pelajarannya secara lengkap sehingga diharapkan buku teks pelajaran prakarya tersebut dapat menjadi pedoman dan acuan bagi guru dalam mengajarkan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membagikan buku teks pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan khususnya untuk aspek Kerajinan. Adapun buku teks prakarya Kerajinan yang akan dibagikan melalui postingan ini ialah Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

 

Prakarya merupakan salah satu kegiatan pendidikan yang mewadahi pelatihan praktik kewirausahaan yang apresiatif dan kreatif serta berkelindan secara komprehensif, artistik, dan analitis kritis atas ragam budaya dan artefak kekayaan lokal yang ada di Nusantara. Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan Pengolahan adalah aspekaspek pembelajaran yang diupayakan dapat membantu pengembangan pendidikan dalam memberikan wawasan pengetahuan seputar keterampilan hidup dan kewirausahaan yang relevan dengan perkembangan global.

 

Mengacu pada spektrum karakter Profil Pelajar Pancasila dengan syntax Capaian Pembelajaran Prakarya Kerajinan Fase F maka penulis Buku Prakarya kerajinan kelas 12 memilih topik per unit secara berurutan dengan memulai aktivitas pembelajaran dari perancangan embrio karya/ produk kerajinan melalui pengamatan yang terdokumentasi dalam jurnal visual. Selanjutnya proses pengembangan bentuk melalui desain yang dikerjakan berbasis pengamatan dalam jurnal visual dilanjutkan dengan pemilihan dan pengolahan bahan hingga proses pembuatan prototype atau sampling karya. Sebelum proses akhir yakni produksi masal, dilakukan penghitungan untuk melihat peluang usaha yang dapat dilakukan terhadap produk kerajinan tersebut. Kegiatan tersebut dengan demikian dapat memberikan wawasan kepada peserta didik seputar dunia kerajinan, ekonomi dan industri kreatif. Sehingga di masa depan, selepas peserta didik lulus dari bangku sekolah telah mengetahui setidaknya dasar pengetahuan seputar kewirausahaan dan kepekaan untuk merawat kearifan lokal secara kreatif dan memiliki nilai ekonomi. Tentunya, nilainilai kewirausahaan yang diajarkan melalui pengalaman, pelatihan dan perancangan produk dengan menjalani rangkaian proyek produksi menggunakan teknologi terkini dapat terwujud secara sempurna jika hal ini diamini sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah, dan orang tua.

 

Baiklah, Bagi anda yang membutuhkan Buku teks Pelajaran Prakarya Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka, maka anda bisa mendapatkan file bukunya yang telah admin siapkan di bawah ini :

 

  • Buku Panduan Guru Prakarya Kerajinan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Guru Prakarya Budidaya Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Guru Prakarya Rekayasa Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Guru Prakarya Pengolahan Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

LIHAT JUGA :

  • Buku Guru & Siswa Lengkap Semua Mata Pelajaran Kelas 12 SMA/SMK Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai Buku teks pelajaran Prakarya Kerajinan kelas 12 SMA kurikulum merdeka, semoga buku teks pelajaran prakarya Kerajinan yang telah di berikan tersebut bisa menjadi pedoman bagi bapak/ibu guru dalam mengajarkan mata pelajaran Prakarya Kerajinan di kelas 12 SMA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel