Cara Sinkron PMM ke eKinerja Oleh Guru

Kherysuryawan.id – Tahapan melakukan sinkron PMM Guru ke Aplikasi e-Kinerja My ASN.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat sehingga dapat menjalankan tugas keseharian dengan baik. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang cara melakukan sinkron PMM ke e-kinerja.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat ini semua guru di beri tugas untuk melakukan pengelolaan kinerja menggunakan aplikasi PMM. Adapun tahapan pengelolaan kinerja untuk guru memiliki tiga tahapan penting yang dilakukan oleh Guru selama enam bulan. 3 tahapan tersebut adalah : melakukan perencanaa kinerja, melakukan pelaksanaan kinerja dan memperoleh penilaian kinerja.

 

Apabila guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan memperoleh penilaian kinerja dari atasan serta telah menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab sesuai dengan RHK yang telah di pilih di PMM itu artinya guru telah menuntaskan pengelolaan kinerja yang ada di PMM dan dapat dipastikan praktik kinerja guru telah menunjukkan angka 100 %.

 

Lantas apa lagi yang harus di lakukan oleh guru jika semua tahapan pada pengelolaan kinerja di PMM telah selesai dilakukan ?

Perlu untuk diketahui bahwa setelah guru mendapatkan penilaian pada praktik kinerja di PMM dan telah menyelesaikan semua tahapan kinerja di PMM, maka langkah selanjutnya adalah guru dapat melakukan sinkron PMM ke aplikasi e-kinerja melalui menu SKP yang ada di dalam aplikasi e-kinerja.

 

Fitur Sinkronisasi PMM kini tersedia di Platform E-Kinerja BKN. Fitur ini dirancang untuk memudahkan dan membantu Anda dalam melakukan sinkronisasi data pengelolaan kinerja antara Platform Merdeka Mengajar dan Platform E-Kinerja BKN. Proses ini memungkinkan integrasi data yang lebih efisien dan akurat, mendukung pemantauan dan evaluasi kinerja yang lebih komprehensif.

 

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan sinkron PMM ke e-kinerja, maka silahkan simak tahapan melakukan sinkron PMM ke aplikasi ekinerja di bawah ini :

 

TAHAPAN MELAKUKAN SINKRON PMM KE E-KINERJA OLEH GURU

 

1.     Silahkan buka aplikasi e-kinerja melalui laman berikut ini : https://kinerja.bkn.go.id/login

2.     Selanjutnya klik “Login”

3.     Kemudian isikan username dan password sesuai akun masing-masing guru, dan jika sudah klik “sign in”

4.     Setelah berhasil masuk ke halaman depan e-kinerja, maka silahkan klik menu “SKP”

5.     Selanjutnya, silahkan Klik tombol Sinkro PMM di menu SKP

6.     Langkah Selanjutnya, Klik tombol Sinkro data PMM untuk memulai proses sinkronisasi data SKP dengan PMM. Setelah proses sinkronisasi selesai, klik OK untuk melihat data yang telah diperbarui.

7.     Dalam kondisi ideal (tanpa perlu perbaikan data di e-Kinerja/SIASN), proses sinkronisasi data SKP dengan PMM akan berhasil tanpa catatan.

8.     Setelah Anda berhasil melakukan Sinkronisasi PMM, tampilan konten SKP di e-Kinerja akan sesuai dengan rencana yang telah dibuat di PMM.


Dalam proses Sinkron PMM yang dilakukan oleh guru, apabila tidak berhasil, pesan error akan muncul dan dapat dilihat oleh guru serta Admin Instansi. Pesan error ini penting untuk dilakukan tindak lanjut perbaikan data sumber data terkait. Untuk guru yang mengalami kendala saat melakukan Sinkro PMM akan mendapatkan contoh tampilan pesan error sebagai berikut : 

1.     Data SKP Organisasi belum dibuat oleh atasan

Solusi mengatasinya :

Atasan Guru (Kepala Sekolah) atau Admin instansi dapat memperbaiki di e-Kinerja dengan dua opsi berikut:

  • Opsi A: Kepala Sekolah melakukan sinkronisasi di e-Kinerja, berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru.
  • Opsi B: Admin instansi melakukan sinkronisasi PMM untuk Kepala Sekolah terkait di e-Kinerja.

 

Jika sinkronisasi PMM untuk Kepala Sekolah di e-Kinerja berhasil, baik guru maupun admin instansi dapat mencoba kembali Sinkron PMM di e-Kinerja.

 

2.     Atasan Pegawai tidak sama dengan data PMM

Solusi mengatasinya :

Admin Instansi melakukan perbaikan data di e-Kinerja dan SIASN dengan langkah-langkah berikut:

Identifikasi Perbedaan Atasan:

  • Admin instansi menggunakan menu Log Sinkronisasi PMM di e-Kinerja untuk mengetahui perbedaan atasan yang terdapat di PMM.

Pembaruan Data Atasan:

  • Setelah mengetahui perbedaan atasan, admin instansi melakukan pembaruan data atasan unor di e-Kinerja dan SIASN sesuai dengan informasi yang ada di PMM.

Sinkron PMM untuk Pegawai Terkait:

  • Setelah dilakukan pembaruan data, Admin Instansi dapat melakukan sinkron PMM untuk pegawai terkait, sehingga data yang tersinkronisasi di e-Kinerja dan SIASN menjadi akurat.

 

3.     Tidak ada RHK yang bisa dikaitkan

Solusi mengatasinya :

Atasan Guru (Kepala Sekolah) atau Admin instansi dapat memperbaiki data di e-Kinerja dengan dua opsi berikut:

  • Opsi A: Kepala Sekolah melakukan sinkronisasi di e-Kinerja, berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru.
  • Opsi B: Jika Sinkron PMM untuk Kepala Sekolah di e-Kinerja berhasil, baik guru maupun admin instansi dapat mencoba kembali Sinkron PMM di e-Kinerja.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah melakukan sinkron PMM ke aplikasi ekinerja oleh guru. Semoga para guru yang akan melakukan sinkron data pengelolaan kinerja yang ada di PMM ke aplikasi e-kinerja dapat berjalan dengan baik serta bagi guru yang mengalami masalah eror pada saat akan melakukan sinkron PMM ke ekinerja dapat memperoleh solusi atas masalah tersebut sesuai dengan penjelasan yang telah di berikan pada artikel ini.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel