-->

Soal dan Pembahasan PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Soal dan kunci jawaban serta pembahasan PPPK untuk guru IPS jenjang SMP dan SMA/SMK.

Sahabat Pendidikan dimanapun berada, menjelang diadakannya perekrutan ASN PPPK maka bagi anda yang ingin ikut dalam pelaksanaan PPPK dari sejak dini sudah harus mempersiapkan diri dengan baik agar ketika akan melakukan seleksi PPPK anda bisa lulus.

 


Salah satu hal penting yang harus di lakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi PPPK ialah dengan berlatih mengerjakan soal-soal latihan PPPK baik soal kompetensi pedagogik maupun soal kompetensi professional. Pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak membagikan soal-soal latihan PPPK mulai dari soal pedagogik umum hingga soal PPPK sesuai mata pelajaran untuk jenjang SD, SMP dan SMA/SMK.

 

Khusus untuk postingan ini saya kembali akan membagikan soal latihan PPPK untuk guru yang mengajar mata pelajaran IPS pada jenjang SMP dan SMA/SMK. Soal latihan yang akan saya berikan disini yaitu soal bentuk pilihan ganda dan di setiap soal yang di sajikan juga telah dilengkapi dengan kunci jawaban plus pembahasannnya.

 

Jika anda belajar memahami soal-soal latihan yang di dalamnya telah di berikan kunci jawaban serta pembahasannya maka tentunya akan memudahkan anda dalam mempelajari dan memahaminya. Pembahasan yang di sajikan pada soal yang ada di dalam postingan ini sangat mendetail sehingga sangat membantu anda yang akan belajar memahami soal-soal PPPK IPS tersebut.

 

Di dalam soal latihan PPPK mata pelajaran IPS yang akan saya bagikan pada postingan ini merupakan soal gabungan dari soal PPPK kompetensi pedagogik dan juga soal kompetensi professional jadi anda cukup mempelajarinya dengan baik sehingga bisa menjadi bekal nantinya ketika anda akan mengikuti seleksi PPPK.

 

Baiklah bagi anda yang saat ini sedang mencari soal-soal latihan PPPK mapel IPS maka silahkan anda simak dan pelajari soal-soal di bawah ini yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya :

 

1. Sesuai dengan Standar Proses Pendidikan dalam Kurikulum 2013, salah satu prinsip pembelajaran yang harus diterapkan guru dalam IPS adalah “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mecari tahu “ Bedasarkan prinsip ini, maka pendekatan pembelajaran yang barus digunakan guru IPS adalah …

A. Deduktif

B. Induktif

C. Reflektif

D. Edukatif

E. Prespektif

Kunci : B

Pembahasan:

Pendekatan pembelajaran induktif adalah sebuah pembelajaran yang bersifat ilmiah dan sangat efektif untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan keterampilan berpikir kritis (critical tinking). Pendekatan pembelajaran induktif dirancang berdasarkan teori kontruktivisme dalam belajar. Pendekatan ini membutuhkan guru yang terampil dalam bertanya, melalui pertanyaan inilah guru akan membimbing siswa membangun pemahaman terhadap materi pelajaran dengan cara berpikir dan membangun ide-ide. Pada pembelajaran induktif guru memberikan informasi-informasi yang akan memberikan ilustrasi-ilustrasi tentang topik yang akan dipelajari siswa,selanjutnya guru membimbing siswa untuk menemukan pola-pola tertentu dari ilustrasi-ilustrasi yang di berikan.

 

2. Dalam pembelajaran IPS, peserta didik diharapkan dapat membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya.. Sesuai dengan prinsip “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu” teori belajar yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ….

A. Behaviorisme

B. Positivisme

C. Konstruktivisme

D. Gestal

E. Stimulus respons

Kunci : C

Pembahasan :

Kontruktivisme merupakan salah satu komponen dari contekstual teaching learning. Kontruktivisme merupakan pengembangan pikiran bahwa siswa akan belajar lebih bermakna jika ia diberi kesempatan untuk bekerja, menemukan dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru. Kontruktivisme adalah membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan Knowledge-Based Constructivism, menekankan kepada pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif dalam proses belajar mengajar.

 

3. Kebanyakan masalah dan pengalaman (termasuk pengalaman belajar) bersifat interdisipliner, sehingga untuk memahami, mempelajari dan memecahkannya diperlukan multi-skills. Sesuai kurikulum 2013, materi pembelajaran IPS mencakup berbagai konsep secara komprehensip, seyogyanya penyajian diorganisasikan dengan menggunakan prinsip dan pendekatan…..

A. Parsial

B. Disiplin

C. Terpadu

D. Terpisah

E. Komprehensif

Kunci : C

Pembahasan :

Karakteristik IPS terlihat pada unsurnya, unsur yang kompleks yang merupakan gabungan berbagai konsep dari ilmu-ilmu sosial sehingga memiliki pemahaman utuh (komprehensip). KI -dan KD IPS juga merupakan sebuah tema dari gabungan ilmu-ilmu sosial. Tema tersebut dapat berupa masalah sosial, peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan dan kebutuhan manusia. Karena itu, pendekatan yang direkomendasikan bersifat terpadu atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu (interdisiplin) untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik sehingga tidak tampak mono disiplin keilmuannnya.

 

4. Berikut ini merupakan contoh alat/media pembelajaran IPS berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ,kecuali….

A. Video pembelajaran

B. Film documenter

C. Overhead Projector

D. Close Circuit Television

E. Computer Assisted Instruction

Kunci : C

Pembahasan:

Overhead projector (OHP) merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran. Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari lampu proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. Overhead projector berfungsi untuk memproyeksikan (menyajikan) transparansi. Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru didepan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antar siswa dan guru.

 

5. Prosedur/langkah awal dalam pengembangan/pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPS adalah…..

A. Merumuskan kompetensi hasil belajar

B. Merumuskan indikator hasil belajar

C. Merumuskan materi pelajaran secara terinci

D. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa

E. Menulis naskah media pembelajaran

Kunci : D

Pembahasan:

Teknologi berbasis komputer telah memberikan sumbangsih yang sangat besar alam dunia pendidikan dan khususnya pada proses pembelajaran IPS. Pembuatan media pembelajaran buka ditekankan pada kebutuhan guru dalam penyampaian materi ajar tetapi harus didasarkan kepada dengan kebutuhan siswa. Media pembelajaran ada yang bersigat visual, audio, dan audio visual. Dari karakteristik media ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi sebagai guru harus dengan bijak mengambil pilihan dari media apembelajaran tersebut.

 

6. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 pada esensinya berisikan tentang….

A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

C. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

D. Standar Proses Pendidikan

E. Standar Penilaian Pendidikan

Kunci : A

Pembahasan:

Ada 5 Permendikbud tahun 2016 yang menjadi landasan hukum kurikulum 2013 sebagai pengganti Permendikbud tahun 2013. Permendikbud no. 20 tahun 2016 mengenai standar kompetensi lulusan Permendikbud no. 21 tahun 2016 mengenai standar isi Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses Permendikbud no. 23 tahun 2016 mengenai standar penilaian Permendikbud no. 24 tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar

 

7. Berikut ini merupakan kaitan Permendikbud No.20 tahun 2016 dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016

A. Standar Penilaian diperlukan uantuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan

B. Standar Proses diperlukan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan

C. Standar Penilaian diperlukan untuk menilai Standar Proses Pembelajaran

D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dijabarkan dalamStandar Kompetensi Lulusan

E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan jabaran dari Standar Kompetensi Lulusan

Kunci : B

Pembahasan:

Standar kompetensi lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standaar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

 

8. Berikut ini merupakan fungsi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam sistem pembelajaran, kecuali….

A. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran

B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran

C. Pedoman dalam merancang penilaian

D. Pedoman dalam menjabarkan kompetensi dasar

D. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar

Kunci : D

Pembahasan :

Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Indicator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

 

Fungsi indikator :

1)Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indicator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta lingkungan.

2)Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan indicator yang dikembangkan, karena indicator dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi.

3)Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indicator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.

4)Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengambangan indicator penilaian.

 

9. Berikut ini merupakan hubungan antara berbagai komponen sistem pembelajaran (kompetensi , materi, proses/kegiatan, media , dan penilaian), kecuali…..

A. Materi pembelajaran dirancang sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran

B. Kegiatan pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran

C. Penilaian disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi

D. Media pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik.

E. Rancangan penilaian disesuaikan dengan materi yang telah dikembangkan

Kunci : E

Pembahasan:

penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, guru atau pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada standar penilaian pendidikan.

 

10. Dalam kurikulu m 2013, proses pembelajaran diharuskan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini harus tertulis pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS. Berikut ini merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, kecuali...

A. Mengamati

B. Mengumpulkan informasi

C. Mengasosiasi

D. Mengkomunikasikan

E. Mengevaluasi

Kunci : E

Pembahasan:

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hukum, konsep / prinsip yang diperoleh siswa.

 

11. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, Berikut ini merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih/menentukan media pembelajaran IPS, kecuali ….

A. Tingkat kesulitan materi pelajaran

B. Sistem penilaian yang digunakan

C. Tingkat usia dan kematangan siswa

D. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai

E. Ketersediaan media dan biaya

Kunci : B

Pembahasan:

Faktor dan kriteria yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media, diantarnya :

1) Faktor tujuan Media dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan/dirumuskan

2) Faktor efektifitas Dari berbagai media yang ada, haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan dan paling tepat/sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan

3) Faktor kemampuan guru dan siswa Media yang dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa, sesuai dengan pola belajar serta menarik perhatian

4) Faktor fleksibilitas (kelenturan), tahan lama dengan kenyataan Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama (tidak sekali pakai langsung dibuang), menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan.

5) Faktor kesediaan media Sekolah tidak sama dalam menyediakan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan blajar mengajar. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing sekolah. Misalnya guru membuat sendiri, membuat bersama-sama siswa, membeli, menewa, dll.

 6) Faktor kesesuaian antara manfaat dan biaya Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan apakah biaya pengadaannya sesuai dengan manfaat yang didapatkan.

7) Faktor kualitas dan teknik Dalam pengadaan media, seorang guru harus mempertimbangkan kualitas dari media tersebut, tidak sekedar bisa dipakai. Media yang bermutu/berkualitas bisa tahan lama (tidak mudah rusak), dan sewaktu-waktu digunakan lagi tidak harus mengusahakan yang baru.

8) Objektifitas Metode dipilih bukan atas kesenangan atau kebutuhan guru, melainkan keperluan system belajar. Karena itu perlu masukan dari siswa.

9) Program pengajaran Program pengajaran yang akan disampaikan kepada anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik menyangkut isi, struktur, maupun kedalaman.

10) Sasaran program Media yang akan digunakan harus dilihat kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan anak didik, baik dari segi Bahasa, symbolsimbol yang digunakan, cara dan kecepatan maupun waktu penggunaannya.

 

12. Salah satu contoh model pembelajaran yang memberikan efek menyenangkan adalah PBL (Problem Based Learning). Dasar pertimbangan diterapkannya PBL adalah ...

A. Pembelajaran berbasis masalah berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus dapat menentukan sendiri apa yang harus dipelajari, dan dari mana informasi harus diperoleh

B. Menjembatani gap antara pembelajaran sekolah formal dengan aktivitas berpikir yang lebih praktis yang dijumpai di luar sekolah

C. Guru tidak perlu memberikan bimbingan kepada peserta didik .Dalam hal ini peserta didik diminta menyelesaikan persoalan secara terbuka dan bebas

D. Mendorong siswa untuk bekerja menyelesaikan tugas,tanpa bimbingan guru

E. Pembelajaran berbasis masalah ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir agar menjadi kompleks

Kunci : B

Pembahasan:

Problem based learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar melalui berfikir kritis dan kerempilan pemecahan masalah dalam rangka memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran.

 

13. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Salah satu upaya untuk menghubungkan materi pembelajaran IPS dengan pengembangan karakter adalah….

A. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan sistuasi

B. Guru harus banyak bercerita terntang materi pembelajaran

C. Cantumkan aspek karakter dalam kompetensi dasar

D. Kembangkan materi pembelajaran dengan memuat aspek nilai

E. Kembangkan sistem penilaian untuk memantau karakter

Kunci: D

Pembahasan:

IPS sebagai program pendidikan dan bidang pengetahuan, tidak hanya menyajikan pengetahuan social semata-mata, melainkan harus pula membina peserta didik menjadi warga masyarakat, bangsa dan Negara yang memiliki tanggung jawab. Dengan demikian, pokok bahasan yang disajikan tidak hanya terbatas pada materi yang besifat pengetahuan, melainkan juga meliputi nilai-nilai yang wajib melekat pada diri peserta didik. Melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS diharapkan mampu membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisi moral dan berperan dalam rangka pembinaan generasi muda.

 

14. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan penilaian autentik yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan . Dalam pembelajaran IPS penilaian keterampilan

peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali…

A. Simulasi /demonstrasi

B. Presentasi tugas

C. Membuat portofolio tugas

D. Mengerjakan soal di depan kelas

E. Merangkum materi pelajaran

Kunci : E

Pembahasan:

Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu diberbagai macam konteks sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain:

1. Penilaian praktik: mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses

2. Penilaian produk: mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan dalam membuat produk-produk teknologi dan seni

3. Penilaian projek: mengukur kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan melalui penyelesaian suatu tugas projek dalam periode waktu tertentu

4. Penilaian portofolio: sampel karya siswa terbaik dari KD pada KI4 untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan (dalam satu semester)

 

15. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal (internal assessment), sedangkan penilaian yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan penilaian eksternal (external assessment). Berikut ini merupakan persyaratan kisi-kisi yang harus dibuat guru, kecuali….

A. Menggunakan format yang ditentukan pihak sekolah

B. Dapat dijadikan pedoman dalam menulis soal

C. Memuat komponen materi dan kemampuan yang akan diukur

D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya

E. Mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proprsional

Kunci : A

Pembahasan:

Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal menjadi suatu tes.

Syarat kisi-kisi:

1. Mewakili isi kurikulum/ kemampuan yang akan diujikan

2. Komponen-komponen rinci, jelas dan mudah dipahami

3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indicator dan bentuk soal yang ditetapkan

Komponen kisi-kisi terdiri atas:

1)Kelompok identitas:

a. jenis institusi

b. program

c. bidang studi

d. tahun pelajaran

e. kurikulum yang digunakan

f. jumlah soal

g. bentuk soal

2)Kelompok matriks

a. kompetensi dasar

b. materi

c. indicator soal

d. nomor urut soal

16. Berikut inimerupakan manfaat hasil penilaian formatif dalam pembelajaran IPS, kecuali ….

A. Merancang program remedial

B. Merancang program pengayaan

C. Perbaikan proses pembelajaran

D. Mengisi nilai dalam raport

E. Merancang perbaikan pembelajaran

Kunci : D

Pembahasan:

Penilaian formatif adalah aktifitas guru dan siswa yang dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung. Penilaian ini akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan program pembelajaran. Tujuan penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran bukan hanya untuk menentukan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Hasil penilaian formatif ini bermanfaat bagi guru dan siswa. Manfaat bagi guru yaitu guru akan mengetahui sejauh mana bahan pelajaran dikuasai dan dapat memperkirakan hasil penilaian sumatif. Jika guru mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran, maka guru dapat membuat keputusan apakah suatu materi pembelajaran perlu diulang atau tidak. Jika harus diulang, guru juga harus memikirkan strategi pembelajaran yang akan ditempuh.

 

17. Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi dalam pembelajara IPS, , kecuali….

A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran

B. Pendistribusi materi pembelajaran

C. Penilai pembelajaran

D. Media kolaborasi pembelajaran

E. Pelaksana pembelajaran

Kunci : E

Pembahasan:

Peran TIK dalam pembelajaran IPS

1) Peran tambahan (suplemen)

Peran guru tentunya akan senantiasa mendorong, menggugah/ menganjurkan peserta didiknya untuk mengakses materi pembelajaran melalui TIK yang disediakan. Peserta didik pun akan memiliki tambahan pengetahuan dan wawasan lebih bila menggunakan TIK tersebut

2. Peran pelengkap (komplemen)

Materi pembelajaran melalui TIK di programkan untuk menjadi materi pengayaan yang bersifat remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional

3. Peran pengganti (substitusi)

tujuannya adalah untuk membantu mempermudah para siswa mengelola kegiatan pembelajaran sehingga para siswa dapat menyesuaikan waktu dan aktivitas lainnya dengan kegiatan pembelajaran.

 

18. Dewasa ini pembelajaran dianjurkan menggunakan blanded learning, pembelajaran berbasis internet. Apabila guru IPS menggunakan aplikasi chatting untuk berkomikasi dan berdiskusi dengan para siswa, maka Teknologi Informasi sudah berperan sebagai….

A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran

B. Pendistribusi materi pembelajaran

C. Penilai pembelajaran

D. Media kolaborasi pembelajaran

E. Pelaksana pembelajaran

Kunci : D

Pembahsan:

Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran . Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai fasilitator, motivator transmitter dan evaluator.

 

19. Memahami bagaimana perbedaan budaya sangat penting, dan mempengaruhi praktik komunikasi, mengidentifikasi kesulitan yang muncul dalam komunikasi antar budaya, Salah satu syarat terjadinya komunikasi yang efektif dengan peserta didiknya., guru harus memiliki “ empati “ terhadap peserta didiknya. Maksud pernyataan ini adalah….

A. Guru harus memiliki sikap saling menghargai dengan peserta didiknya

B. Guru harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi peserta didiknya.

C. Guru harus mengenali karakteristik peserta didik, baik secara individual maupun kelompok

D. Guru harus memiliki kemampuan mendengarkan dan memahami perasaan orang lain

E. Guru harus kemampuan bertanya dan mendengarkan keluhan peserta didiknya

Kunci : B

Pembahasan:

Empati merupakan kekuatan untuk mengerti pikiran dan perasaan orang lain. Empati ini sebagai cara yang pokok kea rah pemahaman dari orang lain. Pembelajaran dengan empati merupakan suatu komponen strategi yang kuat dan praktis dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar yang berbeda dari para siswa yang sangat memerlukan lebih dari pada sekedar lembar kerja.

 

20. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru. Manakah pola interaksi lisan yang efektif untuk dikembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas ?

A. Interaksi satu arah

B. Interaksi dua arah

C. Interaksi banyak arah

D. Interaksi berpusat pada guru

E. Interaksi sepihak

Kunci : C

Pembahasan:

Agar komunikasi dapat berjalan efektif, harus dipenuhi beberapa syarat :

1. Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan

2. Menggunakan Bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti

3. Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat bagi pihak komunikan

4. Pesan dapat menggugah kepentingan komunikan yang dapat menguntungkan

5. Pesan dapat menumbuhkan suatu penghargaan bagi pihak komunikan

21. Letak kepulauan Indonesia berada di jalur pegunungan muda dunia (ring of fire), sehingga membawa pengaruh pada kehidupan sosial-ekonomi ....

A. Kaya flora dan fauna

B. Kaya sumber tambang batu bara

C. Masyarakat memiliki ciri sub sistem

D. Kaya keanekaragaman sumber daya alam

E. Masyarakat cenderung malas tergantung alam

Kunci : D

Pembahasan :

Sumber daya alam hayati Indonesia dan ekosistemnya yang mempunyai kedudukan serta peranan penting bagi kehidupan adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa, apalagi dengan adanya persebaran secara geografis maka akan mempengaruhi sumber daya yang ada di masing masing daerah, oleh karena itu perlu dikelola dan dimanfaatkan secara lestari, selaras, serasi dan seimbang bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya, baik masa kini maupun masa depan.

 

22. Republik Indonesia terdiri atas 17.508 pulau, mempunyai daratan seluas 1,9 juta km2 dan garis pantai sepanjang 80.791 km, serta cakupan laut seluas 3,1 juta km2 . Di negara ini terdapat pula gunung api yang berjumlah tidak kurang dari 200, berukuran rendah sampai tinggi dan bersalju, sungai-sungai lebar dan panjang, serta danau yang sifatnya bermacam-macam. Letak geologis kepulauan Indonesia berpengaruh terhadap keanekaragaman sumberdaya alam....

A. Keanekaragaman flora dan fauna antarwilayah Indonesia barat, tengah dan timur

B. Flora dan fauna Indonesia timur memiliki kemiripan dengan Australia

C. Flora dan fauna Indonesia barat memiliki kemiripan dengan Asia

D. Keberadaan hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia

E. Kekayaan biodiversity di wilayah kepulauan Indonesia

Kunci : A

Pembahasan :

Dalam hal letak geologis dan keanekaragaman, Indonesia pun menjadi unggulan dunia dan dianggap sebagai salah satu pusat keanekaragaman tanaman ekonomi dunia. Jenis-jenis kayu perdagangan, buah-buahan tropis (durian, duku, salak, rambutan, pisang ASTIRIN - Permasalahan Kehati di Indonesia 37 dan sebagainya), anggrek, bambu, rotan, kelapa dan lain-lain sebagian besar berasal dari Indonesia. Beberapa jenis tumbuhan, seperti pisang dan kelapa telah menyebar ke seluruh dunia. Oleh karena itu Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan keanekarangaman hayati terbesar di dunia (megadiversity) dan merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia (megacenter of biodiversity) (Mac Kinnon, 1992).

 

23.Interaksi antarwilayah dapat melahirkan gejala kenampakkan dan permasalahan baru, yang dapat mengakibatkan proses pengerakan/dinamikan dalam kehidupan manusia. Proses pergerakan yang terkait dengan kehidupan manusia adalah....

A. Pergerakan manusia, informasi dan materi/benda

B. Pergerakan manusia dan hewan

C. Urbanisasi dan budaya mudik

D. Pergerakan barang dan jasa

E. Pergerakan migrasi sirkuler

Kunci : A

Pembahasan :

Dalam analisis ekonomi regional harus disadari bahwa dalam suatu wilayah terdapat perbedaan yang menciptakan suatu hubungan yang unik antara suatu bagian dengan bagian lain dalam wilayah tersebut. Ada tempat-tempat dimana penduduk/kegiatan berkonsentrasi dan ada tempat dimana penduduk/kegiatan kurang terkonsentrasi. Hubungan antara kedua tempat tersebut yang oleh Tarigan dikatakan sebagai hubungan antara kota dengan wilayah belakangnya (hinterland). Lebih lanjut Tarigan menerangkan bahwa 49 hubungan antara kota dan daerah belakangnya dapat dibedakan antara kota generatif, kota parasitif dan kota enclave.

 

24.Adanya pertumbuhan penduduk yang pesat dan berkurangnya ruang publik, maka mempengaruhi kesimbangan dengan lingkungan sosial budaya . Begitu pentingnya peristiwa tersebut, sehingga membawa pengaruh terhadap....

A. Kegiatan distribusi meningkat

B. Kebijakan khusus oleh pemerintah

C. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat

D. Kegiatan distribusi meningkat

E. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat

Kunci : B

Pembahasan:

Faktor lingkungan terdiri dari 1) lingkungan sosial-budaya yaitu pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kebudayaan, dan agama; 2) lingkungan fisik dan biologi baik yang merupakan sumber daya alam maupun rekayasa manusia. Termasuk di dalamnya sumber air, sanitasi lingkungan, pencemaran, sumber vektor dan lainnya; Faktor gaya hidup meliputi sikap dan perilaku. Faktor genetik meliputi sistem immunitas individu, dan penyakit yang diturunltan; sedangltan faktor pelayanan kesehatan meliputi pencegahan, pengobatan, perawatan dan rehabilitasi. Ada beberapa ruang terbuka (RTH dan RTNH) yang dikategorikan sebagai ruang publik yang sangat penting dijaga keberlangsungannya dalam suatu lingkungan permukiman kota, diantaranya sebagai berikut: a. taman dan pekarangan, seperti taman perkotaan, taman hutan raya, dan pekarangan rumah; b. fasilitas olahraga luar ruang (dengan permukaan alami atau buatan, baik dimiliki oleh publik maupun privat), seperti lapangan tenis, lapangan golf, sekolah, dan lapangan bermain; c. RTH untuk amenitas (pada umumnya berada di perumahan), seperti ruang rekreasi informal, RTH komunal di dalam dan sekitar perumahan, serta perdesaan; d. penyediaan fasilitas untuk anak dan remaja, seperti taman bermain, lapangan basket, dll; e. koridor hijau, seperti sungai, jalur pejalan kaki, dan jalur sepeda; f. RTH yang bersifat alami dan semi-alami, seperti hutan kota, lapangan rumput, dll; g. pemakaman; dan h. ruang publik, seperti pasar dan area perkerasan yang dirancang untuk pejalan kaki.

 

25. Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Berikut ini pernyataan yang kurang tepat kaitannya interaksi sosial dengan perubahan sosial adalah....

A. Perubahan sosial memengaruhi sistem sosialnya.

B. Nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat merupakan bagian dari perubahan sosial

C. Perubahan sosial dapat disebabkan oleh faktor geografis suatu masyarakat

D. Ruang lingkup perubahan socialmeliputi unsur-unsur kebudayaan, baik material maupun yang immaterial

E. Perubahan-perubahan dan dinamika sosial selalu berhubungan dengan perubahan progresif

Kunci : E

Pembahasan :

Interaksi sosial antara komunitas masyarakat sekitar dipengaruhi oleh berbagai faktor, yakni situasi sosial, kekuasaan norma kelompok, tujuan pribadi, kedudukan dan kondisi individu serta penafsiran situasi. Kendala-kendala yang dihadapi dalam interaksi sosial antara komunitas dengan masyarakat sekitar adalah perbedaan bahasa yang sulit dipahami oleh masyarakat sekitar,dan adanya perbedaan nilai antara kedua kelompok sosial tersebut.

 

26.Terdapat sekelompok remaja yang sengaja meninggalkan rumah dan rela menjadi anak jalanan. Mereka merasakan kebebasan dan kesetaraan. Salah satu geng punya slogan Equality. Salah satu alasanmereka hidup bersama dalam satu kelompok, merasakan dalam satu keluarga, dan merasa saling memberikan kasih sayang. Kasus ini menunjukkan...

A.Mereka hanya menggunakan sebagian hidupnya untuk menikmati dunia

B.Memberontak sistem politik suatu negara yang dianggap mengekang mereka

C.Remaja geng, sesungguhnya merindukan keluarga yang mampu memberikan afeksi

D.Sesungguhnya geng ini menginginkan kehidupan sama rata dan sama rasa, sehingga terwujud keselarasan

E.Geng tersebut menunjukkan bahwa keluarga mereka rata-rata dari kalangan menengah ke bawah yang tidak punya waktu untuk memberikan kasih sayang

Kunci : C

Pembahasan :

Pada materi pembahasan kali ini, kita akan melihat fungsi dan peran kelembagaan sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat di tengah-tengah masyarakat kita sendiri. Fungsi dan peran ini berbeda-beda sesuai dengan maksud dan tujuan didirikanya lembaga sosial itu sendiri. Ini artinya setiap lembaga sosial mempunyai aturan-aturan, alat dan tanggungjawab sendiri-sendiri untuk mencapai tujuannya. Inti dari tujuan yang dimaksud adalah ditujukan untuk mewujudkan hidup yang tertib dan aman.Fungsi secara umum dari kelembagaan sosial ini, dapat kita kemukakan seperti berikut:

1. Sebagai pedoman bertingkah laku dan bersikap di dalam masyarakat.

2. Alat untuk keutuhan dan kesatuan masyarakat.

3. Sebagai pengawas dan pengendali tingkah laku setiap anggota (manusia) dalam bermasyarakat.

Lembaga sosial sering disebut pula pranata sosial. Lembaga sosial terbentuk karena proses-proses sosial yang berlangsung lama di dalam interaksi kemasyarakatan sehingga melembaga menjadi sebuah pranata sosial.

 

27. Salah satu dampak negatif migrasi sirkuler terhadap perubahan sosial budaya di masyarakat adalah munculnya paham yang menganggap bahwa hidup ini bertujuan unrtuk mencari kebahagiaan duniawi sebanyak mungkin.Paham ini sering disebut sebagai ….

A. Sekulerisme

B. Konsumerism

C. Hedonisme

D. Kapitalisme

E. Egiosme

Kunci : C

Pembahasan :

Migrasi sirkuler atau pergerakan penduduk dari suatu wilayah menuju wilayah lain tanpa ada niat untuk menetap di daerah tujuan, selain ada dampak positifnya,juga menimbulkan dampak negatif tehadap perubahan sosial budaya di masyarakat yang lebih menonjolkan kehidupan duniawi, yaitu memunculkan paham sekulerisme, konsumerisme, hedonisme. Fenomena mobilitas sosial dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki dampak cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat. Dampak positif terhadap sosial budaya.

1) Menciptakan lapangan kerja

2) Menciptakan tenaga kerja profesional ‘

3) Menarik tenaga kerja asing

4) Peningkatan inefisiensi kerja

5) Memicu kegiataan ekonomi masyarakat

Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat terbuka karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit. Contohnya, masyarakat feodal atau pada masyarakat yang menganut sistem kasta. Pada masyarakat yang menganut

sistem kasta, bila seseorang lahir dari kasta yang paling rendah untuk selamanya ia tetap berada pada kasta yang rendah. Dia tidak mungkin dapat pindah ke kasta yang lebih tinggi, meskipun ia memiliki kemampuan atau keahlian. Karena yang menjadi kriteria stratifikasi adalah keturunan. Dengan demikian, tidak terjadi gerak sosial dari strata satu ke strata lain yang lebih tinggi. Secara umum, cara orang untuk dapat melakukan mobilitas sosial ke atas adalah sebagai berikut:

Kenaikan penghasilan

Kenaikan penghasilan tidak menaikan status secara otomatis, melainkan akan mereflesikan suatu standar hidup yang lebih tinggi. Ini akan memengaruhi peningkatan status. Contoh: Seorang pegawai rendahan, karena keberhasilan dan prestasinya diberikan kenaikan pangkat menjadi Menejer, sehingga tingkat pendapatannya naik. Status sosialnya di masyarakat tidak dapat dikatakan naik apabila ia tidak mengubah standar hidupnya, misalnya jika dia memutuskan untuk tetap hidup sederhana seperti ketika ia menjadi pegawai rendahan.

Perkawinan

Untuk meningkatkan status sosial yang lebih tinggi dapat dilakukan melalui perkawinan. Contoh: Seseorang wanita yang berasal dari keluarga sangat sederhana menikah dengan laki-laki dari keluarga kaya dan terpandang di masyarakatnya. Perkawinan ini dapat menaikan status seorang wanita tersebut.

Perubahan tempat tinggal

Untuk meningkatkan status sosial, seseorang dapat berpindah tempat tinggal dari tempat tinggal yang lama ke tempat tinggal yang baru. Atau dengan cara merekonstruksi tempat tinggalnya yang lama menjadi lebih megah, indah, dan mewah. Secara otomatis, seseorang yang memiliki tempat tinggal mewah akan disebut sebagai orang kaya oleh masyarakat, hal ini menunjukkan terjadinya gerak sosial ke atas.

Perubahan tingkah laku

Untuk mendapatkan status sosial yang tinggi, orang berusaha menaikkan status sosialnya dan mempraktikkan bentuk-bentuk tingkah laku kelas yang lebih tinggi yang diaspirasikan sebagai kelasnya. Bukan hanya tingkah laku, tetapi juga pakaian, ucapan, minat, dan sebagainya. Dia merasa dituntut untuk mengkaitkan diri dengan kelas yang diinginkannya. Contoh: agar penampilannya meyakinkan dan dianggap sebagai orang dari golongan lapisan kelas atas, ia selalu mengenakan pakaian yang bagus-bagus. Jika bertemu dengan kelompoknya, dia berbicara dengan menyelipkan istilah-istilah asing.

Perubahan nama

Dalam suatu masyarakat, sebuah nama diidentifikasikan pada posisi sosial tertentu. Gerak ke atas dapat dilaksanakan dengan mengubah nama yang menunjukkan posisi sosial yang lebih tinggi. Contoh: Di kalangan masyarakat feodal Jawa, seseorang yang memiliki status sebagai orang kebanyakan mendapat sebutan "kang" di depan nama aslinya. Setelah diangkat sebagai pengawas pamong praja sebutan dan namanya berubah sesuai dengan kedudukannya yang baru seperti "Raden"

 

28. Perhatikan kurva di bawah ini !

 

Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menunjukkan hubungan antara penawaran dan harga ?

A. Terdapat hubungan positif antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan

B. Jumlah barang yang ditawarkan tidak sebanding dengan tingkat harga barang

C. Semakin rendah tingkat harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan

D. Semakin naik tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang yang ditawarkan

E. Semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin berkurang yang membelinya

Kunci : A

Pembahasan :

Menurut hukum penawaran, jika harga barang meningkat, jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat pula dengan sayarat ceteris paribus (faktor lain dianggap tetap) .Dengan kata lain terdapat hubungan positif antara tingkat harga dengan penawaran.Produsen akan diuntungkan jika harga barang mengalami kenaikan, sehingga ia akan meningkatkan jumah produksi barangnya.

 

29. Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang mencerminkan konektivitas antar ruang dalam kehidupan ekonomi ?

A. Penduduk desa melakukan migrasi ke kota dalam rangka mencari pekerjaan

B. Penduduk kota kebanyakan bermata pencaharian di sektor jasa

C. Sebagian besar penduduk desa bermatapencaharian di sektor pertanian

D. Tidak semua daerah di Indonesia menghasilkan bahan bakar minyak

E. Sebagaian besar penduduk yang tinggal di daerah pantai bekerja sebagai nelayan

Kunci : A

Pembahasan :

Konektivitas artinya ketergantungan dalam kehidupan masyarakat dapat dibedakan atas konektivitas antar ruang dan antar waktu.Konektivitas antar ruang menujukkan adanya ketergantungan antar ruang, misalnya antardesa dan kota. Dalam kehidupan ekonomi, konektivitas antar ruang sering terjadi contohnya banyak orang desa mencari pekerjaan ke kota karena lapangan pekerjaan banyak tersedia di kota,sedangkan di desa hanya terbatas pada sektor pertanian. Akibatnya banyak penduduk desa yang pergi ke kota untuk mencari pekerjaaan. Selain terjadi migrasi warga desa ke kota juga adanya pendistribusian pendapatan yang terjadi antar warga.

 

30. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan karakeristik kehidupan ekonomi masyarakat desa, kecuali …

A. Penduduk desa kebanyakan bekerja di sektor pertanian

B. Terorganisir pada paguyuban petani

C. Standar penghasilan berbeda beda

D. Menghasilkan produk kerajinan

E. Menggunakan standar upah minimum regional

Kunci : E

Pembahasan :

Kehidupan ekonomi masayarakat desa memiliki karakeristik yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat kota.Mayoritas bekerja di sektor pertanian, menghasilkan produk kerajinan dan pertanian, standar penghasilannya berbeda-beda karena tidak terikat upah minimum, terorganisir pada paguyuban atau kelompok petani

 

31. Perubahan kehidupan pada masa neolithikum sering disebut sebagai zaman revolusi kebudayaan manusia masa praaksara, dikarenakan....

A.Dikenalnya peralatan yang semakin halus, menunjukan kemajuan teknologi

B.Masyarakat praaksara mulai mengenal bangunan-bangunan besar seperti punden berundak dan menhir

C.Mulai dikenalnya teknologi pengecoran logam, menunjukkan perubahan kebudayaan dari jaman batu ke jaman logam

D.Bercampurnya kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu yang menghasilkan kebudayaan baru

E.Mulainya kehidupan menetap yang berpengaruh dan dipengaruhi bidang-bidang kehidupan lainnya

Kunci : E

Pembahasan:

Kebudayaan manusia purba pada jamanbatu dapat dibedakan menjadi empat, yaitu jaman batu tua (palaeolithikum), jaman batu tengah (mezolithikum), dan batu baru (neolithikum), dan megalithikum. Setelah itu manusia mengenal logam, sehingga disebut jaman logam. Pada masa jaman logam kebudayaan jaman batu tetap berkembang.

 

1.Zaman batu tua (palaeolithicum)

· Peralatan terbuat dari batu atau tulang yang masih kasar.

· Jenis alat yang dipergunakan adalah kapak genggam, kapak perimbas dan alat serpih.

· Manusia hidup mencari makan dengan meramu dan berburu.

· Bertempat tinggal secara nomaden (berpindah-pindah).

· Belum mengenal seni.

 

2. Zaman batu madya (mesolithicum)

· Kehidupan belum menetap

· Ditemukan Kjokkenmoddinger, yaitu: bukit-bukit karang hasil sampah dapur.

· Ditemukan Abris Sous Roche, yaiu gua-gua sebagai tempat tinggal.

· Manusia zaman ini sudah mengenal seni yang berupa lukisan pada dinding gua. Lukisan ini berbentuk cap tangan dan babi hutan.

· Alat yang digunakan disebut peble atau kapak Sumatera.

 

3. Zaman batu muda (neolithicum)

Zaman ini merupakan revolusi pada masa prasejarah. Telah terjadi perubahan yang mendasar pada corak kehidupan dan cara bertempat tinggal maupun peralatan hidupnya.

· Peralatan sudah dihaluskan bahkan diberi tangkai.

· Jenis alat yang diguakan adalah kapak persegi dan lonjong.

· Pakaiannya terbuat dari kulit kayu. Perhiasannya terbuat dari batu dan manik-manik.

· Telah bertempat tinggal menetap/sedenter.

· Telah memiliki kemampuan bercocok tanam.

· Telah menganut kepercayaan animisme dan dinamisme.

 

4. Zaman batu besar (megalithicum) Disebut zaman batu besar karena hasil-hasil kebudayaan umumnya terbuat dari batu dalam ukuran besar. Adapun hasil-hasil kebudayaan zaman ini adalah benda-benda berikut: Menhir: yaitu suatu tugu yang terbuat dari batu besar. Biasanya menhir ini digunakan untuk tempat memuja arwah leluhur.

· Dolmen: yaitu meja batu yang digunakan untuk meletakkan sesaji.

· Kubur batu: yaitu tempat menyimpan mayat. Kubur batu ini berbentuk persegi panjang, dan terbuat dari lempengan-lempengan batu.

· Waruga: adalah kubur batu yang berbentuk kubus.

· Sarkofagus: adalah kubur batu yang berbentuk lesung. Sarkofagus terbuat dari satu batu.

· Punden berundak: merupakan suatu bangunan yang terbuat dari batu. Batu-batu itu di susun berundak-undak atau bertingkat.

 

32. Raja Tarumanegara, Purnawarman memerintahkan pembuatan terusan sungai dengan maksud...

A.Memindahkan pusat kekuasaan Kerajaan Tarumanegara ke pesisir selatan Jawa Barat

B. Memperjelas batas dengan kerajaan lain

C. Mendorong aktivitas perekonomian di Kerajaan Tarumanegara

D. Benteng menahan serangan musuh dari arah laut

E.Menunjukkan bahwa kerajaan Tarumanegara merupakan KerajaAn yang kaya

Kunci : C

Pembahasan :

Sejak tahun 400-500 Mkerajaan Tarumanegara terletak tidak jauh dari pantai utara Jawa Barat. Berdasarkan prasasti-prasasti yang ditemukan, letak pusat Kerajaan Tarumanegara kira-kira di antara Sungai Citarum dan Cisadane Bukti keberadaan kerajaan ini ditunjukkan dengan ditemukannya beberapa prasasti yang juga berhuruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Sumber sejarah kerajaan Tarumanegara terutama sekali tujuh buah prasasti. Prasasti-prasasti itu berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta.

Ketujuh prasasti tersebut adalah sebagai berikut.

1) Prasasti Ciaruteun

Prasasti ini ditemukan di pinggir sungai Ciaruron yang muaranya dekat dengan sungai Cisadane. Dalam prasasti ini tertulis bahwa “ini bekas dua kaki yang seperti kaki dewa Wisnu adalah kaki Yang Mulia Sang Pūrnawarman, raja di negeri Tārumā, raja yang gagah berani di dunia”.

 

2) Prasasti Kebon Kopi

Prasasti Kebon Kopi terdapat di Kampung Muara Hilir, Kecamatan Cibung-bulang, Bogor. Pada prasasti ini ada pahatan gambar tapak kaki gajah yang disamakan dengan tapak kaki gajah Airawata (gajah kendaraan DewaWisnu).

 

3) Prasasti Jambu

Prasasti Jambu ditemukan di perkebunan jambu, Bukit Koleangkok, kira-kira 30 km sebelah barat Bogor. Dalam prasasti itu disebut bahwa Raja Purnawarman adalah raja yang gagah, pemimpin yang termasyhur, dan baju zirahnya tidak dapat ditembus senjata musuh.

 

4) Prasasti Tugu

Prasasti Tugu ditemukan di Desa Tugu, Cilincing, Jakarta. Prasasti ini menerangkan tentang penggalian saluran Gomati dan Sungai Candrabhaga. Mengenai nama Candrabhaga, Purbacaraka mengartikan candra sama dengan bulan sama dengan sasi. Jadi, Candrabhaga menjadi sasibhaga dan kemudian menjadi Bhagasasi kemudian menjadi bagasi, akhirnya menjadi menjadi Bekasi.

 

5) Prasasti Pasir Awi

Prasasti Pasir Awi ditemukan di daerah Bogor.

 

6) Prasasti Muara Cianten

Prasasti Muara Cianten ditemukan di daerah Bogor.

 

7) Prasasti Lebak

Prasasti Lebak ditemukan di tepi Sungai Cidanghiang, Kecamatan Muncul, Banten Selatan. Prasasti ini menerangkan tentang keperwiraan, keagungan, dan keberanian Purnawarman sebagai raja dunia. Kerajaan Tarumanegara diperkirakan berkembang pada abad ke-5 M dengan raja terkenal adalah Purnawarman. Ia dikenal sebagai raja yang jujur, adil, dan arif di dalam memerintah yang kekuasaannya sampai ke daerah Banten. Kerajaan Tarumanegara telah menjalin hubungan dengan kerajaan lain, misalnya dengan Cina. Dalam kehidupan agama, sebagian besar masyarakat Tarumanegara memeluk agama Hindu. Berdasarkan berita dari Fa[1]Hien, di Tolomo ada tiga agama, yakni agama Hindu, agama Budha dan kepercayaan animisime. Raja memeluk agama Hindu. Hal itu diperkuat dengan adanya gambar tapak kaki raja yang diibaratkan tapak kaki Dewa Wisnu, pada prasasti Ciaruteun. Untuk memajukan bidang pertanian, raja memerintahkan pembangunan irigasi dengan cara menggali sebuah saluran sepanjang 6112 tumbak (±11 km). Saluran itu disebut dengan Sungai Gomati. Saluran itu selain berfungsi sebagai irigasi juga untuk mencegah bahaya banjir. Dari berita ini juga dapat diketahui bahwa penduduk Tarumanegara sudah mengenal penanggalan. Sebab dikatakan bahwa pelaksanaan penggalian saluran itu dimulai pada tanggal 8 paro petang bulan Palguna dan diakhiri pada tanggal 13 paro terang bulan Caitra. Dalam prasasti itu tidak disebutkan tahunnya. Setelah selesai penggalian, raja mengadakan upacara kurban dengan memberikan hadiah 1.000 ekor lembu kepada para brahmana. Raja juga memerintahkan mengadakan penggalian Sungai Candrabhaga. Sampai abad ke-7, perkembangan Kerajaan Tarumanegara masih dapat diketahui. Misalnya, pada waktu Tarumanegara mengirim utusan ke Cina. Akan tetapi dalam perkembangan berikutnya tidak ada keterangan yangjelas.

 

Pengaruh Perkembangan Agama Hindu-Budha terhadap Masyarakat Indonesia

1 . Seni Bangunan

Bentuk candi-candi di Indonesia yang pada hakikatnya adalah punden berundak. Punden berundak merupakan unsur Indonesia asli. Candi Borobudur merupakan salah satu contoh dari bentuk akulturasi tersebut.

 

2. Seni Rupa dan Seni Ukir

Relief yang dipahatkan pada dinding-dinding pagarlangkan di Candi Borobudur yang merupakan pahatan riwayat Sang Budha. Di sekitar Sang Budha terdapat lingkungan alam Indonesia, seperti rumah panggung dan burung merpati.

 

3. Seni Sastra dan Aksara

Berkembangnya huruf Pallawa dari India ke Indonesia, mendorong berkembangnya karya-karya sastra. Pada prasasti[1]prasasti ada unsur India dengan unsur budaya Indonesia. MisaInya, ada prasasti dengan hurufNagari (India) dan huruf Bali Kuno (Indonesia). Salah satu pengaruh yang sangat terkenal dari kedatangan Hindu Budha di Indonesia adalah perkembangan seni sastra dan aksara atau tulisan. Bentuk wiracarita ternyata sangat terkenal di Indonesia, terutama kitab Ramayana dan Mahabarata. Kemudian timbul wiracarita hasil gubahan dari para pujangga Indonesia. Misalnya, Baratayuda yang digubah oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh. Juga munculnya cerita-cerita berbentuk Carangan. Walaupun naskah tersebut kandungan utamanya berasal dari India, namun telah digubah oleh para sastrawan Indonesia.

 

4. Filsafat dan Sistem Kepercayaan

Ketika pengaruh India masuk, pemujaan terhadap roh nenek moyang tidak punah. Hal ini yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi candi di Indonesia selain sebagai tempat pemujaan juga sebagai tempat menyimpan abu jenazah tokoh yang telah meninggal dunia. Tentunya tidak semua candi berfungsi seperti itu. Di atas peripih tempat penyimpanan abu jenazah raja didirikan patung raja dalam bentuk mirip dewa yang dipujanya. Ini jelas merupakan perpaduan antara- fungsi candi di India dengan tradisi pemakaman dan pemujaan roh nenek moyang di Indonesia.

 

5. Sistem Pemerintahan

Kedatangan agama Hindu Budha di Indonesia dapat dikatakan hanya meneruskan sistem yang terbentuk dalam masyarakat Indonesia. Bahwa munculnya berbagai kerajaan Hindu Budha di Indonesia telah diawali dengan munculnya sistem pemerintahan kesukuan masyarakat Indonesia. Kepercayaan bahwa pemimpin harus mempunyai berbagai kelebihan kemudian bergabung dengan kepercayaan Hindu Buddha tentang keududukan seorang raja. Setelah pengaruh India masuk, maka pemimpin suku diubah menjadi raja dan wilayahnya disebut kerajaan. Hal ini secara jelas terjadi di Kutai. Sehingga, semenjak itulah tumbuh dan berkembang kerajaan bercorak Hindu Buddha di Indonesia.

 

33. Pernyataan berikut yang bukan produk karya sastra yang berkembang pada masa kerajaan-kerajaan Islam....

A.Hikayat, cerita atau dongeng yang berpangkal dari peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk peristiwa atau tokoh sejarah. Contoh hikayat yang terkenal adalah Hikayat Amir Hamzah.

B.Kitab Sutasoma yang merupakan karangan Mpu Prapanca pada zaman Kerajaan Majapahit begitu berarti bagi bangsa Ini, sebab Semboyan Negara Republik Indone-sia Bhinneka Tunggal Ikadiambil dari Kitab ini

C.Babad, kisah pujangga keraton sering dianggap sebagai peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi (Jawa Kuno), Babad Cirebon.

D. Suluk, kitab yang membentang-kan soal-soal tasawuf contohnya Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang, dan lainnya.

E.Syair, seperti Syair Abdul Muluk dan Gurindam Dua Belas

Kunci : B

Pembahasan :

A. Akulturasi Kebudayaan Tradisi Lokal, Hindu Budha dan Islam Beberapa contoh bentuk akulturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan Indonesia yang telah berkembang sebelunya adalah sebagai berikut.

1. Bentuk Akulturasi dalam Seni Bangunan

a. Bangunan Masjid sebagai tempat ibadah

Masjid Demak dibangun pada abad XV M, ketika Islam mulai berkembang di Jawa. Bangunan Masjid Demak dan salah satu masjid kuno di Aceh tersebut memiliki kemiripan. Bentuk bangunan Masjid yang merupakan hasil akulturasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a) Bentuk atap tumpang yang nampak dalam bangunan masjid di atas menunjukkan adanya perpaduan dengan bangunan agama Hindu yakni bentuk meru pada bangunan suci (pure). Di Arab, umumnya atap masjid berbentuk kubah. Atap bersusun (tumpang) jumlahnya biasanya selalu ganjil.

b) Bangunan masjid kuno di Indonesia sebagian besar tidak mempunyai menara. Hal ini berbeda dengan bangunan-bangunan masjid di Mesir dan Masjid Abas di Karbala, Irak, memiliki menara yang sangat tinggi dan megah. Masjid Kudus dan masjid Banten adalah salah satu masjid yang mempunyai menara yang bentuknya sangat unik. Menara Kudus merupakan sebuah candi langgam Jawa Timur dan juga mirip dengan Bale Kulkul (bagian bangunan sebuah Pure).

 

b. Bangunan Makam dan Upacara pemakaman

Pada jaman kuno mayat dimasukkan dalam kubur batu, pada jaman islam ada yang dimasukkan dalam peti. Saji-sajian dan selamatan yang telah berkembang pada jaman pra sejarah dan Hindu-Budha masih berkembang dalam tradisi masyarakat Islam terutama di Jawa.

 

c. Seni Ukir

Pada masa Hindu Budha, seni ukir dan seni pahat berkembang sangat pesat. Pembuatan relif dan patung yang menggambarkan makhluk hidup banyak kamu jumpai di berbagai candi Hindu Budha. Ajaran Islam melarang melukis makhluk hidup apalagi membuat patung. Berkembangnya pengaruh Islam memang membuat seni pembuatan patung menurun, tetapi tidak halnya dengan seni pahat. Seni pahat atau seni ukir terus berkembang dengan beberapa modofikasi. Para seniman kemudian mengembangkan seni hias dan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan. Bahkan dijumpai penggambaran makhluk hidup yang disamarkan dengan gambar atau pahatan daun yang disebut dengan stilir.

 

d. Aksara dan Seni Sastra

Hindu Budha membawa pengaruh tulisan dan bahasa. Islam masuk juga membawa pengaruh bahasa dan tulisan berupa huruf Arab dan Bahasa Arab. Berkembang beberapa contoh karya sastra pada masa perkembangan agama Islam di Indonesia seperti :

1) Hikayat Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita sejarah yang menarik, penuh keajaiban, atau hal-hal yang kadang-kadang tidak masuk akal. Hikayat ditulis dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa). Hikayat Iskandar Zulkarnain, Hikayat Raja-Raja Pasai, Hikayat Khaidir, Hikayat si Miskin, Hikayat 1001 Malam, Hikayat Bayan Budiman, dan Hikayat Amir Hamzah adalah contoh hikayat yang cukup terkenal.

2) Babad Babad berisi cerita sejarah, tetapi isinya tidak selalu berdasarkan fakta. Tulisan Babad berisinya campuran antara fakta sejarah, mitos, dan kepercayaan. Iutlah sebabnya, babad sering disamakan dengan hikayat. Di tanah Melayu tulisan yang mirip dengan babad dikenal dengan sebutan tambo atau silsilah. Contoh babad adalah Babad Tanah Jawi, Babad Cirebon, Babad Mataram, dan Babad Surakarta.

3)Suluk Suluk adalah karya sastra yang berupa kitab-kitab dan isinya menjelaskan soal-soal tasawuf.

Contoh suluk antara lain;

a) Suluk Sukarsa, isinya mengisahkan perjalanan hidup Ki Sukarsa dalam mencari ilmu untuk mendapatkan kesempumaan hidup.

b) Suluk Wujil, berisi wejangan atau ajaran Sunan Bonang kepada Wujil, yakni seorang kerdil yang pemah menjadi abdi di Kerajaan Majapahit.

c) Suluk Malang Sumirang, berisi penghormatan dan pujian terhadap seseorang yang telah mencapai kesempumaan, mendekatkan diri, dan menyatu dengan Tuhan.

 

e. Kesenian

1)Permainan debus,

2) Seudati,

3) Wayang

 

f. Sistem Pemerintahan

Pada zaman Hindu-Budha raja dikenal sebagai titisan dewa (penjelmaan dewa), sedangkan raja-raja (sultan) dari kerajaan Islam diakui sebagai khalifah (wakil Tuhan) di muka bumi ini.

 

g. Kalender

Sultan Agung, Raja Mataram, yang telah menggabungkan antara kalender jawa dengan kalender Islam dimulai pada tanggal 1 Muharam tahun 1043 H, atau tanggal 1 Sura tahun 1555 Jawa, tepatnya 8 Agustus 1633.

 

h. Filsafat

Perkembangan filsafat pada masa penyebaran Islam di Indonesia sangat dipengaruhi oleh ajaran tasawuf.

 

i. Bentuk Bentuk Akulturasi dalam berbagai bentuk upacara

Kamudapat mengamati terjadinyaakulturasi kebudayaan dalam berbagai bentuk laiinya. Seperti dalam tradisi kelahiran, perkawinan, dan kematian. Acara gerebeg sekaten yang masih marak di Demak, Solo dan Yogya hingga saat ini. Acara ini sebagai bentuk ucapan syukur dari sultan kepada Tuhan.

 

34. 6. Deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967 merupakan pijakan tujuan didirikan ASEAN. Berikut ini merupakan kegiatan yang bertentangan dengan Deklarasi Bangkok adalah ....

A.Memperkuar persenjataan negara-negara ASEAN untuk memperkuat pertahanan dan menyerang lawan anggota negara ASEAN

B.Mempercepat kawasan pasar bebas sebagai upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi ASEAN

C.Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

D. Memperluas jaringan pendidikan di negara-negara ASEAN

E.Bekerjasama mengatasi masalah perdagangan manusia dan obat[1]obatan terlarang

Kunci : A

Pembahasan:

Kerja sama ASEAN di Bidang Ekonomi

Perlu kita ketahui, semenjak ASEAN didirikan, kerjasama pada bidang ekonomi yang terjalin diantara negara-negara anggota maupun negara bukan anggota sudah berjalan dengan baik. Adapun bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut.

1. Pembukaan pusat promosi ASEAN

Mendengar kata promosi, kita sering mengkaitkan dengan hal-hal yang menarik agar orang lain tertarik dengan apa yang sedang dipromosikan. Begitu juga ASEAN. Meskipun ASEAN sudah dikenal oleh berbagai negara-negara di dunia melalui PBB, ASEAN tetap perlu mempromosikan dirinya pada dunia luar. Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.

 

2. Penyediaan Cadangan Pangan

Seperti yang telah kita ketahui, beberapa negara anggota ASEAN seperti Thailand, Indonesia, dan Kamboja dikenal sebagai lumbung padi ASEAN. Sampai sekarang ini, negara-negara tersebut konsinten dalam penyediaan cadangan pangan bagi negara-negara anggota ASEAN. Bentuk kerjasama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerjasama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya ketika negara salah satu negara ASEAN sedang mengalami krisis pangan karena bencana, maka negara lain siap mensuplai cadangan pangan untuk negara tersebut. Beberapa negara anggota ASEAN yang telah mempersiapkan diri untuk menjadi penyedia cadangan pangan untuk keadaan darurat adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.

 

3. Penyelanggaraan Proyek Industri

Dalam menjalin kerjasamanya di bidang ekonomi, negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama melebarkan sayap kerjasamanya dalam sektor industri. Sektor industri yang dinaungi oleh negara-negara ASEAN sangat beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri ini dilakukan untuk kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN. Beberapa proyek industri yang dilakukan oleh ASEAN meliputi industri pupuk, tembaga, vaksin, dan abu soda. Adapun beberapa proyek industrinya adalah sebagai berikut: ASEAN Aceh Fertilizer Project yang merupakan pabrik pupuk di Aceh-Indonesia. ASEAN Urea Project yang merupakan pabrik pupuk di Malaysia. ASEAN Copper Fabrication Project yang merupakan pabrik industri tembaga di Filipina. ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura. Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.

 

4. Kawasan Perdagangan Bebas

Kawasan perdagangan Bebas ASEAN atau yang biasa disebut dengan AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi yang merupakan suatu persetujuan dalam pengelolaan sektor produksi[1]produksi lokal yang ada di seluruh negara-negara ASEAN tanpa terkecuali. Keberadaan AFTA guna meningkatkan daya saing negara-negara ASEAN dalam melakukan produksi untuk pasar dunia dengan adanya penghapusan bea dalam ASEAN itu sendiri. Selain itu, dengan adanya AFTA dapat meningkatkan investasi oleh pihak asing secara langung untuk negara-negara ASEAN.

5. Koperasi ASEAN

Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Oganisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN. Dalam tujuannya, koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengkokokah organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.

 

Kerja sama ASEAN di Bidang Politik

Kerjasama negara-negara ASEAN juga dilakukan dalam bidang politik. Kerjasama yang dilakukan dalam bidang politik didasarkan pada sistem hukum internasionalagar kerjasama yang terjalin tidak menimbulkan penyebab sengketa internasionalkarena adanya perbedaan sistem politik di berbagai negara. Adapun bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik adalah sebagai berikut.

1. Defense Ministers Meeting ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah bentuk kerjsama di bidang politik negara-negara ASEAN yang merupakan pertemuan rutin diantara menteri keamanan yang ada di negara-negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas mengenai kerjasama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara ASEAN.

 

2. Pengiriman Duta dan Konsulat Sebagai negara-negara yang menjaling hubungan secara internasional, perlu adanya pengiriman duta dan konsulat sebagai wakil negara di negara-negara ASEAN. Keberadaan duta dan konsulat diperlukan untuk mewakili negara asal duta dan konsulat tersebut dalam berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN. Pengiriman duta dan konsulat merupakan hal yang rutin untuk dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menajalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.

 

3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN

Perjanjian ekstradisi negara ASEAN merupakan bentuk kerjasama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Melalui adanya perjanjian ekstradisi, negara-negara di ASEAN dapat melakukan kerjasama untuk mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.

 

4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir

Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerjasama negara[1]negara ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.

 

5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerjasama negara-negara di ASEAN untuk menjaga masing-masing negara agar tetap damai. Kata bebas dalam perjanjian ini mempunyai makna bahwa setiap negara-negara ASEAN mempunyai hak untuk melakukan sesuatu secara bebas namun tidak melanggar perjanjian atau ketentuan-ketentuan yang sudah menjadi kesepatakan dalam ASEAN. Kata netral berarti negara-negara ASEAN tidak ikut campur atau mengintervensi konflik yang terjadi di negara-negara lain, termasuk di negara ASEAN sendiri. Terlepas dari keuntungan dan peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN, organisasi ini telah memiliki kerjasama di berbagai aspek dan bidang. Bentuk kerjasama ini tidak hanya dilakukan dengan sesama negara anggota saja, tetapi juga dilakukan dengan negara-negara lain di luar anggota ASEAN seperti Jepang dan negara[1]negara Uni Eropa.

 

35. Piagam ASEAN 15 Desember 2008, menjadikan ASEAN organisasi kawasan dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat kaitannya dengan Piagam ASEAN 2008, kecuali....

A.Upaya mempercepat pembentukan Komunitas ASEAN guna akselerasi pembangunan masyarakat ASEAN

B.Piagam ASEAN 2008 mempertegas kembali Deklarasi ASEAN Concord II (Bali Concord II)

C.Penyebutan kata We, the Peoples dalam Piagam ASEAN memperlihatkan bahwa pembentukan komunitas ASEAN menjadi keinginan seluruh lapisan anggota masyarakat

D. Komunitas ASEAN akan memperluas kerjasama dalam bidang militer untuk membuat pakta pertahanan ASEAN

E.Komunitas ASEAN didasarkan pada tiga pilar, yaitu kerja sama politik dan keamanan, kerja sama ekonomi, dan kerja sama sosial budaya

Kunci : D

Pembahasan :

Pengaruh Kerja Sama Asean bagi Indonesia Kerja sama pada keempat bidang di atas memberikan dampak bagi negara-negara anggota Asean (baca juga: keuntungan dan kerugian kerja sama antar negara).

Adapun beberapa dampak yang secara khusus dirasakan Indonesia meliputi:

Pengaruh Positif

1. Memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di sektor perekonomian negara anggota Asean;

2. Mampu meningkatkan daya tarik investor asing untuk menanamkan modal di sektor ekonomi dan pariwisata Indonesia;

3. Menjadi ajang promosi budaya dan unjuk prestasi Indonesia sebagai upaya menunjukkan eksistensi Indonesia di ranah regional Asean;

4. Menjadi wadah untuk mencari referensi pengembangan negara dalam sektor budaya, sosial, politik, dan ekonomi dari negara-negara anggota Asean yang lebih maju dibandingkan Indonesia.

 

Pengaruh Negatif:

1. Memberikan kesempatan kerja bagi tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia dengan kualitas SDM yang lebih mumpuni dibandingkan kualitas SDM Indonesia;

2. Masuknya budaya negara lain dapat juga memberikan ancaman bagi generasi muda apabila mereka lebih mencintai budaya negara lain daripada budaya Indonesia;

3. Mampu meningkatkan budaya konsumtif masyarakat Indonesia dengan mudahnya memperoleh barang-barang produksi negara[1]negara Asean lainnya dengan adanya AFTA (baca juga: dampak pasar bebas Asean bagi Indonesia).

 

36. Berikut ini pernyataan yang bukan merupakan peran atau keuntungan Indonesia dalam organisasi internasional adalah ....

A.Indonesia adalah salah satu penggagas OKI sehingga turut menentukan berbagai keputusan penting OKI

B.Indonesia adalah salah satu penggagas Konferensi ASIA Afrika (KAA) yang ditunjukan dengan peran Indonesia sebagai tuan rumah KAA tahun 1955

C.Indonesia pernah memperoleh mandat dari OKI tahun 1993 untuk memfasilitasi perundingan damai antara Moro National Liberation Front (MNLF) dengan pemerintah Filipina

D. Indonesia memperoleh bantuan keuangan dari IDB yang dimanfaatkan untuk pembangunan di Indonesia

E.Indonesia bukan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, tetapi Indonesia berperan aktif dalam berbagai program PBB

Kunci : A

Pembahasan :

Peranan Indonesia dalam PBB

Republik Indonesia tidak hanya menerima bantuan dari PBB akan tetapi juga berperan aktif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap PBB, yakni sebagai berikut.

(a) Secara tidak langsung, Indonesia ikut menciptakan perdamaian dunia melalui kerja sama dalam konferensi Asia Afrika, ASEAN, maupun Gerakan Non Blok.

(b) Secara langsung yakni Indonesia mengirimkan Pasukan Garuda atau Kontingen Garuda (KONGA) sebagai sumbangan terhadap PBB untuk menciptakan perdamaian dunia.

 

Peranan Indonesia dalam KAA

(a) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Pancanegara II yang berlangsung tanggal 28-29 Desember 1954 di Bogor (Jawa Barat). Konferensi ini sebagai pendahuluan dari KAA.

(b) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan KAA yang berlangsung pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka Bandung (Jawa Barat). Dalam konferensi ini beberapa tokoh Indonesia menduduki peranan penting, diantaranya adalah : Ketua Konferensi: Mr. Ali Sastroamidjoyo Sekretaris Jenderal Konferensi : Ruslan Abdulgani Ketua Komite Kebudayaan : Mr. Muh. Yamin Ketua Komite Ekonomi : Prof. Ir. Roseno

(c) Dalam KAA Indonesia termasuk salah satu penggagas pertemuan tersebut bersama Mesir dan India sehingga diadakan untuk yang pertama kalinya di Bandung tahun 1955.

 

Peranan Indonesia dalam ASEAN

Peranan Indonesia dalam ASEAN sangat besar diantaranya sebagai berikut.

(a) Indonesia merupakan salah satu negara pemrakarsa berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

(b) Indonesia berusaha membantu pihak-pihak yang bersengketa untuk mencari penyelesaian dalam masalah Indocina. Indonesia berpendapat bahwa penyelesaian Indocina secara keseluruhan dan Vietnam khususnya sangat penting dalam menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Pada tanggal 15-17 Mei 1970 di Jakarta diselenggarakan konferensi untuk membahas penyelesaian pertikaian Kamboja. Dengan demikian Indonesia telah berusaha menyumbangkan jasa-jasa baiknya untuk mengurangi ketegangan[1]ketegangan dan konflik-konflik bersenjata di Asia Tenggara.

(c) Indonesia sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pertama ASEAN yang berlangsung di Denpasar, Bali pada tangga 23-24 Februari 1976.

(d) Pada tanggal 7 Juni 1976 Indonesia ditunjuk sebagai tempat kedudukan Sekretariat Tetap ASEAN dan sekaligus ditunjuk sebagai Sekretaris Jendral Pertama adalah Letjen. H.R. Dharsono yang kemudia digantikan oleh Umarjadi Njotowijono.

(e) Indonesia menjadi tempat pembuatan pupuk se-ASEAN, tepatnya di Aceh yang nantinya akan digunakan negara-negara ASEAN, otomatis Indonesia mendapatkan keuntungan dan juga bisa mengurangi pengangguran di Indonesia.

 

Peranan Indonesia dalam KAA

(a) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Pancanegara II yang berlangsung tanggal 28-29 Desember 1954 di Bogor (Jawa Barat). Konferensi ini sebagai pendahuluan dari KAA.

 (b) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan KAA yang berlangsung pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka Bandung (Jawa Barat). Dalam konferensi ini beberapa tokoh Indonesia menduduki peranan penting, diantaranya adalah :

Ketua Konferensi: Mr. Ali Sastroamidjoyo

Sekretaris Jenderal Konferensi: Ruslan Abdulgani

Ketua Komite Kebudayaan: Mr. Muh. Yamin

Ketua Komite Ekonomi : Prof. Ir. Roseno

(c) Dalam KAA Indonesia termasuk salah satu penggagas pertemuan tersebut bersama Mesir dan India sehingga diadakan untuk yang pertama kalinya di Bandung tahun 1955.

 

Peranan indonesia dalam ASEAN

(a) Indonesia merupakan salah satu negara pemrakarsa berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

(b) Indonesia berusaha membantu pihak-pihak yang bersengketa untuk mencari penyelesaian dalam masalah Indocina. Indonesia berpendapat bahwa penyelesaian Indocina secara keseluruhan dan Vietnam khususnya sangat penting dalam menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Pada tanggal 15-17 Mei 1970 di Jakarta diselenggarakan konferensi untuk membahas penyelesaian pertikaian Kamboja. Dengan demikian Indonesia telah berusaha menyumbangkan jasa-jasa baiknya untuk mengurangi ketegangan[1]ketegangan dan konflik-konflik bersenjata di Asia Tenggara.

(c) Indonesia sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pertama ASEAN yang berlangsung di Denpasar, Bali pada tangga 23-24 Februari 1976.

 

37. 9. MEA yang telah berjalan di kawasan Asia Tenggara memiliki dampak negatif dan positif bagi kehidupan sosial budaya masyarakat. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar terkait dengan pengaruh MEA dalam terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat ASEAN, kecuali....

A. Kemudahan keluar masuk barang-barang dari berbagai wilayah menyebabkan perubahan tradisi kegiatan ekonomi masyarakat

B. MEA memudahkan masyarakat mencari pekerjaan yang sesuai karena kebebasan masyarakat untuk mencari pekerjaan di negara ASEAN

C. MEA mendorong sikap toleransi dan keberagaman karena interaksi yang semakin masif antar masyarakat ASEAN

D. MEA berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup masyarakat diakibatkan hubungan yang semakin masif antar masyarakat ASEAN

E. Dengan semakin intensifnya hubungan antar masyarakat, perasaan saling memahami antar budaya dan agama semakin kuat

Kunci : B

Pembahasan :

Konsep hubungan timbal balik antarwilayah menurut J. Warman ialah :

1. Konsep Wilayah atau Region Sebuah wilayah dipermukaan bumi yang mempunyai ciri ciri yang mudah dibedakan. Contoh: Desa dengan Kota

2. Konsep Lapisan Kehidupan Semua permukaan bumi ialah sebuah tempat berlangsungnya kehidupan. Adanya interaksi antara Manusia, hewan dan tumbuhan.

3. Konsep Manusia Yang Mendominasi Lingkungan manusia ialah seseorang yang dapat merubah struktur permukaan bumi dengan cepat karena diberikan pemikiran.

4. Konsep Bumi Sebagai Bola Bumi ialah sebuah bagian dari tata surya

 

38. 10.Berikutini merupakan langkah nyata bangsa Indonesia dalam mewujudkan stabilitas politik Asean, kecuali ....

A.Menjadi mediator dalam konflik Vietnam Utara dan Vietnam Selatan

B.Indonesia menjadi penengah saat terjadi konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987

C.Menjadi penengah antara Moro National Front Liberation (MNFL) dengan pemerintah Filipina

D. Berperan aktif dalam Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ)

E.Indonesia mengusulkan pembentukan Komunitas ASEAN “ASEAN Community pada KTT ke-9

Kunci : A

Pembahasan

Situasi sosial dan alam dari anggota Asean yang cenderung seragam atau homogen dan ketergantungan satu dengan lainnya menimbulkan interaksi yang berwujud kerjasama dalam berbagai sektor kehidupan. Faktor utama yang bisa membuat interaksi antarruang terjadi adalah faktor alam yaitu :

a. Faktor Iklim

Sebelumnya lengkapi tabel berikut ini yang terdiri atas : Negara, Letak Lintang, Iklim Matahari, dan Posisi Negara dari Indonesia.

Diskusi

-Jumlah negara Asean yang berada di utara dan barat laut Indonesia sebanyak 9 negara.

- Negara Asean yang wilayahnya sebagian tidak masuk iklim tropis adalah Myanmar

- Sebagian besar negara Asean termasuk iklim tropis karena secara astronomis masih dalam wilayah 23½˚ LU sampai 23½˚ LS.

Kawasan Asia Tenggara sering kali terjadi perubahan iklim yang sulit diramalkan, hal ini terjadi karena terjadi kesalahan tata kelola lahan serta perilaku masyarakat yang memicu pemanasan global. Akibat perubahan iklim seringkali menimbulkan bencana yang merugikan dan membawa korban jiwa. Dalam usaha menangani bencana yang terjadi di kawasan Asean dilakukan secara bersama[1]sama, sebagai contoh : ketika Indonesia mengalami kebakaran hutan, maka Malaysia dan Singapura memberikan bantuan untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut. Aktivitas kelompok - bencana alam - Faktor Iklim yang Berpengaruh - Negara-negara ASEAN

 

b. Faktor Geologi

Kawasan Asean ada di wilayah terjadinya tumbukam antarlempeng bumi. Lempeng tersebut menunjukan adanya barisan gunung berapi di sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Aktivitas Individu : Pasangkan nama gunung dengan negara anggota Asean Gerakan lempeng bumi menimbukan bencana gempa bumi dan jika gempa ada di tengah laut akan menimbulkan gelombang tsunami. Di Asean terdapat empat negara yang rawan gempa, yaitu Malaysia, Thailand, Myanmar dan Indonesia.

c. Faktor Ketersediaan SDA

Sumber daya alam yag menunjang kehidupan masyarakat Asean adalah bahan tambang. Berikut aktivitas kelompok tentang kegunaan barang tambang negara anggota Asean. SDA selain bahan tambang terdapat di Asean adalah hutan dan laut. Kedua sumber daya alam tersebut terkadang diambil secara berlebihan sehingga mengalami kerusakan.Berikut ini kegiatan kelompok langkah yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi dan mencegah kerusakan laut dan hutan.

 

39. Ketergantungan negara Singapura terhadap negara-negara lain di Asia Tenggara ditunjukkan pada pernyataan....

1) Penyediaan air bersih

2) Kebutuhan sumber daya alam

3) Kebutuhan pendidikan

4) Kebutuhan tenaga kerja

5) Sarana transportasi laut

A. 1,2,4

B. 1,2,3

C. 2,3,4

D. 3,4,5

E. 2,4,5

Kunci : A

Pembahasan:

-Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Ekonomi di Negara-Negara ASEAN

Misalnya pasar tunggal atau disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Secara bertahap, MEA membuka peluang satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara anggota ASEAN.

- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Sosial di Negara-Negara ASEAN

Misalnya Pada tahun 2015, ribuan pengungsi warga Myanmar membanjiri nengara – negara tetangga, yaitu : Malaysia, Thailand, Indonesia dengan menggunakan perahu. Pengungsi ini kemudian dikenal sebagai manusia perahu.

- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Budaya di Negara-Negara ASEAN

Misalnya festival Budaya ASEAN 2013 digelar di Kota Purwakarta dan Perkemahan Budaya Serumpun ASEAN Indonesia–Malaysia– Brunei Darussalam.

- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Politik di Negara-Negara ASEAN

Misalnya sengketa Perbatasan Wilayah: Kasus Natuna diawali klaim sepihak oleh Tiongkok tahun 2009 melalui gambar sembilan titik yang ditarik dari Kepulauan Spratly di tengah Laut Tiongkok Selatan, dan dengan cara itu mengklaim Pulau Natuna sebagai wilayah Zona Ekonomi Eksklusifnya. Pengaruh perubahan kebijakan Tiongkok tersebut diprotes pemerintah Indonesia melalui Komisi Landas Kontinen PBB. Sampai saat ini, PBB belum memprotes tersebut. Tiongkok juga tidak pernah menyinggung isu itu, sehingga hubungan Beijing-Jakarta relatif tenang. Untuk mencegah agar potensi konflik tidak meluas, lebih dari 20 ribu personil TNI dikerahkan untuk menjaga perairan Natuna, yang diperkirakan mengandung cadangan gas terbesar di Asia.

- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Pendidikan di Asia Tenggara

Dari 10 negara ASEAN, terdapat 7.446 perguruan tinggi dengan mutu pendidikan yang berbeda-beda. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri ASEAN dalam bidang pendidikan.

 

40. Pada tahun 2017 terjadi demonstrasi kelompok pendukung dan penentang Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama. Untuk menghindari bertemunya kedua kelompok sehingga terjadi bentrokan di lapangan, polisi melakukan ....

A. Segregasi

B. Displasemen

C. Ajudikasi

D. Stalemate

E. Konversi

Kunci : A

Pembahasan:

"Masyarakat kita punya kecenderungan merasa lebih nyaman dengan orang yang berasal dari etnis yang sama. Oleh karena itu, guyonan yang membawa unsur etnis dan ras, baik dalam lingkup ekonomi maupun politik diharapkan dapat berkurang, karena dapat memperuncing perbedaan," kata Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM Mochammad Choirul Anam di Jakarta, Jumat (16/11/2018). Paparan Komnas HAM juga menunjukkan terdapat peningkatan laporan diskriminasi etnis pada tahun 2016 yang menjadi 38 aduan. Angka tersebut naik nyaris dua kali lipat dibanding 2015 yang berjumlah 20 aduan. Pelaksanaan pemilihan daerah diperkirakan menjadi faktor peningkatan aduan diskriminasi ras dan etnis. Aman menyebutkan spektrum politik etnisitas menjadi salah satu sumber aduan dengan contoh pelanggaran berupa ujaran kebencian dan kampanye rasis.


LIHAT JUGA :

SOAL & JAWABAN PPPK IPS SMP TERBARU (DISINI


Demikianlah beberapa soal-soal latihan PPPK untuk guru IPS jenjang SMP, SMA dan SMK semoga kumpulan soal-soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan diatas bisa membantu para guru untuk belajar mandiri dalam menghadapi seleksi ASN PPPK nantinya dan jadikanlah postingan ini menjadi sebuah referensi pembelajaran anda.

Sekian dan Terimakasih, semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel