Cara Upload Formulir Penilaian Kerusakan Bangunan Dapodik

Kherysuryawan.id – Panduan untuk mengajukan/mengupload berkas formulir penilaian kerusakan bangunan yang ada di dalam aplikasi dapodik.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada postingan ini. Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu tugas atau pekerjaan yang nantinya akan di lakukan oleh operator dapodik sekolah.

 

Seorang operator dapodik sekolah tentunya sudah memahami tentang tugas-tugas yang harus di kerjakan dalam menangani urusan aplikasi dapodik. Kita ketahui Bersama bahwa di dalam aplikasi dapodik terdapat banyak sekali tugas operator yang harus di kerjakan antara lain ialah melakukan pengisian/pembaharuan data sekolah, pengisian/pembaharuan data guru, pengisian/pembaharuan data peserta didik/siswa, pengisian/pembaharuan data sarana prasarana (sarpras) dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Pada postingan kali ini saya hanya akan membahas lebih jauh tentang salah satu dari sekian banyak tugas operator dapodik yakni khusus tentang data sarana dan prasarana yang ada di dalam aplikasi dapodik. Untuk pengisian data sarpras di dapodik maka tentunya harus di sesuaikan dengan data real yang ada di sekolah masing-masing.

 

Pengisian data sarana prasarana di dalam aplikasi dapodik sangat penting untuk di lakukan sebab nantinya untuk bisa mendapatkan bantuan baik itu bantuan rehab ruangan yang telah rusak yang ada di sekolah maupun bantuan pembangunan ruang belajar yang baru maka data yang akan di lihat sebagai pembandingnya adalah data yang telah diinputkan di dalam aplikasi dapodik.

 

Jika ada ruangan belajar atau ruangan perpustakaan, atau ruangan laboratorium yang dirasa perlu untuk mendapatkan bantuan rehab karena dianggap telah rusak berat, maka sekolah harus bisa mengisi atau menginputkan data-data kerusakan pada menu sarpras yang ada di dalam aplikasi dapodik. Adapun data kerusakan yang akan diisi di dapodik di sesuaikan dengan kolom pengisian yang telah di siapkan.

 

Saat ini untuk bisa mendapatkan bantuan rehab atas kerusakan bangunan sekolah maka harus mengisi formulir penilaian kerusakan bangunan yang mana formulir tersebut nantinya harus di tandatangani oleh tim survey, selanjutnya di setujui oleh kepala dinas pendidikan setempat serta di ketahui oleh kepala dinas PUPR kabupaten/propinsi.

 

Apabila formulir penilaian kerusakan bangunan sekolah sudah di tandatangani oleh pihak terkait dalam hal ini tim survey, kepala dinas pendidikan dan kepala dinas PUPR kabupaten/propinsi maka langkah selanjutnya yang harus di lakukan oleh pihak sekolah yaitu mengisi tingkat kerusakan bangunan yang ada di dalam aplikasi dapodik sesuai yang ada di dalam formulir tingkat kerusakan bangunan tersebut.

 

Setelah semua data kerusakan bangunan diisi maka langkah selanjutnya yang tak kalah penting nya untuk di lakukan ialah mengupload berkas formulir tingkat kerusakan yang telah ditandatangani tersebut agar nantinya dapat di verifikasi untuk menentukan kecocokan data sehingga bisa di validasi agar bisa mendapatkan bantuan rehab bangunan sekolah.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan upload berkas tingkat kerusakan bangunan sekolah ????

Nah, di kesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mudah dalam mengupload formulir penilaian kerusakan bangunan. Untuk lebih jelasnya maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini :

 

CARA UPLOAD BERKAS FORMULIR PENILAIAN KERUSAKAN BANGUNAN

1.   Silahkan masuk ke laman sp.datadik menggunakan alamat di bawah ini :

https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Klik “login menggunakan SSO”

3.   Isi username dan password menggunakan akun dapodik, lalu klik “Masuk”

4.   Selanjutnya pilih menu “SARPRAS”



5.   Pada menu prasarana klik pilihan “Form Penilaian Kerusakan Bangunan”



6.   Kemudian pada menu Verifikasi silahkan di centang “sudah selesai” lalu isi bobot kerusakan sesuai yang ada di formulir dan klik ikon lampiran.



7.   Berikutnya pilih file form penilaian kerusakan bangunan yang sudah di convert ke pdf, lalu klik tombol "upload berkas"



8.   Untuk ukuran berkas yang akan di upload Pastikan bahwa file pdf yang akan di upload tidak lebih dari 1 MB

9.   Selesai.

 

Jika anda membutuhkan formulir untuk pengisian tingkat kerusakan bangunan untuk menjadi dasar dalam penginputan data sarpras di dapodik maka silahkan miliki filenya di bawah ini:


  • Formulir Penilaian Kerusakan Bangunan (DISINI)


Demikianlah penjelasan atau tutorial mengenai cara untuk melakukan upload formulir kerusakan bangunan yang ada di aplikasi dapodik, semoga informasi ini dapat membantu para operator dapodik sekolah dalam menjalankan aktivitas khususnya dalam mengelola aplikasi dapodik dan mengerjakan tugas yang berhubungan dengan aplikasi dapodik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel