Materi Pelajaran IPAS Kelas 4 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran IPAS Kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka dan materi pelajaran IPAS kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

Pada kurikulum merdeka yang saat ini digunakan oleh setiap satuan pendidikan tentunya proses pembelajarannya akan menggunakan buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka.

 


Di kurikulum merdeka kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi melalui pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran yang bisa di gunakan oleh siswa maupun guru yang akan melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka.

 

Seperti kita ketahui bahwa ada 2 jenis buku paket yang bisa dimanfaatkan oleh siswa maupun guru dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kedua buku yang admin maksudkan ialah buku siswa dan buku guru kurikulum merdeka.

 

Buku siswa merupakan buku yang di peruntukkan bagi siswa sebagai bahan belajar di sekolah dan di dalam buku siswa tersebut telah berisikan materi-materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka sedangkan buku guru merupakan buku pedoman bagi guru yang bisa menuntun guru dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran.

 

Dalam proses pembelajaran hal terpenting yang harus di ketahui oleh siswa dan guru ialah materi pelajaran. Apabila pada proses pembelajaran materi yang akan di pelajari sudah di ketahui maka tentunya akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mencari referensi lainnya yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan kurikulum merdeka namun ternyata anda belum memiliki buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka maka dapat di pastikan anda akan kebingungan untuk mengetahui jenis materi yang nantinya akan di pelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Nah, melalui postingan ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran kurikulum merdeka. Disini admin akan memberikan rincian materi yang akan di pelajari khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang ada di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang akan admin berikan disini sudah lengkap yaitu materi IPAS kelas 4 Sd semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka. Dengan melihat dan mengetahui materi pelaajran maka kita bisa dengan mudah pula memahami bagian-bagian yang nantinya akan di pelajari dan bisa mempersiapkan bahan yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

 

Baiklah berikut ini susunan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 SD semester 1 dan materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 

MATERI IPAS KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA:

Bab1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi

A. Bagian Tubuh Tumbuhan

B. Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

C. Perkembangbiakan Tumbuhan

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP - (DISINI) 


Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya

A. Materi, Makhluk Apa itu?

B. Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?

C. Bagaimana Wujud Benda Berubah?

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP - (DISINI) 


Bab 3 Gaya di Sekitar Kita

A. Pengaruh Gaya Terhadap Benda

B. Magnet, Sebuah Benda yang Ajaib

C. Benda yang Elastis

D. Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 3 LENGKAP - (DISINI) 


Bab 4 Mengubah Bentuk Energi

A. Transformasi Energi di Sekitar Kita

B. Energi yang Tersimpan

C. Energi yang Bergerak

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 4 LENGKAP - (DISINI) 


 

MATERI IPAS KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA:

Bab 5 Cerita Tentang Daerahku

A. Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu?

B. Daerahku dan Kekayaan Alamnya

C. Masyarakat di Daerahku

 

Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya

A. Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku

B. Kekayaan Budaya Indonesia

C. Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya

 

Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?

A. Aku dan Kebutuhanku

B. Bagaimana Aku memenuhi Kebutuhanku?

C. Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan

 

Bab 8 Membangun Masyarakat yang Beradab

A. Norma dalam Adat Istiadat Daerahku

B. Kini Aku Menjadi Lebih Tertib !

C. Awas! Kita Bisa Dihukum!

 

Itulah susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD untuk semester 1 dan semester 2. Seluruh materi yang telah di sajikan diatas merupakan materi pelaajran IPAS yang bersumber dari buku siswa IPAS kelas 4 kurikulum merdeka.

 

Demikianlah informasi seputar materi pelajaran IPAS kelas 4 SD semester 1 & 2 kurikulum merdeka yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga susunan materi pelajaran IPAS Kelas 4 SD diatas dapat membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel