Materi Pelajaran PPKN Kelas 4 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran PPKN Kelas 4 SD Semester 1 dan materi pelajaran PPKN kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi tentang susunanmateri pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Apabila di sekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka maka wajib sifatnya untuk anda bisa mengetahui dan memahami materi yang nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di kurikulum merdeka. Jika di bandingkan dengan kurikulum sebelumnya maka di kurikulum merdeka terdapat banyak sekali perbedaan khususnya dalam hal materi yang akan di pelajari di setiap mata pelajaran.

 

Di kurikulum merdeka kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi melalui pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran yang bisa di gunakan oleh siswa maupun guru yang akan melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka.

 

Seperti kita ketahui bahwa ada 2 jenis buku paket yang bisa dimanfaatkan oleh siswa maupun guru dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kedua buku yang admin maksudkan ialah buku siswa dan buku guru kurikulum merdeka.

 

Buku siswa merupakan buku pegangan bagi siswa yang di peruntukkan sebagai bahan belajar di sekolah dan di daalm buku siswa tersebut telah berisikan materi-materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka sedangkan buku guru merupakan buku pedoman bagi guru yang berisikan panduan dalam melaksanakan pembelajaran.

 

Di dalam buku guru dan buku siswa telah di sediakan materi pelajaran yang akan di pelajari nantinya di setiap mata pelajaran. Buku teks pelajaran memang sangat penting baik bagi siswa maupun guru dalam melaksnakan proses belajar mengajar.

 

Meskipun saat ini kurikulum merdeka telah hampir merata di gunakan oleh setiap satuan pendidikan, namun belum semua sekolah dapat menyiapkan buku teks pelajaran berbasis kurikulum merdeka. Begitu juga dengan siswa dan guru juga masih banyak yang belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

 

Olehnya itu melalui kesempatan ini admin ingin berbagi informasi seputar materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 4 SD kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sampaikan disini sudah lengkap yakni materi PPKN kelas 4 semester 1 dan materi PPKN kelas 4 semester 2.

 

Dalam proses pembelajaran hal terpenting yang harus di ketahui oleh siswa dan guru ialah materi pelajaran. Apabila pada proses pembelajaran materi yang akan di pelajari sudah di ketahui maka tentunya akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mencari referensi lainnya yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

 

Bagi para siswa maupun guru yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 4 SD kurikulum merdeka semester 1 dan semester 2, maka anda bisa melihat susunan lengkapnya pada artikel ini.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran PPKN kelas 4 SD Kurikulum merdeka akan ada 5 Bab/Unit yang nantinya akan di pelajari. Dari ke 5 Unit tersebut sudah termasuk materi pada semester 1 dan materi pada semester 2.

 

Baiklah berikut ini susunan materi pelajaran PPKN kelas 4 SD semester 1 dan materi PPKN kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 

MATERI PPKN KELAS 4 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA:

UNIT 1 Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

v  Sikap mencintai sesama manusia dan lingkungannya, serta menghargai kebinekaan.

v  Makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya.

v  Contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 1 LENGKAP - (DISINI)


UNIT 2 Konstitusi Dan Norma di Masyarakat

v  Bentuk norma dan aturan dalam kehidupan sehari-hari

v  Hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga

v  Tata cara menyampaikan pendapat secara sistematis

v  Musyawarah di lingkungan sekitar

👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 2 LENGKAP - (DISINI) 


MATERI PPKN KELAS 4 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA:

UNIT 3 Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan

v  Identifikasi keragaman budaya di lingkungan sekitar.

v  Menghargai keragaman budaya pada suatu lingkungan  

v  Memahami contoh perilaku menghargai keberagaman budaya.

v  Sikap dan perilaku yang menjaga dan merusak kebhinnekaan.

👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 3 LENGKAP - (DISINI)


UNIT 4 Negaraku Indonesia

v  Makna Negara Kesatuan Republik Indonesia.

v  Faktor-faktor yang dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

v  Arti penting Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

v  Contoh sikap dan perilaku yang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

v  Contoh sikap dan perilaku yang membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

v  Sikap bangga sebagai bangsa Indonesia.

👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 4 LENGKAP - (DISINI) 


UNIT 5 Pola Hidup Bergotong Royong

v  Membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang ditentukan.

v  Saling membantu satu sama lainnya untuk memenuhi kebutuhan baik secara individual maupun kolektif.

v  Kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik.

v  Memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan.

👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 5 LENGKAP - (DISINI) 


Itulah susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 4 SD untuk semester 1 dan semester 2. Seluruh materi yang telah di sajikan diatas merupakan materi pelajaran PPKN yang bersumber dari buku teks pelajaran PPKN kelas 4 kurikulum merdeka.

 

Demikianlah informasi seputar materi pelajaran PPKN kelas 4 SD semester 1 & 2 kurikulum merdeka yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga susunan materi pelajaran PPKN Kelas 4 SD diatas dapat membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel