Rangkuman Materi PPKN Kelas 4 Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi PPKN Kelas 4 SD Unit 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka “ Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan”

Halo sahabat kherysuryawan, kita ketahui Bersama bahswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib untuk di pelajari di setiap satuan pendidikan dan salah satunya pada sekolah jenjang SD.

 


Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk menyajikan materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 1 tentang Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan.

 

Disini admin kherysuryawan akan membuat sebuah rangkuman yaitu rangkuman materi yang ada pada mata pelajaran PPKN kelas 4 SD Unit 3/Bab 1 kurikulum merdeka. Adapun materi rangkuman ini bersumber dari materi yang ada di buku paket atau buku teks pelajaran PPKN kelas 4 SD Kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan rangkuman materi PPKN kelas 4 Bab 1 tentang Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan, maka anda bisa mendapatkannya pada artikel ini.

 

Belajar tentunya membutuhkan sebuah rangkuman dari materi yang akan dipelajari. Dengan membuat rangkuman maka akan lebih memudahkan bagi siswa dalam belajar. Rangkuman berisikan kumpulan materi inti yang menjadi materi terpenting dalam pembelajaran. Siswa akan lebih cepat tanggap dan mudah memahami materi jika materi yang di sajikan lebih ringkas dan terperinci.

 

Perlu diketahui bahwa materi PPKN Kelas 4 Unit 3 tentang Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan yang akan dipelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka terdiri atas 4 kegiatan belajar yakni kegiatan belajar 1, kegiatan belajar 2 dan kegiatan belajar 3, dan kegiatan belajar 4.

 

Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 1 yaitu :

·         Peserta didik dapat mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar

Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 2 yaitu :

·         Peserta didik dapat menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya.

Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 3 yaitu :

·         Peserta didik dapat memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya.

Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 4 yaitu :

·         Peserta didik dapat menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinnekaan.

 

Berikut ini Rangkuman Materi PPKN Unit 3 “Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan” yang akan di pelajari di kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka.

 

UNIT 3 Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan

KEGIATAN BELAJAR 1

Dalam kegiatan belajar yang pertama ini, guru mengarahkan pemahaman peserta didik untuk mendalami materi tentang identifikasi keragaman budaya di lingkungan sekitar.

 

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka tunggal ika sering kita temukan pada lambang negara kita, Burung Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis dalam seuntai pita yang digenggam oleh dua kaki burung garuda sebagai lambang Negara Republik Indonesia.

 

Semboyan Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa Sansakerta. Semboyan ini diambil dari sebuah kalimat yang terdapat dalam buku Sutasoma karya Mpu Tantular pada zaman kerajaan Majapahit. Kalimat tersebut sebenarnya tidak hanya terdiri dari tiga kata, tetapi lebih panjang. Kalimat lengkapnya adalah Bhinneka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa yang artinya adalah meskipun kita berbeda-beda, kita tetap satu jua, tidak ada hukum yang mendua.

 

Kalimat tersebut menggambarkan keadaan masyarakat kerajaan Majapahit yang beranekaragam. Keanekaragaman mereka terutama dalam hal agama yang dipeluknya. Mereka ada yang memeluk agama Syiwa, Budha dan kepercayaan yang telah ada sebelumnya. Mereka hidup rukun berdampingan secara damai. Adapun hukum yang berlaku bagi seluruh masyarakat dan negara adalah satu, yaitu hukum Negara Majapahit.

 

Salah satu alasan mengapa kita menjadikan Bhinneka tunggal ika sebagai semboyan negara adalah bahwa keadaan bangsa Indonesia mirip dengan keadaan masyarakat Kerajaan Majapahit tempo dulu. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beranekaragam. Keanekaragaman bangsa Indonesia meliputi banyak hal diantaranya agama, suku bangsa, budaya daerah dan sebagainya.

 

KEGIATAN BELAJAR 2

Dalam kegiatan belajar yang kedua ini, guru mengarahkan pemahaman peserta didik untuk mendalami materi tentang menghargai keragaman budaya pada suatu lingkungan, kemudian menerapkannya untuk bekerja sama di sekolah dan lingkungan sekitarnya.

 

Menghargai Keberagaman Lingkungan Sekitar

Bagaimana menyikapi ketika menghadapi kondisi lingkungan yang beraneka ragam ini? Tentu saja keanekaragaman ini jangan dijadikan sebagai alat pemecah persatuan dan kesatuan, melainkan menjadi penguat ikatan persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat yang satu sama lainnya.

 

Sikap toleransi dan lapang dada antaragama dan suku bangsa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mencintai dan menghormati agama dan suku asal tanpa merendahkan agama dan suku yang lain, bergaul dengan baik dengan teman atau orang yang berbeda agama dan suku, memberikan penghargaan atau apresiasi atas keindahan budaya dari suku daerah lainnya, menyaksikan seni dan budaya suatu daerah, dan sebagainya.

 

Selain itu, kita juga dapat menerima dan menyadari bahwa kekayaan bangsa berupa keanekaragaman yang ada dalam negeri sendiri, seperti kesenian daerah; tarian, alat musik, pakaian, rumah, dan lain sebagainya berusaha kita pelajari.

 

KEGIATAN BELAJAR 3

Dalam kegiatan belajar yang ketiga ini, guru mengarahkan pemahaman peserta didik untuk mendalami materi tentang memahami contoh perilaku menghargai keberagaman budaya.

 

Menghargai Keberagaman Lingkungan Sekitar

Kita menjadi bagian dari sebuah bangsa yang memiliki aneka ragam suku dan budaya pasti membuat kebanggaan tersendiri. Di sekolah mungkin saja terdiri atas agama, suku, dan budaya yang berbeda. Tidak menutup kemungkinan kita mempunyai teman yang berbeda suku dan daerah. Selain itu, ketika pergi ke daerah lain tentunya akan berjumpa dengan masyarakat setempat yang pasti berbeda suku dan budaya dengan kita.

 

Bagaimana menyikapi ketika menghadapi kondisi lingkungan yang beraneka ragam ini? Tentu saja keanekaragaman ini jangan dijadikan sebagai alat pemecah persatuan dan kesatuan, melainkan menjadi penguat ikatan persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat yang satu sama lainnya. Penghargaan terhadap keragaman dan keunikan ini harus tetap disadari oleh setiap orang agar semakin memperkaya dan melestarikan khasanah budaya bangsa Indonesia.

 

Bolehkah merasa bangga terhadap budaya dan suku daerah sendiri? Tetap diperbolehkan, tetapi tidak berlebih-lebihan. Jangan sampai memandang rendah budaya daerah lain karena dengan bersikap begitu perpecahan dan perselisihan menjadi hal yang sulit dihindari. Sebaiknya, tetap menghormati dan menghargai budaya daerah lain agar bangsa ini menjadi kuat dan maju serta dapat berperan dalam globalisasi.

 

Sikap toleransi dan lapang dada antaragama dan suku bangsa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mencintai dan menghormati agama dan suku asal tanpa merendahkan agama dan suku yang lain, bergaul dengan baik dengan teman atau orang yang berbeda agama dan suku, memberikan penghargaan atau apresiasi atas keindahan budaya dari suku daerah lainnya, menyaksikan seni dan budaya suatu daerah, dan sebagainya.

 

KEGIATAN BELAJAR 4

Dalam kegiatan belajar yang keempat ini, guru mengarahkan pemahaman peserta didik untuk mendalami materi tentang hidup rukun dalam keberagaman lingkungan sekitarnya.

 

Kerja Sama yang Menyenangkan

Hari Minggu ini sekolah tidak seperti biasa dan terlihat ramai. Semua siswa tetap datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Karena hari Senin akan ada perlombaan menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan bahwa setiap kelas harus terlihat unik dan dihiasi oleh kreasi anak-anak. Adi dan teman sekelasnya datang juga ke sekolah. Menghias kelas telah menjadi tanggung jawab bersama. Adi dan teman-teman telah membagi tugas untuk membuat hiasan pada hari Jumat yang lalu.

 

Hampir semua siswa di kelas Adi sudah nampak hadir pada pagi ini. Hanya Ucok dan Santi yang belum terlihat. Ucok dan Santi sudah meminta izin akan hadir terlambat kepada teman-temannya. Mereka terlebih dahulu pergi ke Sekolah Minggu di gereja dekat rumahnya untuk melakukan ibadah pagi. Adi dan teman-teman yang lain tidak keberatan.

 

Pagi-pagi sebelum ke sekolah, Adi dan Suci mampir ke rumah Ucok kemudian ke rumah Martha untuk mengambil alat dan bahan sebagai hiasan kelas yang telah disiapkan sebelumnya. Hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Ucok dan Santi yang beragama Katolik, jadi hal ini sudah dipahamI oleh Adi dan teman-temannya. Mereka bekerja sama tanpa terhalang perbedaan waktu dan cara beribadah.

 

Sekolah semakin ramai ketika siang hari. Kelas-kelas tampak semarak dan indah penuh hiasan merah putih buatan siswa masing-masing kelas. Adi dan teman-temannya juga tidak ingin kelas mereka tertinggal untuk dihias. Ucok dan Santi juga sudah tiba dalam kelas dan terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi Ucok dan Santi bersegera menyusul untuk datang ke sekolah. Adi dan teman-teman merasa senang sekali berbagi tugas karena lelah menjadi tak terasa. Di sini terlihat ada yang melipat dan menggunting kertas, di sebelah sana ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, di depan kelas ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Adi, Suci, serta teman-teman yang beragama Islam menjalankan ibadah ketika waktu shalat Zuhur tiba. Ucok dan Santi serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah shalat tetap melanjutkan pekerjaannya. Menjelang sore, semua kelas telah selesai dihias. Begitu pun kelas Adi sudah terlihat semarak. Meskipun berbeda daerah dan keyakinan, bekerja sama serta saling membantu selalu menyenangkan.


Itulah rangkuman materi PPKN Kelas 4 SD Kurikulum merdeka Unit 3 tentang “ Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan”.

Bagi anda yang membutuhkan Buku teks pelajaran PPKN Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi pelajaran PKN untu kelas 4 SD kurikulum merdeka yang ada pada Unit 3 yaitu tentang  “ Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan”. Semoga sajian materi diatas dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel