Materi PJOK Kelas 4 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran PJOK Kelas 4 SD Semester 1 dan semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Senang rasanya pada kesempatan ini admin bisa kembali menulis dan tentunya ingin berbagi mengenai informasi seputar pembelajaran kurikulum merdeka.

 


Pada kurikulum merdeka kita mengetahui bahwa dalam proses pembelajarannya juga menggunakan buku teks pelajaran yang telah disusun dan di sesuaikan dengan kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya akan sangat membutuhkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka agar bisa mengetahui jenis materi yang nantinya akan di pelajari.

 

Pada postingan ini admin akan membahas tentang mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka. Kita ketahui Bersama bahwa mata pelajaran PJOK di jenjang SD merupakan salah satu mapel wajib yang akan di pelajari oleh siswa.

 

Khusus pada mata pelajaran PJOK selain siswa di berikan materi juga akan di berikan praktek yang mana praktek yang akan di berikan tentunya di sesuaikan dengan materi yang telah di berikan oleh guru. Mempelajari PJOK selain mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kesehatan juga dapat memberikan kebugaran dan kesehatan bagi tubuh kita.

 

Dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran PJOK salah satu hal terpenting yang harus di ketahui dan di persiapkan adalah materi pelajaran PJOK. Bagi sekolah yang telah mempersiapkan buku teks pelajaran maka pastinya dapat dengan mudah mengetahui susunan materi pelajaran. Namun tidak semua sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka ini telah memiliki buku teks pelajaran PJOK.

 

Pada kesempatan ini admin ingin membantu siswa maupun guru yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 4 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan memberikan susunan materi PJOK kelas 4 SD secara lengkap mulai dari materi semester 1 hingga semester 2 versi kurikulum merdeka.

 

Materi-materi ajar PJOK di SD dijabarkan dari elemen dan sub elemen capaian pembelajaran secara umum yang kemudian dirinci ke dalam fase dan kelas. Fase B merupakan fase dimana terdapat kelas III dan IV. Pada fase B terdiri dari elemen keterampilan gerak dan elemen pengetahuan gerak yang meliputi: permainan sederhana (lead up games) yang mengarah pada penguasaan pengembangan pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang mengarah pada pengembangan gerak dasar.

 

Sekolah dapat memilih satu atau beberapa jenis permainan sesuai dengan kondisi sarana dan prasarana yang tersedia dan kemampuan guru dalam membelajarkan setiap elemen dan sub elemen, tidak terkecuali dengan sub elemen aktivitas air. Pada sub elemen tertentu, guru wajib membelajarkan peserta didik (aktivitas senam, gerak berirama, dan pengembangan pola hidup sehat), karena dianggap tidak memerlukan sarana dan prasarana khusus atau dengan mudah untuk dimodifikasi dan setiap sekolah diharapkan mampu memenuhinya.

 

Baiklah bagi rekan-rekan pendidikan yang saat ini sedang membutuhkan susunan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD kurikulum merdeka semester 1 dan semester 2 maka silahkan lihat selengkapnya di bawah ini :

 

MATERI PJOK KELAS 4 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor

👉  Rangkuman Materi Unit 1 Lengkap (DISINI)


Unit 2 Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Non-Lokomotor

👉  Rangkuman Materi Unit 2 Lengkap (DISINI)


Unit 3 Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif

👉  Rangkuman Materi Unit 3 Lengkap (DISINI)


Unit 4 Aktivitas Senam

👉  Rangkuman Materi Unit 4 Lengkap (DISINI) 


MATERI PJOK KELAS 4 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 5 Aktivitas Gerak Berirama

Unit 6 Aktivitas Permainan dan Olahraga di Air

Unit 7 Aktivitas Kebugaran yang Berkaitan dengan Kesehatan

Unit 8 Kebersihan dan Kesehatan Alat Reproduksi


Sebagai informasi juga bahwa dari ke 8 unit pelajaran pada mata pelajaran PJOK yang telah di sajikan diatas terdiri atas pembelajaran 1 dan pembelajaran 2. Untuk lebih jelasnya maka berikut ini penjelasannya :

 

A. Pembelajaran 1: Keterampilan dan Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter, dan Internalisasi Nilai-Nilai Gerak

1. Unit 1 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor.

2. Unit 2 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor.

3. Unit 3 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif.

4. Unit 4 : Aktivitas Senam.

5. Unit 5 : Aktivitas Gerak Berirama.

6. Unit 6 : Aktivitas Pengenalan Air

 

B. Pembelajaran 2: Pemanfaatan Gerak, Pengembangan Karakter, dan Internalisasi Nilai-Nilai Gerak

7. Unit 7 : Aktivitas Kebugaran untuk Kesehatan.

8. Unit 8 : Kebersihan dan Kesehatan Alat Reproduksi.

 

LIHAT JUGA :

👉 Buku Siswa & Guru PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka


Demikianlah informasi seputar materi pelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk kelas 4 SD untuk semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka yang bisa admin sampaikan melalui postingan ini. Semoga apa yang telah di sajikan diatas dapat bermenfaat baik bagi siswa maupun bagi guru yang membutuhkannya dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel