Materi Biologi Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran Biologi Kelas 11 Semester 1 kurikulum merdeka dan Materi pelajaran Biologi Kelas 11 Semester 2 kurikulum merdeka.

Salam Pendidikan, Sahabat kherysuryawan yang berbahagia pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran yang berhubungan dengan mata pelajaran Biologi yang merupakan cabang dari mata pelajaran IPA yang akan di pelajari di jenjang SMA.

 


Biologi adalah kajian fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal muasal dan distribusinya. Biologi juga mengkaji makhluk hidup dan karakteristik kehidupannya dari masa ke masa. Cakupan materi biologi pada fase F meliputi struktur sel, bioproses dalam sel, genetika, evolusi, sistem organ, struktur, fisiologi pada manusia, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi.

 

Merujuk pada hakikat sains sebagai proses dan produk, maka ada dua elemen dalam mata pelajaran ini yang mencakup (1) pemahaman biologi (Mencakup materi keanekaragaman hayati dan peranannya, virus dan peranannya, perubahan lingkungan, ekosistem, bioteknologi, biologi sel, sistem organ pada manusia, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi) dan (2) keterampilan proses. (Keterampilan saintifik yang mencakup (1) mengamati, (2) mempertanyakan dan memprediksi, (3) merencanakan dan melakukan penyelidikan, (4) memproses dan menganalisis data dan informasi, (5) mengevaluasi dan merefleksi dan (6) mengomunikasikan hasil).

 

Nah, apabila sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka disini admin kherysuryawan akan memberikan daftar susunan materi yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran Biologi Kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

Saat ini sekolah telah banyak yang menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka, dengan menggunakan kurikulum merdeka disekolah maka pada proses pembelajarannya pun tentunya harus sesuai dengan buku teks pelajaran yang berbasis kurikulum merdeka. Meskipun kini telah banyak sekolah menggunakan kurikulum merdeka namun ternyata masih banyak guru dan siswa yang belum memiliki buku teks kurikulum merdeka sehingga mereka tidak mengetahui daftar atau susunan materi pelajaran yang nantinya akan mereka pelajari di pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Pada kesempatan kali ini, admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan khususnya mengenai materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Adapun materi pelajaran yang akan admin sampaikan disini yaitu materi untuk mata pelajaran Biologi kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Disini admin akan menuliskan susunan materi Biologi yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 kurikulum merdeka secara lengkap mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2. Apabila guru dan siswa telah mengetahui susunan materi yang akan di pelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas 11 SMA maka akan memudahkan para guru maupun siswa untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

 

Sebagai informasi bahwa nantinya jumlah Bab yang akan di pelajari pada mata pelajaran Biologi kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka yaitu berjumlah 8 bab. Dari ke delapan Bab tersebut, maka untuk Bab 1 hingga Bab 4 akan di pelajari pada semester 1 sedangkan Bab 5 hingga Bab 8 akan di pelajari di semester 2. Seluruh materi yang akan di sajikan pada postingan ini sudah merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Biologi kelas 11 kurikulum merdeka versi terbaru.

 

Baiklah bagi anda yang saat ini ingin mengetahui susunan atau daftar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Biologi kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka berikut ini susunan daftar materinya :

 

MATERI PELAJARAN BIOLOGI KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 1 Menjelajah Sel

A. Pengamatan Struktur Sel

B. Keterkaitan antara Struktur dan Fungsi Sel

C. Komposisi Sel

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP (DISINI) 


Bab 2 Pergerakan Zat melalui Membran Sel

A. Transpor Pasif

B. Transpor Aktif

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP (DISINI) 


Bab 3 Proses Pengaturan pada Tumbuhan

A. Jaringan, Organ, dan Sistem Organ

B. Transpor pada Tumbuhan

C. Reproduksi pada Tumbuhan

D. Iritabilitas pada Tumbuhan

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 3 LENGKAP (DISINI) 


Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia

A. Struktur Tubuh untuk Pertukaran dan Transpor Zat

B. Proses Pertukaran dan Transpor Zat

C. Kelainan pada Pertukaran dan Transpor Zat

 👉  RANGKUMAN MATERI BAB 4 LENGKAP (DISINI)

 

MATERI PELAJARAN BIOLOGI KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

A. Sistem Pertahanan Eksternal dan Internal

B. Komponen Sistem Pertahanan Tubuh

C. Imunitas Tubuh dan Kelainannya

 

Bab 6 Mobilitas pada Manusia

A. Struktur dan Fungsi pada Sistem Saraf

B. Struktur, Fungsi, dan Kelainan serta Gangguan pada Sistem Gerak

C. Fenomena dan Keterkaitan Sistem Saraf dengan Sistem Gerak Manusia

 

Bab 7 Hormon dalam Reproduksi Manusia

A. Keterkaitan Struktur dan Fungsi Kelenjar Endokrin dan Peran Hormon dalam Reproduksi

B. Keterkaitan Struktur Organ pada Sistem Reproduksi

 

Bab 8 Tumbuh kembang Makhluk Hidup

A. Fenomena Pertumbuhan dan Perkembangan

B. Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

 

Apabila anda membutuhkan buku teks pelajaran Biologi kelas 11 SMA lengkap versi Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :


  • Buku Guru & Siswa Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Biologi di kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2. Semoga apa yang telah admin sajikan tersebut bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan pendidikan dan semoga bisa bermanfaat sebagai bahan pembelajaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel