Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Biologi Kelas 11 Bab 2 “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, berjumpa kembali pada blog pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Biologi yang akan di pelajari di kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

 


Adapun materi yang akan di bahas disini yaitu materi Biologi Kelas 11 SMA Bab 2 yang berjudul “Pergerakan Zat melalui Membran Sel”. Materi ini akan dipelajari di semester 1 pada pembelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka anda tentunya akan sangat membutuhkan informasi ini.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan menyajikan rangkuman/ringkasan materi Biologi kelas 11 Bab 2 “Pergerakan Zat melalui Membran Sel”. Rangkuman ini admin sengaja buat untuk bisa membantu rekan pendidikan yang sedang membutuhkan ringkasan materi biologi kelas 11 khususnya pada materi yang ada di Bab 2 tentang “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” dan akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Dengan mempelajari materi hasil ringkasan maka akan lebih memudahkan bagi murid dalam mempelajarinya. Untuk di ketahui bahwa seluruh ringkasan materi biologi kelas 11 Bab 2 “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” ini semua materinya bersumber dari buku teks pelajaran biologi kelas 11 kurikulum merdeka. Selain admin memberikan ringkasan materi, disini admin juga akan menyiapkan buku teks pelajaran biologi kelas 11 bagi anda yang membutuhkannya.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran biologi kelas 11 khususnya pada Bab 2 “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” ada beberapa materi pokok yang akan di pelajari di dalamnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Transpor Pasif

B. Transpor Aktif

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Biologi Kelas 11 Bab 2 semester 1 tentang  “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 2 Pergerakan Zat melalui Membran Sel

A. Transpor Pasif

1. Osmosis

Berdasarkan gambar diatas dapat dilihat bahwa ada pergerakan molekul air. Pergerakan molekul air terjadi karena gerak acak molekul serta kondisi larutan yang konsentrasi larutannya lebih encer menuju larutan yang konsentrasinya lebih pekat. Pergerakan molekul air melalui membran semi permiabel itulah yang kita kenal sebagai proses osmosis.

 

Osmosis dikenal sebagai proses yang terjadi di tingkat seluler dalam organisasi makhluk hidup.

Perbedaan konsentrasi zat terlarut di dalam dan di luar sel menyebabkan perbedaan osmolaritas. Osmolaritas menggambarkan konsentrasi total zat terlarut dalam suatu larutan.

 

Tiga istilah yang digunakan untuk menjelaskan osmolaritas relatif antar larutan adalah

1.       hipertonik,

2.       hipotonik dan

3.       isotonik.

 

Isotonik terjadi jika konsentrasi zat terlarut di lingkungan luar sel sama dengan konsentrasi zat terlarut dalam sel (Kennedy et al., 2009). Lebih lanjut dikemukakan bahwa hipotonik terjadi jika konsentrasi zat terlarut dalam sel lebih rendah dibandingkan konsentrasi zat terlarut di lingkungan luar sel.

 

Bagaimana dengan hipertonik?

Hipertonik terjadi jika konsentrasi zat terlarut di dalam sel lebih tinggi dibandingkan konsentrasi zat terlarut di lingkungan luar sel.

 

2. Difusi Sederhana

Pergerakan zat dari konsentrasi yang tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah itu dikenal sebagai difusi (Kennedy et al., 2009).

Difusi merupakan pergerakan zat (selain air) melintasi membran dari konsentrasi yang tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah.

 

Oksigen dan karbon dioksida dalam paru-paru dan pembuluh kapiler manusia merupakan contoh difusi yang terjadi di tingkat organisasi seluler dalam organisme.

 

3. Difusi Terfasilitasi

Selain difusi sederhana yang telah dijelaskan sebelumnya, ada difusi lain yaitu difusi terfasilitasi (facilitated diffusion).

 

Difusi terfasilitasi terjadi karena adanya bantuan (difasilitasi oleh) saluran transpor membran. Saluran transpor membran ini berupa glikoprotein yang memungkinkan zat tertentu melintasi membran plasma. Saluran ini hampir selalu spesifik untuk molekul tertentu atau jenis molekul tertentu.

 

Sebagai contoh dikenal transporter glukosa (Glucose Transporters/ GLUT). GLUT merupakan suatu protein yang dapat mengangkut glukosa dari luar sel masuk ke dalam sel dan berperan penting dalam menjaga homeostatis glukosa tubuh. Glukosa transporter-2 (GLUT[1]2) terdapat pada pankreas, hati dan ginjal (Teodhora et al., 2021).

 

B. Transpor Aktif

Diketahui bahwa terdapat saluran transmembran yang berupa protein yang membantu perpindahan ion Natrium dan ion Kalium. Saluran ini menggunakan energi yang dilepaskan dari hidrolisis ATP (adenosin trifosfat) untuk memompa tiga ion natrium keluar dan dua ion kalium ke dalam sel.

 

ATP adalah molekul energi, dan ketika hidrolisis terjadi, ATP dipecah untuk melepaskan energi yang disimpan dalam ikatan kimianya. Transpor yang secara langsung menggunakan ATP untuk energi dikenal sebagai transpor aktif primer.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi  Biologi Kelas 11 SMA Semester 1 Bab 2 “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran  Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa  Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi  Biologi Kelas 11 SMA Bab 2 Semester 1 dengan judul “Pergerakan Zat melalui Membran Sel” yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan dimanapun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel