Materi PPKN Kelas 2 SD Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Salam Pendidikan!

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran PPKN merupakan mata pelajaran wajib yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. PPKn sebagai mata pelajaran yang memiliki misi mengembangkan keadaban Pancasila, diharapkan mampu membudayakan dan memberdayakan peserta didik agar menjadi warga negara yang cerdas dan baik serta menjadi pemimpin bangsa dan negara Indonesia di masa depan yang amanah, jujur, cerdas, dan bertanggung jawab.

 

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran PPKN. Nah, berbicara mengenai mata pelajaran PPKN di jenjang SD, maka di postingan kali ini admin akan memberikan penjabaran atau daftar susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 2 SD kurikulum merdeka. Jadi bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka khususnya di jenjang sekolah dasar dan ingin mengetahui materi apa saja yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN maka anda perlu untuk membaca artikel ini sebab disini admin akan menyamPPKNkan susunan materinya secara lengkap.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 2 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mengetahuinya melalui artikel ini sebab disini admin kherysuryawan akan menyampaikan secara lengkap daftar susunan materi pelajaran PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka untuk semester 1 dan juga untuk semester 2.

 

Selain materi pelajaran PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka yang ingin admin sajikan di kesempatan ini, maka admin juga akan membagikan file buku teks pelajaran PPKN kelas 2 SD Kurikulum Merdeka yang terdiri atas buku guru PPKN kelas 2 SD Kurikulum merdeka dan buku siswa PPKN Kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 

Tujuan admin membagikan materi PPKN kelas 2 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka pada kesempatan ini ialah untuk membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka sehingga dengan mengetahui susunan materinya maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan diri dalam melakukan pembelajaran di sekolah.

 

Materi pelajaran PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari terdiri atas 4 Unit. Untuk unit 1 hingga unit 2 akan dipelajari pada semester 1 sedangkan unit 3 sampai unit 4 akan dipelajari pada semester 2.

 

Baiklah berikut ini daftar susunan Materi Pelajaran PPKN Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan susunan Materi Pelajaran PPKN Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka :

 

MATERI PELAJARAN PPKN KELAS 2 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

UNIT 1 PANCASILA DASAR NEGARAKU

  • Mengenal lima simbol Pancasila
  • Menjelaskan arti dan makna lima simbol Pancasila
  • Menceritakan hubungan lima simbol dengan sila pancasila
  • Mengidentifikasi dan membedakan tugas dalam kegiatan Bersama
  • Mengidentifikasi dan memilih bertanggung jawab dalam menjaga hal-hal penting
  • Memutuskan dan menerapkan nilai-nilai yang sesuai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

 👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 1 LENGKAP (DISINI)


UNIT 2 MENAATI ATURAN DI SEKITARKU

  • Mengenal dan melaksanakan aturan di rumah
  • Mengenal dan melaksanakan aturan di sekolah
  • Mengelompokkan dan menceritakan sikap patuh dan tidak patuh menaati aturan di rumah
  • Mengelompokkan dan menceritakan sikap patuh dan tidak patuh aturan di sekolah
  • Berpendapat sendiri dan Menyimak pendapat orang lain
  • Membuat kesepakatan sederhanai 

👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 2 LENGKAP (DISINI)


MATERI PELAJARAN PPKN KELAS 2 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

UNIT 3 KITA BERAGAM TETAPI TETAP SATU

  • Menyebutkan identitas diri secara lengkap
  • Membedakan identitas diri dan teman serta menemukan persamaan dan perbedaan
  • Mengidentifikasi ciri fisik orang dan benda yang ada di rumah dan sekolah

 👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 3 LENGKAP (DISINI)


UNIT 4 NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

  • mengenal karakteristik dan ciriciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
  • contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta praktiknya

 👉 RANGKUMAN MATERI UNIT 4 LENGKAP (DISINI)


Bagi anda yang juga ingin memiliki Modul Ajar PPKN kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Lengkap untuk Semester 1 dan Semester 2, maka silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Modul Ajar PPKN Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka (DISINI
  • Modul Ajar PPKN Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka sesuai dengan apa yang ada di dalam buku teks pelajaran PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka. Semoga postingan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru dan siswa dalam mengetahui informasi tentang materi pelajaran PPKN dikelas 2 SD Kurikulum Merdeka sehingga bisa menjadi persiapan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel