6 Contoh Best Practice PPG Daljab Tahun 2023

Kherysuryawan.id – Cara menyusun Best Practice PPG dalam jabatan kategori 1 dan kategori 2.

Halo sahabat pendidikan yang berbahagia, senang rasanya admin bisa kembali menulis artikel yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Adapun artikel kali ini yaitu membahas tentang salah satu tugas tagihan dalam PPG dalam jabatan yaitu membuat best practice setelah mengikuti PPL atau praktek mengajar.

 


Best practice dalam PPG merupakan salah satu laporan hasil praktik baik yang dilakukan selama mengikuti tahapan kegiatan PPG. Bagi anda peserta PPG dalam jabatan yang telah menyelesaikan tugas PPL maka harus membuat dan menyiapkan sebuah best practice sebagai pemenuhan tugas dalam kegiatan akhir PPG baik di pembelajaran siklus 1 setelah PPL 1 maupun di pembelajaran siklus 2 setelah PPL 2.

 

Perlu di ketahui bahwa nantinya diakhir pelaksanaan PPL PPG Daljab maka setiap mahasiswa atau guru peserta PPG dalam jabatan diwajibkan untuk membuat tugas berupa menyusun best practise dari hasil pembelajaran selama mengikuti program pembelajaran di siklus PPG yang ada di LMS. Best practise merupakan bentuk kegiatan pembelajaran di sekolah berdasarkan penguasaan substansi materi dan pedagogik yang teraplikasi di dalam kegiatan pembelajaran kelas yang disusun dalam bentuk publikasi ilmiah.

 

Best practice sangat penting untuk di buat oleh seluruh mahasiswa atau peserta PPG dalam jabatan sebab tugas tersebut menjadi sebuah laporan yang nantinya akan di upload dan di presentasikan di ruang kolaborasi pada akhir pembelajaran PPG baik di siklus 1 maupun pada siklus 2 pembelajaran PPG dalam jabatan.

 

Lantas bagaimana cara membuat Best Practice PPG untuk siklus 1 dan siklus 2 ?

Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk bisa berbagi file yang berhubungan dengan laporan PPG berupa Best Practice yang tentunya akan membantu para peserta PPG dalam jabatan dalam memperoleh contoh panduan cara membuat Best Practice PPG.

 

Panduan Menyusun Best Practise PPG Daljab dan Contoh Dalam penyusunan best practices peserta PPG dapat di lihat pada artikel ini sebab disini admin kherysuryawan akan membagikan file Best Practice PPG yang telah disiapkan dalam beberapa jenis file diantaranya Best Practice dalam format word dan juga Best Practice dalam format PDF.

 

Disini admin telah menyiapkan 6 jenis Best Practice yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa atau guru peserta PPG dalam jabatan yang akan membuat Best Practice. Seluruh contoh file laporan Best Practice yang akan admin bagikan ini diambil dari berbagai sumber yang tentunya bisa bermanfaat dan bisa membantu rekan – rekan pendidikan yang kesulitan dalam membuat laporan berupa Best Practice untuk tugas PPG dalam jabatan.s

 

Sebagai informasi bahwa pada Best Practice PPG ini metode yang akan digunakan ialah dengan menggunakan metode STAR yaitu (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi). Keempat poin tersebut dikombinasikan agar menjadi bentuk pembelajaran baru yang dapat diterapkan di sekolah.

Adapun cara pembuatan Best Practice untuk PPG ini akan di jabarkan di bawah ini:

 

Langkah pertama/awal adalah melihat situasi atau kondisi latar belakang penerapan strategi yang akan digunakan. Anda dapat menyurvei hal-hal apa saja yang menjadi kendala pembelajaran siswa,

Dalam hal ini guru bisa melihat Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Contohnya peserta didik kesulitan mengerjakan soal evaluasi dari materi yang diberikan oleh guru selama pembelajaran.

 

Langkah kedua yaitu "Tantangan" berarti tantangan apa yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan.

Dalam hal ini Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Misalnya guru tidak menggunakan alat peraga selama menjelaskan sehingga anak bosan dan mengantuk, sumber ajar hanya menggunakan buku tema guru dan peserta didik dll.

 

Langkah ketiga yaitu penerapan aksi. Dalam hal ini Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah ke empat yaitu Refleksi Hasil dan dampak. Dalam hal ini Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

 

Langkah terakhir yang juga tak kalah pentingnya untuk di buat yaitu membuat Rencana tindak Lanjut (RTL). Perlu untuk di ketahui bahwa RTL dibuat sebagai langkah tindak lanjut setelah kegiatan tersebut dilakukan. Setiap mahasiswa/guru peserta PPG dalam jabatan harus dapat membuat RTL dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya.

 

Nah, bagi anda para guru peserta PPG dalam jabatan yang saat ini sedang kesulitan dalam menyusun dan memnbuat Best Practice dan RTL maka melalui postingan ini anda bisa mendapatkan contoh file Best Practice lengkap dengan Rencana Tindak lanjutnya serta panduan dalam membuat laporan Best Practice dari awal hingga akhir.

 

Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan 6 contoh file Best Practice yang telah di susun sedemikian rupa dengan harapan bisa menjadi contoh Best Practice yang bisa di jadikan sebagai dasar dalam membuat laporan Best Practice dan RTL.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa file Best Practice yang akan admin berikan ini kiranya bisa menjadi bahan referensi dalam membuat Best Practice PPG dan anda bisa menjadikannya sebagai contoh dan panduan dalam menyusun laporan Best Practice di kegiatan PPG.

 

Baiklah berikut ini admin kherysuryawan akan bagikan 6 contoh Best Practice yang dapat di unduh sebagai referensi bagi anda peserta PPG yang akan membuat Best Practice.

 

6 FILE BEST PRACTICE & RTL UNTUK PPG

👉 Best Practice 1 - (DISINI)

👉 Best Practice 2 - (DISINI)

👉 Best Practice 3 - (DISINI)

👉 Best Practice 4 - (DISINI)

👉 Best Practice 5 - (DISINI)

👉 Best Practice 6 - (DISINI)

👉👉 3 Laporan PPG Daljab Guru Penggerak (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh Best Practice PPG yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga postingan ini bisa membantu para mahasiswa dan Guru peserta PPG dalam jabatan dalam memperoleh contoh panduan cara membuat dan menyusun Best Practice yang baik dan benar dalam pembelajaran di Pendidikan Profesi guru (PPG).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel