Rangkuman Matematika Kelas 11 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi pelajaran Matematika Kelas 11 SMA/SMK Bab 1 “Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali memberikan informasi pendidikan yaitu yang berhubungan dengan salah satu materi pelajaran yang akan di pelajari di kurikulum merdeka kelas 11 SMA/SMK yaitu materi pada mata pelajaran matematika.

 


Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran matematika kelas 11. Rangkuman yang akan di berikan disini ialah rangkuman materi matematika kelas 11 SMA/SMK yang ada pada Bab 1 kurikulum merdeka dengan judul “Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Untuk memudahkan dalam belajar maka diperlukan sebuah ringkasan atau rangkuman. Olehnya itu pada kesempatan ini admin kherysuryawan sengaja membuatkan rangkuman materi matematika kelas 11 Bab 1“Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers” ini agar bisa menjadi bahan belajar yang dapat memudahkan siswa dalam memahami topik pembelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Materi Bab 1 “Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers” yang akan dipelajari pada mata pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka memuat beberapa materi pokok atau materi inti. Berikut ini susunan materi matematika kelas 11 SMA/SMK yang akan dipelajari pada Bab 1 semester 1 :

A. Fungsi

1. Fungsi dan Bukan Fungsi

2. Domain, Kodomain, dan Range

B. Komposisi Fungsi

1. Penjumlahan dan Pengurangan Fungsi

2. Perkalian dan Pembagian Fungsi

3. Komposisi Fungsi

C. Fungsi Invers

1. Fungsi Injektif, Surjektif, dan Bijektif

 

Dalam mempelajari materi matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 1 “Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers” ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai setelah mempelajarinya, diantaranya yaitu sebagai berikut :


Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 11 Bab 1 :

Setelah mempelajari bab ini, siswa dapat:

1. Menjelaskan pengertian fungsi.

2. Menentukan domain, kodomain, dan range dari suatu fungsi.

3. Menjelaskan syarat dan aturan komposisi fungsi.

4. Membuat komposisi fungsi yang terdiri atas dua atau lebih fungsi.

5. Menggunakan konsep komposisi fungsi untuk menyelesaikan masalah.

6. Menyelidiki sifat komutatif dan sifat asosiatif pada komposisi fungsi.

7. Menjelaskan syarat dan aturan pembuatan fungsi invers.

8. Menggunakan konsep fungsi invers untuk menyelesaikan masalah.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman/ringkasan materi pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 1 “Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka, naka silahkan simak rangkuman materinya di bawah ini:

 

Bab 1 Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers

A. Fungsi

Fungsi merupakan suatu relasi yang menghubungkan satu anggota dari suatu himpunan tepat ke satu anggota di himpunan yang lain. Fungsi adalah relasi yang lebih spesifik. Fungsi biasa dinyatakan dalam bentuk f(x) = y , di mana f merupakan fungsi, x merupakan variabel masukan (input) dan y adalah variabel keluaran (output).

 

Kalian dapat memahami konsep ini dengan membayangkan fungsi sebagai mesin seperti pada gambar berikut:


1. Fungsi dan Bukan Fungsi

Perhatikan contoh ketiga diagram panah berikut. Ada yang menunjukkan relasi yang berupa fungsi dan ada yang menunjukkan bukan fungsi.


Relasi yang terdapat pada Gambar (a) dan (b) merupakan fungsi karena relasi tersebut menghubungkan satu anggota himpunan input dengan tepat satu anggota himpunan output. Gambar (c) merupakan contoh relasi yang bukan fungsi karena relasi tersebut menghubungkan satu anggota; “q” ke dua anggota berbeda “y” dan “z”.

 

Relasi sering juga ditampilkan dalam bentuk grafik. Kalian dapat menentukan apakah relasi semacam ini merupakan fungsi atau bukan dengan menggunakan Tes garis vertikal. Caranya yaitu cukup menggeser garis vertikal dari kiri ke kanan (atau sebaliknya) dan melewati grafik relasi. Apabila garis vertikal tersebut memotong grafik di dua atau lebih titik yang berbeda, maka relasi tersebut bukanlah fungsi.

Gambar A menampilkan grafik dari relasi dengan persamaan x = y2 . Dengan menggunakan Tes garis vertikal, dapat dilihat bahwa pada x = 2 garis vertikal memotong grafik pada dua titik yang berbeda. Relasi ini bukanlah suatu fungsi.

 

Gambar B menampilkan grafik dari relasi dengan persamaan y = x3 . Dengan menggunakan Tes garis vertikal, dapat dilihat bahwa untuk setiap nilai x, garis vertikal memotong grafik tepat pada satu titik. Relasi ini adalah suatu fungsi.

 

2. Domain, Kodomain, dan Range

Untuk memahami tentang domain dan range, kalian pahami melalui contoh grafik di bawah ini. Perhatikan hubungan antara penggunaan bahan bakar dengan jarak tempuh mobil “XY” pada jalan bebas hambatan yang diberikan oleh grafik.

Berikut ini gambar Jarak Tempuh Terhadap Jumlah Bahan Bakar


Jika x adalah jumlah bahan bakar dalam galon maka bahan bakar dapat dituliskan 0 ≤ x ≤ 9. Domain dari jumlah bahan bakar yang dinyatakan dalam himpunan adalah { x | 0 ≤ x ≤ 9, x R }, dengan R merupakan himpunan bilangan riil. Domain ini dapat juga dituliskan dalam bentuk [0,9].

 

Jarak tempuh dituliskan sebagai 0 ≤ y ≤ 250. Range dari jarak tempuh adalah { y|0 ≤ y ≤ 250, y R }, dengan R merupakan himpunan bilangan bulat positif. Range dapat juga dituliskan dalam bentuk [0,250].

 

Jika diberikan grafik maka penentuan domain dan range dari suatu fungsi ditunjukkan masing-masing oleh nilai yang digunakan pada sumbu x dan sumbu y.


Pengertian domain, kodomain, dan range dapat dilihat secara utuh dalam gambar di bawah ini.



B. Komposisi Fungsi

1. Penjumlahan dan Pengurangan Fungsi

Penjumlahan dua atau lebih fungsi dapat menghasilkan fungsi yang baru. Perhatikan kedua grafik di bawah ini. Fungsi f(x) (berwarna hijau) dijumlahkan dengan fungsi g(x) (berwarna merah). Bagaimana dengan domain dan range dari fungsi yang baru?

Jika f(x) dan g(x)merupakan dua fungsi dengan domain masing-masing Df dan Dg. Maka penjumlahan (f + g) (x) = f (x) + g(x) menghasilkan fungsi yang baru dengan domain Df ∩ Dg.

 

Jika f(x) dan g(x) merupakan dua fungsi dengan domain masing-masing Df dan Dg. Maka pengurangan (f − g)(x) = f(x) − g(x) menghasilkan fungsi yang baru dengan domain Df ∩ Dg.

 

Dua gelombang apa saja jika bertemu akan berpadu. Perpaduan dua gelombang atau lebih dapat dinyatakan dengan penjumlahan kedua atau lebih fungsi sinus. Penjumlahan kedua fungsi sebenarnya adalah penjumlahan simpangan gelombang. Simpangan gelombang ditunjukkan oleh ketinggian gelombang dalam grafik.

Penjumlahan dua fungsi gelombang dapat menghasilkan gelombang baru dengan simpangan yang lebih besar atau simpangan lebih kecil bahkan simpangan nol. Jika ada dua pengeras suara dalam suatu ruangan maka bunyi bergantian terdengar keras dan lemah sesuai dengan posisi pendengar karena penjumlahan dua fungsi gelombang.

 

2. Perkalian dan Pembagian Fungsi

Jika f(x) dan g(x) merupakan dua fungsi dengan domain masing-masing Df dan Dg. Maka perkalian (f · g)(x) = f(x) · g(x) menghasilkan fungsi yang baru dengan domain Df ∩ Dg.

 

Pembagian dua fungsi (f/g) (x) = f(x) / g(x) secara umum belum tentu menghasilkan fungsi. Supaya f/g menjadi sebuah fungsi, pembagi g tidak boleh memiliki nilai 0. Dengan kata lain, f/g adalah fungsi dengan domain (Df ∩ Dg) − {x|g (x)=0}.

 

3. Komposisi Fungsi

Definisi Komposisi Fungsi

Jika g : A → B dan f : B → C merupakan dua fungsi maka komposisi keduanya f (g (x)) dinyatakan dengan notasi (f ◦ g)(x) adalah fungsi dari domain A ke kodomain C. Komposisi dua fungsi dapat dipahami melalui diagram panah berikut:



Syarat Komposisi Fungsi

Dua fungsi f dan g dapat dikomposisikan sebagai f ◦ g jika range dari g merupakan himpunan bagian dari domain f. Ini merupakan syarat komposisi fungsi.

 

C. Fungsi Invers

1. Fungsi Injektif, Surjektif, dan Bijektif

Gambar di bawah ini menunjukkan jenis relasi yang berbeda.

Berdasarkan jenis relasinya, fungsi dibagi menjadi tiga jenis:


Secara umum tidak semua fungsi memiliki fungsi invers. Hanya fungsi bijektif (injektif dan surjektif) saja yang memiliki invers.

 

Fungsi yang berkebalikan operasinya dari fungsi asalnya disebut sebagai fungsi invers. Fungsi ini memetakan anggota yang ada di range fungsi asal ke anggota yang ada di domain fungsi asal. Fungsi invers dituliskan sebagai f -1. Kalian perhatikan bahwa −1 di sini bukan merupakan suatu pangkat.

 

Dari definisi fungsi invers yang baru dijelaskan sebelumnya, hubungan antara domain dan range dari fungsi asal dan fungsi invers dapat dipahami melalui diagram panah berikut.


Secara konsep, menentukan fungsi invers dari fungsi asal dengan diagram panah memang lebih intuitif; dengan membalik arah panah. Namun, sering kali dijumpai bahwa fungsi asal dituliskan dalam bentuk persamaan matematis. Dalam kasus ini, cara untuk menemukan persamaan fungsi invers dari fungsi asal dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Ubah y = f (x) menjadi bentuk x = f(y).

2. Ubah persamaan x = f(y) menjadi bentuk y = ... .

3. Ubahlah variabel y dengan f-1  (x) sehingga diperoleh rumus fungsi invers f -1 (x).

 

Perhatikan gambar yang menunjukkan fungsi dan fungsi invers-nya. (Domain dan Range dari y = x − 2 dan x = y + 2 )


Untuk melihat lebih jelas dan lengkap materi matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 1 maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang membutuhkan filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :

 

  • Buku Siswa dan Buku Guru Matematika Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah pemaparan hasil rangkuman materi pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 1 “Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat bagi para peserta didik maupun para guru yang membutuhkannya guna melakukan aktivitas pembelajaran pada kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel