Tugas 1.3.8.d Unggah Hasil Asesmen Pembelajaran, Hasil Analisis Penilaian Proses dan Pembelajaran Beserta Rencana Pemanfaatannya

Kherysuryawan.id – Tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya.

Halo sahabat kherysuryawan dimanapun berada, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar aktivitas yang akan di lakukan bagi para peserta PPG (Pendidikan Profesi guru) khususnya bagi PPG Dalam Jabatan.

 


Anda yang saat ini terpilih sebagai peserta PPG dalam jabatan maka anda pastinya akan berhadapan dengan tugas-tugas yang ada di LMS. Salah satu tuga penting yang nantinya akan laksanakan di dalam LMS yaitu melakukan kegiatan PPL atau praktek pengalaman lapangan. Pada kegiatan ini anda akan di minta untuk melakukan praktik mengajar dan menyiapkan dokumen dalam bentuk rekaman video dan juga hasil asesmen pembelajaran.

 

Nah, melalui kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk membahas salah satu tugas guru PPG yang ada di LMS yakni tugas yang ada pada siklus 1 tepatnya tugas 1.3.8.d. tentang Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya. Tugas ini mengharapkan para guru untuk bisa mendokumentasikan hasil lembaran penilaian / asesmen yang telah di lakukan pada kegiatan PPL sewaktu di melakukan praktik pembelajaran di sekolah.

 

Bagi anda peserta PPG yang saat ini sedang melakukan praktik PPL di sekolah maka anda pastinya telah menyiapkan semua berkas/dokumen untuk persiapan mengajar. Ada beberapa persiapan yang harus dipersiapkan sebelum mengajar diantaranya adalah bahan ajar, perangkat pembelajaran, LKPD, format penilaian, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Nah, didalam tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya yang terdapat pada kegiatan PPL 1 di siklus 1, maka para peserta PPG harus menyiapkan format penilaian dan juga membuat analisis atas capaian pembelajaran saat melakukan proses pembelajaran di kegiatan PPL.

 

Tentunya saat melakukan praktik mengajar, guru telah menyiapkan berbagai format asesmen yang mencakup format penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan, jurnal refleksi. Nah, dari hasil asesmen tersebut nantinya guru dapat melakukan analisis ketuntasan belajar siswa yang selanjutnya di tuangkan di dalam format analisis penilaian hasil belajar.

 

Seluruh dokumen hasil asesmen dan hasil analisis tersebut selanjutnya di jadikan sebagai dasar untuk melakukan rencana pemanfaatannya untuk kegiatan selanjutnya. Nah, bagi anda yang sedang mengalami kendala dalam menyelesaikan tugas yang ada di LMS khususnya tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya maka melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk bisa berbagi file atau dokumen yang bisa dijadikan sebagai contoh dalam melengkapi tugas yang ada pada lembar kerja unggah hasil asesmen.

 

Sebagai informasi bahwa pada tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya, para guru telah di sampaikan tahapan yang harus di lakukan. Berikut ini penjelasan mengenai tugas yang akan di kerjakan di 1.3.d :

Pada sesi ini, Saudara akan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar assessment for learning, assessment as learning and assessment of learning), sedangkan pada bidang Bimbingan dan Konseling akan melaksanakan penilaian proses dan hasil layanan bimbingan klasikal. Berdasarkan hasil dari kegiatan tersebut, Saudara diminta untuk melakukan analisis hasil penilaian proses dan/atau hasil belajar siswa dan merumuskan rencana pemanfaatan hasil analisis penilaian proses dan/atau hasil belajar siswa. Dokumentasikan hasil dari analisis tersebut menjadi dokumen hasil analisis penilaian proses dan hasil pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya.

 

Selanjutnya, unggah dokumen hasil analisis penilaian proses dan hasil pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya pada kegiatan ini sesuai petunjuk pengiriman.

 

Nah, mengacu pada penjelasan diatas maka anda yang akan mengerjakan tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya maka harus menyiapkan beberapa dokumen hasil asesmen yang telah di lakukan saat melakukan PPL di siklus 1 PPG selanjutnya melakukan analisis dan membuat rencana pemanfaatannya.

 

Apabila anda masih bingung untuk membuat dokumen yang dimaksud pada 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya, maka anda bisa mendapatkan contoh filenya melalui postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan mencoba membagikan filenya agar bisa menjadi bahan referensi bagi para guru yang sedang mengikuti PPG di tahun ini.

 

File pada tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya akan admin bagikan dalam beberapa bentuk file diantaranya yaitu :

1.     Instrument Penilaian Sikap

2.     Instrument Penilaian Pengetahuan

3.     Instrument Penilaian Keterampilan

4.     Dokumen Hasil Analisis Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran beserta Rencana Pemanfaatannya

5.     Jurnal Refleksi

6.     Format Kegiatan Evaluasi Siklus I PPL

 

Seluruh file yang telah admin kherysuryawan sebutkan diatas akan admin bagikan secara gratis dan seluruh filenya juga telah disiapkan dalam format Word, sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan serta anda bisa mengeditnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing pengguna dengan harapan dapat di sesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah masing-masing.

 

Seluruh format file yang akan admin bagikan tersebut telah di sesuiakan dengan model kurikulum yang saat ini digunakan yakni format kurikulum merdeka, namun bagi anda yang di sekolahnya masih menggunakan kurikulum lama maka tetap bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dan bisa menyesuiakannya dengan keadaan disekolah masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya yang ada di siklus 1 pada kegiatan PPL 1 maka anda bisa mendapatkan seluruh filenya yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini:

 

👉  Instrument Penilaian Sikap (DISINI)

👉  Instrument Penilaian Pengetahuan (DISINI)

👉  Instrument Penilaian Keterampilan (DISINI)

👉  Jurnal Refleksi (DISINI)

 👉  Format Kegiatan Evaluasi Siklus I PPL (DISINI)

👉  Dokumen Hasil Analisis Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran beserta Rencana Pemanfaatannya (DISINI)

👉  Tugas 1.3.9.b Unggah Produk Bahan Refleksi (DISINI)

👉  Contoh Best Practice & RTL PPG (DISINI)

👉👉 3 Laporan PPG Daljab Guru Penggerak (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai file tugas 1.3.8.d. Unggah hasil asesmen pembelajaran, hasil analisis penilaian proses dan pembelajaran beserta rencana pemanfaatannya yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui kesempatan ini, semoga bisa membantu rekan-rekan guru yang sedang mengikuti PPG di tahun ini dan semoga bisa menjadi referensi dalam menyelesaikan tugas yang ada di LMS.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel