Rangkuman Matematika Kelas 11 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi pelajaran Matematika Kelas 11 SMA/SMK Bab 2 “Lingkaran” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali memberikan informasi pendidikan yaitu yang berhubungan dengan salah satu materi pelajaran yang akan di pelajari di kurikulum merdeka kelas 11 SMA/SMK yaitu materi pada mata pelajaran matematika.

 


Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran matematika kelas 11. Rangkuman yang akan di berikan disini ialah rangkuman materi matematika kelas 11 SMA/SMK yang ada pada Bab 2 kurikulum merdeka dengan judul “Lingkaran”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Untuk memudahkan dalam belajar maka diperlukan sebuah ringkasan atau rangkuman. Olehnya itu pada kesempatan ini admin kherysuryawan sengaja membuatkan rangkuman materi matematika kelas 11 Bab 2“Lingkaran” ini agar bisa menjadi bahan belajar yang dapat memudahkan siswa dalam memahami topik pembelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Materi Bab 2 “Lingkaran” yang akan dipelajari pada mata pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka memuat beberapa materi pokok atau materi inti. Berikut ini susunan materi matematika yang akan dipelajari pada Bab 2 semester 1 :

A. Lingkaran dan Busur Lingkaran

B. Lingkaran dan Garis Singgung

C. Lingkaran dan Tali Busur

 

Dalam mempelajari materi matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 2 “Lingkaran” ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai setelah mempelajarinya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian dapat;

1. Menerapkan teorema lingkaran dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait

2. Membuktikan teorema yang berhubungan dengan lingkaran

3. Menemukan sifat-sifat garis singgung pada lingkaran 4. Menemukan sifat-sifat segiempat tali busur

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman/ringkasan materi pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 2 “Lingkaran” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka, naka silahkan simak rangkuman materinya di bawah ini:

 

Bab 2 Lingkaran

Lingkaran adalah tempat kedudukan titik-titik yang jaraknya sama dari suatu titik tertentu (disebut pusat lingkaran). Jarak yang sama itu disebut jari-jari.

 

Ruas garis yang menghubungkan pusat lingkaran dengan salah satu titik pada lingkaran juga disebut jari-jari.

Daerah yang dibatasi oleh lingkaran disebut daerah lingkaran.

 

A. Lingkaran dan Busur Lingkaran

Bagian dari lingkaran disebut busur lingkaran. Busur yang lebih kecil disebut busur minor (pada gambar berwarna biru) dan bagian yang lebih besar disebut busur mayor (berwarna merah). Jika hanya disebutkan kata busur, maka yang dimaksud adalah busur minor.

Besarnya BAC = α (Titik A adalah pusat lingkaran).

 

Dalam matematika,

Sudut α disebut sudut pusat yang menghadap pada ­busur BC .

Sudut pusat adalah sudut yang titik sudutnya terletak pada pusat lingkaran dan kaki-kaki sudutnya adalah jari-jari lingkaran.


Sudut θ disebut sudut keliling yang menghadap pada ­busur BC .

Sudut keliling adalah sudut yang titik sudutnya terletak pada lingkaran dan kaki-kaki sudutnya berupa tali busur.

 

Apakah kalian ingat apa yang dimaksud tali busur? Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

 

Sifat-sifat sudut pada lingkaran:

1. Sudut keliling yang menghadap pada busur yang sama, besarnya sama.


2. Sudut pusat besarnya dua kali sudut keliling yang menghadap pada busur yang sama.


3. Sudut keliling yang menghadap pada diameter lingkaran, adalah sudut siku-siku.


B. Lingkaran dan Garis Singgung

Di bawah ini merupakan gambar garis singgung dari titik P ke lingkaran A.



Garis singgung persekutuan luar

Garis singgung persekutuan adalah garis singgung yang merupakan garis singgung bagi dua lingkaran. Garis CD merupakan garis singgung persekutuan luar untuk lingkaran A dan lingkaran B.



Garis singgung persekutuan dalam

Selain garis singgung persekutuan luar, ada juga garis singgung persekutuan dalam. Garis EF merupakan garis singgung persekutuan dalam untuk lingkaran A dan lingkaran B.


C. Lingkaran dan Tali Busur

Berikut ini gambar busur panah

Busur panah merupakan bagian dari lingkaran dan talinya menghubungkan dua titik pada lingkaran. Dalam matematika, ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran disebut tali busur.

 

Pada segiempat tali busur berlaku:

1. Sudut-sudut yang berhadapan saling berpelurus.

2. Hasil kali diagonal sama besarnya dengan jumlah dari hasil kali sisi yang berhadapan.

 

Untuk melihat lebih jelas dan lengkap materi matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 2 maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang membutuhkan filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :

 

  • Buku Siswa dan Buku Guru Matematika Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah pemaparan hasil rangkuman materi pelajaran matematika kelas 11 SMA/SMK Bab 2 “Lingkaran” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat bagi para peserta didik maupun para guru yang membutuhkannya guna melakukan aktivitas pembelajaran pada kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel