Materi IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi pendidikan khususnya mengenai materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas IX Kurikulum Merdeka.

 

Melalui postingan ini admin akan memberikan susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 9. Materi yang akan disajikan disini yaitu materi yang akan di pelajari nantinya pada semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga buku teks pelajaran yang nantinya akan di gunakan oleh guru maupun siswa yaitu buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka.

 

Seluruh materi yang akan di sampaikan pada postingan ini merupakan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang bersumber dari buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 kurikulum merdeka. Seluruh materi yang akan di berikan ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah dan disekolah serta dapat membantu para guru khususnya guru yang mengajar IPA dalam mengetahui daftar materi yang ada di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 mulai dari semester 1 hingga semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 kurikulum merdeka ada 7 Bab yang nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Untuk lebih jelasnya, maka silahkan anda lihat daftar susunan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka di bawah ini:

 

MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 9 SEMESTER 1

Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan

 A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia 

 B. Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan 

 C. Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 

 

Bab 2  Sistem Koordinasi, Reproduksi dan  Homeostasis Manusia

 A. Sistem Koordinasi Manusia

 B. Sistem Reproduksi Manusia 

 C. Homeostasis

 

Bab 3  Tekanan

 A. Tekanan Zat Padat 

 B. Tekanan Zat Cair 

 C. Tekanan Gas

 

Bab 4  Listrik, Magnet, dan Sumber Energi Alternatif

 A. Listrik

 B. Magnet 

 C.  Energi Alternatif/Terbarukan


MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 9 SEMESTER 2

Bab 5  Reaksi-Reaksi Kimia dan Dinamikanya

 A. Reaksi Kimia

 B. Asam dan Basa

 C. Energi dan Laju Reaksi Kimia

 

Bab 6  Pewarisan Sifat dan Bioteknologi

 A. Kromosom, DNA, dan Gen

 B. Persilangan Monohibrid dan Dihibrid

 C. Bioteknologi

 

Bab 7  Isu-Isu Lingkungan

 A. Kesehatan Lingkungan di Indonesia

 B. Pemanasan Global

 C. Krisis Energi

 D. Ketersediaan Pangan


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini mengenai daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi para guru dan siswa dalam mengetahui susunan materi yang ada pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 9 kurikulum merdeka.

Sekian dan semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel