-->

Cara Verval Ijasah di Laman Info GTK Untuk Seleksi PPPK

Kherysuryawan.id - Langkah-langkah melakukan verval ijasah S1/D4 Untuk Guru tidak tetap ( GTT) Tahun 2020 di laman Info GTK untuk seleksi penerimaan P3K/PPPK.

Selamat berjumpa kembali pada blog pendidikan milik kherysuryawan. Pada artikel kali ini yaitu tentang pembahasan mengenai verval ijazah sehubungan dengan rencana pelaksanaan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Jika anda adalah seorang guru yang masih berstatus PNS maka anda bisa melihat informasi ini di laman info GTK namun pastikan bahwa anda adalah seorang guru non PNS dan telah terdaftar di dalam aplikasi dapodik serta telah melakukan verifikasi akun.

 

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara untuk melakukan verval ijazah untuk kepeluan pelaksanaan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) maka terlebih dahulu anda harus sudah mengetahui apa itu PPPK.

 

Sebenarnya PPPK itu hampir sama dengan pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS) meskipun memiliki perbedaan. Ada persamaan dari kedua status tersebut dimana PNS dan PPPK adalah sama-sama masuk dalam ruang linkup aparatur sipil negara (ASN) yang mana perekrutannya adalah dari pemerintah dan jenis pekerjaanya yaitu fungsional.

 

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Jadi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) merupakan pekerjaan yang tidak tetap melainkan di kontrak oleh pemerintah dalam waktu tertentu namun memiliki gaji yang setara dengan gaji seorang PNS sesuai golongan dan masa kerja.

 

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengikuti seleksi PPPK???

Jika anda adalah seorang guru yang masih berstatus Non PNS dan masuk dalam pendataan di aplikasi dapodik maka anda memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti seleksi PPPK nantinya. Saat ini anda bisa mengecek laman info GTK untuk bisa melihat apakah anda memiliki informasi tentang verval ijazah untuk keperluan seleksi PPPK.

 

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara melakukan verval ijazah di laman info GTK yang akan saya lengkapi dengan gambar agar dapat dengan mudah untuk di pahami oleh guru yang akan melakukan verval ijazah nantinya.

 

Sebagai informasi penting juga bahwa sebelum anda melakukan verval ijazah di laman info GTK maka pastikan anda telah melakukan verifikasi akun yang nantinya verifikasi akun dapodik tersebutlah yang akan di gunakan untuk bisa masuk kedalam layanan info GTK dalam hubungannya untuk melakukan verval ijazah.

 

Jika anda belum memiliki akun dapodik yang nantinya akan di gunakan untuk melakukan login kedalam laman infi GTK maka anda bisa meminta akun dapodik anda kepada operator dapodik sekolah anda masing-masing.

 

Baiklah untuk lebih jelas mengenai bagaimana tahapan melakukan verval ijazah di laman info GTK, maka berikut ini penjelasan mengenai cara lengkap melakukan verval ijazah di laman resmi info GTK.

1.   Langkah pertama ialah silahkan login ke laman info GTK, atau silahkan kunjungi alamat berikut ini https://info.gtk.kemdikbud.go.id/



2.   Selanjutnya silahkan isi kolom account PTK yang di sediakan dengan menggunakan akun yang telah terverifikasi yang meliputi :

-          Kolom pertama isi dengan nama email yang terdaftar di dapodik

-          Kolom kedua isi dengan password yang digunakan oleh masing-masing PTK

-          Kolom ketiga isi dengan kode yang sesuai dengan kode yang di tampilkan

Jika semua sudah diisi maka klik “LOGIN”



3.   Apabila telah berhasil login maka akan muncul pemberitahuan secara otomatis mengenai verval ijazah yang berbunyi seperti berikut “Sehubungan dengan rencana pelaksanaan seleksi PPPPK, pastikan data program studi Anda sudah terverifikasi sesuai dengan Ijazah pada link berikut”

4.   Selanjutnya Untuk melakukan verval ijazah maka silahkan anda klik tulisan “Click ini untuk verval Ijazah S1/D4“.



5.   Selanjutnya anda akan di arahkan kehalaman baru dan anda dapat melakukan verval ijazah

6.   Adapun yang harus anda isi diantaranya ialah :

-          Silahkan pilih nama perguruan tinggi yang sesuai dengan di ijazah anda

-          Pilih program study sesuai ijazah anda

-          Masukkan NIM sesuai ijazah anda

-          Lakukan upload dokumen berupa foto ijazah anda

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini dan apabila semua telah anda isi dengan benar maka klik “CEK”

 


Sebelum melakukan upload dokumen maka terlebih dahulu anda harus mengisi kembali kolom pertanyaan sesuai dengan permintaan diantaranya yaitu :
  1. Nama perguruan tinggi
  2. Prodi
  3. NIM
  4. Nomor Ijazah
  5. Tanggal ijazah
  6. Upload Ijazah (untuk melakukan upload ijazah perlu di ketahui bahwa file yang harus di upload yaitu dalam bentuk format PDF serta ukuran file yang bisa di unggah adalah kurang dari 1 megabite (1 MB)
  7. Apabila semua telah diisi maka lakukan atau klik "SIMPAN" seperti pada gambar di bawah ini

Dan apabila anda telah berhasil melakukan verval ijazah di laman info GTK maka akan terlihat tampilan "DATA SUDAH DI VERVAL"seperti pada gambar di bawah ini :


  • Untuk anda yang sudah melakukan verval ijasah dan ingin melihat hasil validasi verval ijasah anda maka silahkan lihat (DISINI)
  • Jika ternyata saat anda melakukan  pengisian data di verval ijasah data yang anda masukkan salah, maka untuk memperbaikinya silahkan lihat (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai cara mudah dalam melakukan verval ijazah di laman info GTK sehubungan dengan di adakannya seleksi PPPK, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang akan melakukan verval ijazah dan semoga anda berhasil melakukannya dengan baik.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel