Materi Kimia Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran Kimia Kelas 11 Semester 1 kurikulum merdeka dan Materi pelajaran Kimia Kelas 11 Semester 2 kurikulum merdeka.

Salam Pendidikan, Sahabat kherysuryawan yang berbahagia pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran yang berhubungan dengan mata pelajaran Kimia yang merupakan cabang dari mata pelajaran IPA yang akan di pelajari di jenjang SMA.

 


Perlu untuk di ketahui bahwasannya Mata pelajaran kimia memiliki tiga karakteristik utama, yaitu dunia makroskopis, submikroskopis, dan dunia lambang. Sebagai dunia makroskopis, mata pelajaran kimia merupakan pemahaman sains berupa materi-materi yang perlu dikuasai peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan sebagai dunia submikroskopis dan dunia lambang, pelajaran kima merupakan kegiatan pembelajaran yang melatih peserta didik dalam mencapai keterampilan proses berupa keterampilan saintiik dan rekayasa yang meliputi: (1) mengamati, (2) mempertanyakan dan memprediksi, (3) merencanakan dan melakukan penyelidikan, (4) memproses dan menganalisis data dan informasi, (5) mencipta, (6) mengevaluasi dan mereleksi, serta (7) mengomunikasikan hasil.

 

Materi-materi yang perlu dikuasai peserta didik di kelas XI ini terdiri atas struktur atom dan sistem periodik unsur, ikatan kimia, stoikiometri, hidrokarbon, termokimia, kinetika kimia, dan kesetimbangan kimia. Dalam proses pembelajaran untuk memahami sains ini perlu dilaksanakan berbagai aktivitas sesuai dengan pengembangan keterampilan proses sainsnya.

 

Nah, apabila sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka disini admin kherysuryawan akan memberikan daftar susunan materi yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran Kimia Kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

Saat ini sekolah telah banyak yang menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka, dengan menggunakan kurikulum merdeka disekolah maka pada proses pembelajarannya pun tentunya harus sesuai dengan buku teks pelajaran yang berbasis kurikulum merdeka. Meskipun kini telah banyak sekolah menggunakan kurikulum merdeka namun ternyata masih banyak guru dan siswa yang belum memiliki buku teks kurikulum merdeka sehingga mereka tidak mengetahui daftar atau susunan materi pelajaran yang nantinya akan mereka pelajari di pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Pada kesempatan kali ini, admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan khususnya mengenai materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Adapun materi pelajaran yang akan admin sampaikan disini yaitu materi untuk mata pelajaran Kimia kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Disini admin akan menuliskan susunan materi Kimia yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 kurikulum merdeka secara lengkap mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2. Apabila guru dan siswa telah mengetahui susunan materi yang akan di pelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas 11 SMA maka akan memudahkan para guru maupun siswa untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

 

Sebagai informasi bahwa nantinya jumlah bab atau unit yang akan di pelajari pada mata pelajaran Kimia kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka yaitu berjumlah 7 bab. Dari ke tujuh Bab tersebut, maka untuk Bab 1 hingga Bab 4 akan di pelajari pada semester 1 sedangkan Bab 5 hingga Bab 7 akan di pelajari di semester 2. Seluruh materi yang akan di sajikan pada postingan ini sudah merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Kimia kelas 11 kurikulum merdeka versi terbaru.

 

Baiklah bagi anda yang saat ini ingin mengetahui susunan atau daftar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Kimia kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka berikut ini susunan daftar materinya :

 

MATERI PELAJARAN KIMIA KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab I Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

A. Struktur Atom

B. Teori Atom Mekanika Kuantum

C. Sistem Periodik Unsur

D. Sifat Periodik Unsur

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP (DISINI) 


Bab II Ikatan Kimia

A. Dasar Ikatan Kimia

B. Ikatan Ion

C. Ikatan Kovalen

D. Ikatan logam

E. Bentuk Molekul

F. Ikatan Antarmolekul

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP (DISINI) 


Bab III Stoikiometri

A. Pengertian Stoikiometri

B. Konsep Mol

C. Rumus Molekul dan Rumus Empiris

D. Pereaksi Pembatas

E. Persen Hasil

F. Persen Kemurnian

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 3 LENGKAP (DISINI) 


Bab IV Hidrokarbon

A. Kekhasan Atom Karbon

B. Klasiikasi Hidrokarbon

C. Alkana

D. Alkena dan Alkuna

E. Hidrokarbon Aromatik

F. Sifat Fisis dan Kimia Hidrokarbon

G. Isomer pada Hidrokarbon

H. Dampak Pembakaran Hidrokarbon

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 4 LENGKAP (DISINI) 


MATERI PELAJARAN KIMIA KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab V Termokimia

A. Hukum Kekekalan Energi

B. Sistem dan Lingkungan

C. Reaksi Eksotermik dan Endotermik

D. Kalorimetri

E. Entalpi dan Perubahan Entalpi

F. Persamaan Termokimia

G. Perubahan Entalpi dalam Keadaan Standar

H. Hukum Hess

I. Energi Ikatan

 

Bab VI Kinetika Kimia

A. Teori Tumbukan

B. Laju Reaksi

C. Persamaan Laju Reaksi dan Orde Reaksi

D. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi

 

Bab VII Kesetimbangan Kimia

A. Konsep Kesetimbangan Kimia

B. Tetapan Kesetimbangan

C. Menggunakan Tetapan Kesetimbangan dalam Perhitungan

D. Pergeseran Kesetimbangan

E. Kesetimbangan Kimia dalam Dunia Industri

 

Apabila anda juga membutuhkan Buku Teks Pelajaran Kimia Kelas 11 Kurikulum Merdeka secara lengkap yang berisi materi - materi diatas, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

  • Buku Siswa & Guru Kimia Kelas 11 Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Kimia di kelas 11 SMA/SMK kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2. Semoga apa yang telah admin sajikan tersebut bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan pendidikan dan semoga bisa bermanfaat sebagai bahan pembelajaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel