Materi Seni Rupa Kelas 8 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Budaya di Kelas 8 SMP khususnya bagi sekolah yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka.

 


Saat ini sudah hampir semua sekolah telah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, olehnya itu buku teks pelajaran yang akan di gunakan dalam pembelajaran juga tentunya buku teks yang telah terintegrasi dengan versi kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk setiap tingkatan pada satuan pendidikan.

 

Salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Budaya. Perlu untuk diketahui bahwa mata pelajaran seni budaya terdiri atas 4 cabang yakni :

1.       Seni Rupa

2.       Seni Teater

3.       Seni Tari

4.       Seni Musik

 

Pada postingan kali ini admin hanya akan membahas tentang apa-apa saja jenis materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di Kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Disini admin akan memberikan susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran Seni Rupa Kelas 8 secara lengkap mulai dari materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari di semester 2.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Materi yang akan di jabarkan disini sudah lengkap yang meliputi materi Seni Rupa Kelas 8 semester 1 kurikulum merdeka dan materi Seni Rupa Kelas 8 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di Kelas 8 SMP kurikulum merdeka terdiri atas 4 unit yang mana unit 1 dan 2 akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kemudian unit 3 dan 4 akan di pelajari di semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat dan mengetahui apa saja susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan simak susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SENI RUPA KELAS 8 SMP SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

UNIT I: MENGGAMBAR

Subunit 1.1: Menggambar Perspektif dengan Satu Titik Hilang

Subunit 1.2: Menggambar Perspektif dengan Dua Titik Hilang

Subunit 1.3: Memperbesar Gambar dengan Skala (Grid)

Subunit 1.4: Menggambar Ilustrasi untuk Mata Pelajaran Lain

Subunit 1.5: Melukis Suasana dengan Medium Pilihan

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 1 LENGKAP (DISINI) 


UNIT II: MENDESAIN

Subunit 2.1: Membuat Desain Poster

Subunit 2.2: Mendesain Ragam Hias Daerah

Subunit 2.3: Membuat Mock Up

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 2 LENGKAP (DISINI) 


MATERI SENI RUPA KELAS 8 SMP SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

UNIT III: APRESIASI

Subunit 3.1: Apresiasi Ragam Hias Tradisional Nusantara

Subunit 3.2: Membandingkan 2 Karya Seni Rupa Seniman Indonesia

Subunit 3.3: Merefleksi Efektifitas Pesan dalam Karya Sendiri

 👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 3 LENGKAP (DISINI)


UNIT IV: BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM

Subunit 4.1: Mengenal Dan Mengolah Bahan Warna Alam

Subunit 4.2: Membuat Hiasan Dinding Dengan Bahan Daun Kering

Subunit 4.3: Membuat Karya Seni Rupa Sederhana dari Bahan Daur Ulang

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 4 LENGKAP (DISINI) 


Itulah susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di Kelas 8 SMP kurikulum merdeka, dan bagi anda yang ingin memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk mata pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lenkap maka silahkan dapatkan bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru dan Buku Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka, semoga postingan ini dapat membantu rekan pendidikan dalam mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di Kelas 8 versi kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel