Tugas Modul 1.1 Mulai Dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran KHD

Kherysuryawan.id – Tugas Mulai dari Diri Modul 1.1 Tulisan Reflektif Kritis tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Halo sahabat Calon Guru Penggerak, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Sebagai calon guru penggerak, mau tak mau harus siap untuk mengikuti seluruh rangkaian materi yang nantinya akan di pelajari pada pendidikan guru penggerak.

 


Dalam pendidikan guru penggerak, setiap calon guru penggerak akan mempelajari beberapa modul dan di setiap modul aka nada tugas-tugas yang harus bisa diselesaikan dengan baik. Dalam proses Pendidikan Guru Penggerak, Calon Guru Penggerak (CGP) harus melalui tahap M-E-R-D-E-K-A di setiap sub-modul. Tahap M-E-R-D-E-K-A diawali dengan tahap Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata. Semua tahapan itu wajib untuk di ikuti oleh seluruh CGP agar nantinya bisa mendapatkan penilaian yang menjadi penentu dalam kelulusan sebagai guru penggerak.

 

Dalam pendidikan guru penggerak nantinya akan ada 3 modul yang harus di pelajari yang mana di setiap modul terdiri atas beberapa sub modul. Pada sub modul 1.1 khususnya pada bagian mulai dari diri modul 1.1 nantinya CGP harus bisa membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD). Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk bisa berbagi jawaban dari tugas modul 1.1 mulai dari diri.

 

Berikut ini pertanyaan yang menjadi dasar dalam menjawab tugas modul 1.1 mulai dari diri.

 

1. Tulisan Reflektif Kritis 

Buatlah sebuah tulisan reflektif kritis dengan jumlah minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang telah disediakan. Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD:

·       Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

·       Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

·       Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

 

2. Harapan dan Ekspektasi

Ungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.

 

·       Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

·       Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

·       Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

 


Berikut ini jawaban yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai tugas diatas.

 

1.    REFLEKTIF KRITIS

·       Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pendidikan yang dapat menjadi teladan bagi seorang pemimpin khususnya dalam dunia pendidikan. Beliau mengajarkan bahwa pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya. Dalam hal mendidik, Ki Hadjar Dewantara juga memberikan penegasan agar kita sebagai pemimpin pembelajaran dapat mendidik siswa sesuai dengan tuntutan alam dan zamannya yang artinya bahwa kita sebagai pendidik harus bisa menyesuaikan model pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa sehingga mereka bisa merasakan kemerdekaan dalam belajar.

·       Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini yaitu dengan adanya merdeka belajar maka siswa di beri kebebasan untuk mengembangkan bakat dan minatnya sehingga siswa merasa senang dalam belajar. hal itu juga terjadidi sekolah saya dimana siswa kini belajar bukan hanya berpatokan kepada guru saja sebagai sumber belajar melainkan mereka bisa belajar melalui sumber-sumber lainnya seperti internet.

·       Saya sudah merasakan kemerdekaan dalam mengajar sebab tidak lagi harus di tekan untuk tuntas dalam mengajarkan materi yang ada pada buku teks pelajaran,melainkan berusaha untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran sesuai kemampuan siswa dengan tetap melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah di lakukan demi mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

 

2.    HARAPAN DAN EKSPEKTASI

·       Setelah mempelajari modul ini harapan saya yaitu ingin menjadi pendidik yang lebih berkualitas, dapat melakukan pendidikan dan pengajaran sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan bisa menjadi orang yang berguna bagi dunia pendidikan.

·       Harapan untuk murid, yaitu agar mereka bisa menjadi manusia yang mandiri, terampil dan bisa meraih masa depan yang gemilang sehingga dapat meneruskan semangat juang dalam bekerja.

·       Manfaat yang diharapkan ada dalam modul ini ialah bisa meneladani semangat nasionalisme Ki Hadjar Dewantara dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran di tempat tugas masing-masing.

 

Demikianlah jawaban yang bisa admin sampaikan mengenai tugas modul 1.1 mulai dari diri pada materi pendidikan guru penggerak. Semoga postingan ini dapat membantu rekan-rekan calon guru penggerak sebagai referensi dalam mengerjakan tugas mulai dari diri yang ada pada sub modul 1.1.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel