Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 Unit 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mata pelajaran seni rupa nantinya akan di pelajari di jenjang SMP kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan materi seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari nantinya yaitu berjumlah 4 Unit yang mana dari ke 4 unit tersebut nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1.

 

Adapun materi yang akan diringkas dan disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa Kelas 8 SMP Unit 2 yang berjudul “MENDESAIN”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 Kelas 8 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi yang akan di pelajari di Unit 2 ini.

 

Selain ringkasan materi seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka Unit 2 “MENDESAIN” yang akan admin bagikan pada artikel ini admin kherysuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari diKelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Unit II: Mendesain

Materi pada Unit 1 ini Berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran tentang perancangan, gagasan, atau perencanaan pembuatan suatu benda.

 

Subunit 1 berisi materi kegiatan membuat desain karya seni rupa dua dimensi untuk menyampaikan pesan tertentu yang berbentuk poster. Kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman kepada siswa tentang fungsi karya seni rupa di luar kepentingan seni rupa itu sendiri.

Subunit 2 berisi materi kegiatan mendesain menghias bidang dengan ragam hias daerah. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran keberadaan budaya seni rupa daerahnya yang bisa digunakan dalam desain karya seni rupa secara universal.

Subunit 3 berisi materi kegiatan membuat mock up, perancangan kemasan produk sederhana. Kegiatan ini bertujuan memberi keterampilan siswa tentang peranan karya seni rupa dalam pembuatan kemasan produk dan dunia industri.

 

Definisi tentang desain muncul pertama kali pada tahun 1588 oleh Oxford Dictionary, yaitu:

1.       Rencana atau skema yang dibuat manusia yang akan direalisasikan.

2.       Gambar terencana untuk sebuah karya seni rupa atau seni terapan (applied art) untuk panduan pelaksanaannya.

 

Pada awalnya istilah desain hanya digunakan dalam arsitektur, yaitu berbentuk gambar-gambar rancang bangun gedung-gedung. Namun kemudian istilah tersebut digunakan di dalam seni rupa, baik seni rupa murni maupun seni rupa terapan (kriya) yang cenderung mengutamakan aspek estetis yang bersifat subjektif dan pribadi. Sementara desain yang sebenarnya tidak hanya fokus pada aspek estetis dan pribadi, namun desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni. Desain tidak hanya mempertimbangkan aspek estetik saja, namun juga aspek fungsi dan aspek produksi. Bahkan istilah desain kemudian digunakan hampir di semua aspek kehidupan manusia.

 

JB Reswick (Amerika Serikat, 1965) mengatakan desain adalah kegiatan kreatif yang di dalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya belum ada.

Pendapat Reswick ini menjelaskan desain memiliki 3 nilai pokok, yaitu:

1. sebagai kegiatan kreatif;

2. menciptakan sesuatu yang baru; dan

3. fungsional atau bermanfaat.

 

Subunit 2.1: Membuat Desain Poster

Setiap karya seni rupa selalu diciptakan dari sebuah ide atau gagasan. Ide atau gagasan selalu berbentuk pesan seorang kreator yang akan disampaikan lewat karyanya. Pesan yang berasal dari ide atau gagasan tersebut akan dituangkan (divisualkan) secara subjektif oleh seniman menggunakan medium dan teknik. Ada karya seni rupa yang pesannya dituangkan secara simbolis, hanya tersirat lewat simbol-simbol. Ada pula karya seni rupa yang penyampaian pesannya dengan jelas secara tersurat. Lukisan-lukisan yang diciptakan para seniman adalah contoh-contoh karya seni rupa yang menyampaikan pesan secara simbolis (tersirat). Pesan-pesan disamarkan dalam tokoh atau adegan dalam lukisan. Namun, di luar itu, ada juga karya-karya seni rupa yang diciptakan untuk menyampaikan pesan secara lugas, secara tersurat, karena melibatkan penggunaaan tulisan (huruf, kalimat). Jenis karya seni rupa yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tersurat tersebut biasa disebut sebagai media publikasi. Karena dibuat untuk menyampaikan pesan kepada publik (masyarakat banyak). Karya-karya seni rupa dua dimensi yang diciptakan untuk menyampaikan pesan itu antara lain: poster, booklet, dan pamphlet

 

Poster merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bisa dikategorikan desain. Karya poster bisa dianggap desain jika berfungsi sebagai gambar rencana (rancangan) yang ditujukan untuk digandakan atau diperbanyak.

 

Ciri-ciri poster:

1. Berbasis kalimat dan gambar.

2. Kalimat singkat dan gambar bersifat sederhana.

3. Kalimat bersifat persuasif (ajakan) dan informatif.

4. Ditempelkan di tempat umum atau lewat media digital.



Materi inti :

1. Poster: karya seni rupa dua dimensi yang berfungsi untuk menyampaikan pesan secara tersurat

2. Divisualkan: dijadikan penampakan yang diamati dengan indera penglihatan

3. Tersurat: disampaikan melalui kalimat atau tulisan

4. Persuasif: kalimat ajakan

5. Publikasi: disampaikan kepada masyarakat luas

 

Subunit 2.2: Mendesain Ragam Hias Daerah

Ada tiga aspek kompetensi yang ingin dikembangkan di materi ini, yaitu: kompetensi membuat bidang (beraturan), kompetensi mengidentifikasi ragam hias daerah, dan kompetensi kreatif menggabungkan keduanya.

 

Aryo Sunaryo (2009:) mengatakan Indonesia dengan berbagai suku bangsa memiliki kekayaan ornamen (ragam hias) yang terdapat pada berbagai benda produk, pada tenun, sulaman, anyaman, ukiran, arsitektur, dan sebagainya. Fisher (Kartiwa, 1993) mengatakan bahwa tidak ada negara seperti Indonesia yang memiliki sedemikian kaya dan beragam ornamen (ragam hias) yang dapat ditemui dalam tenunnya. Hal ini menunjukkan kita sebagai bangsa memiliki kekayaan budaya khususnya seni ornamen (ragam hias) yang amat membanggakan.

 

Kata ornamen berasal dari bahasa Latin omare yang berarti menghiasi. Menurut Gustami (1978) ornamen adalah komponen produk seni rupa yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan. Jadi, berdasarkan pengertian itu, ornamen merupakan penerapan hiasan pada suatu produk. Bentuk-bentuk hiasan yang menjadi ornamen tersebut fungsi utamanya adalah untuk memperindah benda produk (terapan) atau benda yang dihias.

 

Pengertian ornamen Nusantara menunjuk pada bermacam bentuk ornamen yang tersebar di berbagai wilayah dan daerah. Pada umumnya ornamen tersebut bersifat tradisonal dan di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri sebagai cerminan cita rasa seni rupa masyarakat setempat. Ragam hias daerah disebut bersifat tradisional karena digunakan secara turun temurun. Oleh karena itu ornamen Nusantara merupakan keragaman dan kekayaan ungkapan budaya seni rupa bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan ratusan suku bangsa. Selain memiliki perbedaan-perbedaan beberapa ornamen daerah juga memiliki kesamaan.

 

Mater inti:

1. ornamen: rupa ragam hias

2. ragam hias: jenis hiasan benda produk yang ada di daerah

3. dekorasi: hiasan

 

Subunit 2.3: Membuat Mock Up

Mock up berasal dari bahasa Inggris yang terjemahan bebasnya adalah model skala utuh. Glosarium.org mendifinisikan mock up (di dalam Multimedia) sebagai tiruan suatu benda seperti asli tapi hanya berupa bagian tertentu saja menurut kebutuhan. Mock up biasanya digunakan oleh desainer untuk mendapatkan tanggapan dan umpan balik dari pengguna tentang desain sebelum desain diaplikasikan.

 

Saat seseorang ingin memproduksi sesuatu yang bersifat massal, maka ia membutuhkan model atau prototipe. Maka dari itu di dalam sebuah rencana produksi mock up bukan hasil akhir, sebaliknya adalah sebuah karya awal. Namun dalam dalam suatu proses desain mock up adalah hasil akhir

 

Di dalam pembelajaran ini materi kita tentang mock up tentu kita sesuaikan dengan tugas perkembangan siswa, yaitu Pseudo Naturalistik (menurut Viktor Lowenfeld dan Lambert Britain) atau masa represi (menurut Cyrl Burt). Pembelajaran akan memberi soft skills kepada siswa melalui kegiatan mencari contoh kemasan, membuka jaring[1]jaringnya, lalu mereplikasi kemasan menjadi mock up baru.


Materi Inti :

1. Mock up: model skala sebagai model sebelum benda aslinya diproduksi.

2. Model: mock up tiga dimensi, prototipe

3. Desainer: orang yang berprofesi membuat desain

4. Replikasi: penduplikatan, meniru

5. Performa: tampilan 


Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di Kelas 8 SMP Kurikulum merdeka.

Sekian dan Selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel