Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Buku Guru Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka, Buku Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Budaya.

 


Perlu diketahui bahwa Ruang lingkup mata pelajaran Seni Budaya terdiri atas 4 Aspek yaitu : Seni Rupa, Seni Teater, Seni Musik dan Seni Tari.

Di kesempatan kali ini admin kherysuryawan hanya akan membahas khusus untuk mata pelajaran Seni Budaya Aspek Seni Rupa. Disini admin akan mencoba untuk bisa berbagi buku teks pelajaran Seni Rupa untuk Kelas 8 SMP/MTs kurikulum merdeka, sehingga bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka bisa memanfaatkan buku teks pelajaran Seni Rupa Kelas 8 ini sebagai pedoman dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

 

Berikut ini pengantar dari di terbitkannya Buku teks pelajaran Seni Rupa untuk kelas 8 SMP/MTs Kurikulum merdeka:

Salah satu tujuan pengajaran seni rupa di sekolah adalah memberdayakan seni rupa untuk membangun daya kreativitas siswa. Hal tersebut didasari oleh kesadaran, bahwa kreativitas memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian siswa. Karena itu pula daya kreativitas perlu dibangun sejak dini, digali dan ditumbuhkembangkan pada tunas-tunas bangsa, guna meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang menyadari budayanya. Buku ini bertujuan meletakkan seni rupa sebagai education through art yang menekankan naluri berolah seni rupa pada siswa sebagai suatu yang universal, dan menjadikan seni rupa sebagai suatu yang tumbuh secara alamiah pada dirinya, dan difungsikan untuk mengembangkan sikap berfikir kreatif dalam pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila. Salah satu ikhtiar menuju semua yang ideal itu Pemerintah meluncurkan Buku Panduan Guru Seni Rupa Kelas 8 ini, yang disusun berdasar Capaian Pembelajaran yang dirumuskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Meski menggunakan istilah “panduan”, sebenarnya buku ini hanya sebuah inspirasi (kalau boleh disebut begitu) yang masih harus dikembangkan dan dimodifikasi menyesuaikan kondisi lapangan. Dengan demikian buku ini menjadi kontekstual menyesuaikan kondisi lapangan. Dalam pelaksanaan buku ini sangat fleksibel secara kondisional, apa yang ada di dalamnya bersifat referensial. Maka, jika pun guru pengajar bukan dari latar belakang pendidikan seni rupa, diharapkan dapat menggunakan buku ini sebagai referensi. Dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator guru diberi ruang yang luas untuk berimprovisasi, baik dalam urutan materi, pendekatan, mengambil sumber belajar, mengatur waktu, memilih medium, kedalaman kompetensi, dan sebagainya. Pendekatan yang diambil hendaknya memberi banyak kesempatan kepada siswa untuk bermain, bereksplorasi, berekspresi dengan imajinasi mereka. Berikan siswa pengalaman-pengalaman teknis dan estetis secara berimbang. Ciptakan sebanyak-banyaknya ruang bagi siswa untuk terlibat langsung dalam proses.

 

Nah, Apakah di sekolah anda sudah mengimplementasikan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka ?

Jika di sekolah anda sudah melakukan pembelajaran dengan model kurikulum merdeka, maka anda harus mempersiapkan buku teks pelajaran yang sudah terintegrasi dengan kurikulum merdeka. Saat ini terdapat 3 opsi implementasi kurikulum merdeka yang bisa dilaksanakan di sekolah diantaranya yaitu: Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.

 

Dalam mengiplementasikan pembelajaran kurikulum merdeka maka sekolah diharapkan mampu untuk menyiapkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka agar nantinya proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Ada 2 jenis buku teks pelajaran untuk setiap mata pelajaran pada kurikulum merdeka yang harus di persiapkan oleh sekolah yakni buku panduan guru dan juga buku siswa. Perlu diketahui bahwa buku panduan guru hanya di peruntukkan bagi guru saja sebagai panduan bagi guru dalam mengajar sedangkan buku siswa merupakan buku pegangan siswa yang nantinya akan membantu siswa dalam memudahkan pembelajaran di kelas.

 

Buku teks utama yang dalam hal ini buku guru dan buku siswa merupakan salah satu sumber belajar utama untuk digunakan pada satuan pendidikan. Adapun acuan penyusunan buku teks utama adalah Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Dengan adanya buku guru dan buku siswa untuk setiap mata pelajaran pada kurikulum merdeka maka tentunya akan membuat proses belajara mengajar di kelas akan lebih tertib dan lancar. Buku teks pelajaran menjadi salah satu sarana pembelajaran yang sangat penting untuk disiapkan oleh sekolah sebagai pegangan bagi guru dan juga bagi siswa.

 

Berbicara mengenai buku guru dan juga buku siswa pada kurikulum merdeka, maka bagi anda yang di sekolahnya telah mengimplementasikan kurikulum merdeka namun ternyata belum memiliki buku guru dan buku siswa maka tenang saja sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membagikannya secara gratis.

 

Buku Panduan Guru dan siswa Mata Pelajaran Seni Budaya SMP/MTs: Seni Rupa ini merupakan panduan bagi guru dan siswa dalam mengajarkan Seni Rupa kelas VIII SMP/MTs (Fase D) berdasarkan Kurikulum Merdeka. Adapun buku paket kurikulum merdeka yang akan admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini yaitu buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Seni Budaya Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka khususnya pada aspek Seni Rupa sehingga buku teks yang akan di bagikan disini ialah buku guru dan buku siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka.

 

Di pembelajaran kurikulum merdeka nantinya ke empat aspek yang ada pada mata pelajaran Seni Budaya akan di pelajari secara terpisah sehingga buku teks pelajaran yang akan digunakan juga akan terpisah. Saat ini Pusat Perbukuan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan telah menyiapkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka yang salah satunya ialah Buku Guru dan Buku Siswa Seni Rupa Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan sekaligus membagikan buku guru Seni Rupa Kelas VIII SMP/MTs kurikulum merdeka dan juga buku siswa Seni Rupa Kelas VIII SMP/MTs kurikulum merdeka.

 

File buku guru dan buku siswa Seni Rupa Kelas VIII SMP Kurikulum merdeka yang akan admin bagikan ini tentunya dapat dengan mudah di gunakan baik oleh guru dan juga oleh siswa sebab filenya tersimpan dalam format PDF. Buku teks pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka ini juga dapat dibuka melalui komputer/laptop dan juga dapat di buku melalui HP Android/Iphone. Selain itu apabila bapak/ibu guru dan juga siswa ingin memiliki bukunya dalam bentuk kertas, maka dapat langsung mencetak file buku guru dan siswa Seni Rupa Kelas 8 kurikulum merdeka tersebut sehingga dapat mempelajarinya dengan mudah di manapun berada sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

 

Melalui blog kherysuryawan.id ini anda bisa memiliki file Buku Guru Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka dan File Buku Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka secara mudah dan gratis.

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki buku guru dan buku siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru Seni Rupa Kelas 8 Kurkulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Siswa Seni Rupa Kelas 8 Kurkulum Merdeka – (DISINI)
  • Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 8 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini mengenai buku teks pelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Semoga Buku Guru Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka dan Buku Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka yang telah di bagikan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya khususnya untuk pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel