Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mata pelajaran seni rupa nantinya akan di pelajari di jenjang SMP kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan materi seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari nantinya yaitu berjumlah 4 Unit yang mana dari ke 4 unit tersebut nantinya akan di pelajari mulai dari Semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada Semester 2.

 

Adapun materi yang akan diringkas dan disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa Kelas 8 SMP Unit 4 yang berjudul “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM”. Materi ini nantinya akan dipelajari di Semester 2 Kelas 8 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi yang akan di pelajari di Unit 4 ini.

 

Selain ringkasan materi seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” yang akan admin bagikan pada artikel ini admin kherysuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari diKelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Unit IV: Berkarya dengan Bahan Alam

Adapun materi yang akan di pelajari pada Unit 4 ini Berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran tentang kreativitas berkarya menggunakan medium yang tersedia di sekitar siswa, baik bahan alam maupun bahan-bahan bekas pakai serta mengurangi ketergantungan pada medium tertentu dalam kegiatan berkarya seni rupa.

 

Subunit 1 berisi materi kegiatan mengolah bahan alam menjadi bahan warna. Kegiatan ini bertujuan memberikan siswa pengalaman proses dan berfikir kreatif.

Subunit 2 berisi materi kegiatan berfikir kreatif dan inovatif dalam seni rupa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai menjadi suatu karya baru.

Subunit 3 masih berisi kegiatan kreatif menciptakan karya seni rupa dengan bahan-bahan yang tersedia di alam, seperti daun kering, dahan, biji-bijian, batu[1]batuan dan sebagainya.

 

Alam selalu menjadi sumber inspirasi bagi manusia, sebab manusia adalah bagian dari alam. Maka pemilihan tema unit 4 Berkarya dengan Bahan Alam esensinya adalah ingin membawa siswa pada kesadaran konsep filosofi back to nature atau kembali ke alam. Sebagai langkah teknisnya unit ini berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengeksplorasi budaya seni rupa berbasis alam, mengeksplorasi bahan alam sebagai bahan warna alternatif (manipulatif), sekaligus mengeksplorasi kreativitas siswa berkarya seni rupa dengan bahan alam yang ada di lingkungan sekitarnya.

 

Secara teknis materi sub-sub unit dalam unit ini adalah pengembangan pembelajaran tentang komposisi seni rupa dengan pendekatan yang lebih kontekstual, yaitu menggunakan medium yang ada di lingkungan sekitar siswa.

Unit pembelajaran 4 terdiri dari 3 subunit, yaitu:

subunit 4.1. mengenal dan mengolah bahan warna dari bahan alam,

subunit 4.2. membuat hiasan dinding dengan bahan daun kering, dan

subunit 4.3. membuat karya seni rupa sederhana dari bahan daur ulang.

 

Subunit 4.1, selain mengundang siswa untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam menciptakan bahan alternatif juga memberikan kesadaran akan lingkungan dan konsep back to nature sebagai isu global menghadapi pemanasan global (global warming) atau sekarang juga disebut sebagai “adaptasi perubahan iklim”. Dimensi kesadaran kebhinekaan global ini juga menjadi tujuan pembelajaran subunit ini.

 

Subunit 4.2 mengundang siswa untuk mengeksplorasi kemampuan tentang komposisi seni rupa dua dimensi dan mengolah bahan. Latihan keterampilan membuat komposisi merupakan pengembangan, pendalaman, serta pengaplikasian pelajaran kelas 7 tentang unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa dengan bahan alam dari bahan yang mudah dan murah.

 

Subunit 4.3 mengundang siswa untuk mengeksplorasi kreativitas, menciptakan benda baru berbentuk karya seni rupa dari bahan-bahan yang tidak terpakai. Latihan-latihan keterampilan ini menciptakan barang baru ini merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa, melatih siswa berpikir kritis, kreatif, berakhlak pada alam, dan mandiri, yang merupakan dimensi[1]dimensi Profil Pelajar Pancasila.

 

Subunit 4.1: Mengenal Dan Mengolah Bahan Warna Alam

Sebelum warna sintetis ditemukan, manusia menggunakan warna alam untuk memenuhi kebutuhannya. Warna alam adalah warna yang dibuat dari bahan alam. Bukti penggunaan warna alam oleh nenek moyang kita dapat kita jumpai pada temuan-temuan arkeologi. Salah satu bukti itu adalah warna-warna pada dinding di gua Leang Pattae di Maros Kalimantan. Maka, jika sekarang kita mempelajari warna alam, sesungguhnya kita menggali nilai-nilai budaya seni rupa zaman dahulu. Nenek moyang kita juga menggunakan warna alam pada pakaian, namun karena sifat material pakaian yang mudah rusak menyebabkan jarang ditemukan benda peninggalannnya

 

Pada pembelajaran Subunit 4.1 ini, materi yang diajarkan meliputi pengenalan dan pengolahan bahan warna alam yang dapat diaplikasikan untuk melukis di atas kertas. Jadi kita akan membatasi aplikasi di atas kertas. Dengan demikian kegiatan yang akan dilakukan siswa adalah melakukan eksperimen membuat bahan pewarna alam untuk melukis di atas kertas.

 

Secara mendasar ada 3 kegiatan yang harus dilakukan siswa secara kelompok, yaitu:

1.       Menentukan beberapa bahan alam untuk percobaan.

2.       Melakukan eksperimen membuat ekstrak bahan warna dari bahan alam yang telah ditentukan.

3.       Mengidentifikasi hasil warna dari ekstrak yang dibuat.

3.

Secara umum bahan alam untuk warna dikelompokkan menjadi:

1. daun, bunga, dan buah

2. akar, umbi, dan rimpang

3. kulit kayu, batang, dan biji


Materi inti:

1. Ekstrak: kentalan, sari, pati

2. Sintetis: buatan, tiruan

3. Eksperimen: percobaan

4. Rimpang: umbi yang bercabang seperti tangan

5. Aplikasi: terap, pakai

 

Subunit 4.2: Membuat Hiasan Dinding Dengan Bahan Daun Kering

Salah satu tujuan pembelajaran seni rupa diberikan kepada siswa adalah untuk mengembangkan sikap kreatif dan berpikir artistik. Ciri sikap kreatif dan berpikir artistik adalah menemukan hal-hal baru dan menemukan alternatif-alternatif di luar yang sudah ada. Dalam konteks berkarya seni rupa, alternatif-alternatif tersebut dapat berkaitan dengan medium (bahan), teknik, atau keduanya.

 

Substansi pembelajaran ini adalah penerapan prinsip-prinsip komposisi seni rupa dua dimensi menggunakan bahan alam daun, bunga, dan dahan kering. Materi subunit 4.2 ini akan mengajak siswa bergelut dengan bahan alam yang diolah dalam suatu komposisi dekoratif. Siswa diajak bermain-main dengan imajinasinya melalui medium daun-daun kering atau dikeringkan menjadi sebuah komposisi seni rupa. Siswa diajak untuk mengaktualisasikan gagasan kreatifnya melalui pembuatan karya berupa hiasan dinding. Bahan yang digunakan berupa daun daun kering yang dikembangkan dari tetumbuhan yang ada di lingkungan sekitar siswa.

 

Terkait dengan materi tersebut di atas, maka pada subunit ini siswa akan diajak berkegiatan:

1. Membuat desain karya sebagai penuangan ide/gagasan.

2. Memilih jenis daun yang akan digunakan sesuai desain.

3. Mengeringkan daun yang hendak digunakan (jika diperlukan).

 4. Mengaplikasikan desain menjadi karya seni rupa.

 


Subunit 4.3: Membuat Karya Seni Rupa Sederhana dari Bahan Daur Ulang

Substansi pelajaran membuat karya dari bahan daur ulang adalah mengembangkan kreativitas siswa dalam mengolah bahan menjadi karya seni rupa (komposisi) dari bahan tak terpakai. Kreativitas menurut Utami Munandar (1999: 20) adalah sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan.

 

Sternberg dalam Afifa (2007) mengatakan seseorang yang kreatif adalah seorang yang dapat berpikir secara sintesis artinya dapat melihat hubungan[1]hubungan di mana orang lain tidak mampu melihatnya, yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai ataupun kualitas karya pribadinya, mampu menerjemahkan teori dan hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide praktis, sehingga individu mampu meyakinkan orang lain mengenai ide-ide yang akan dikerjakannya

 

Menurut Drevdahl (Hurlock, 1999:98) kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya.

 

Bahan daur ulang adalah bahan bekas pakai yang diproses untuk menjadi bahan baru. Bahan bekas biasanya berasal limbah sisa proses kegiatan produksi yang tidak mempunyai nilai, tidak berharga, rusak atau cacat.

 

Prinsip-prinsip dalam pengolahan sampah dikenal dengan nama 3R, yaitu:

1.       Reduce, yaitu mengurangi penggunaan barang barang yang kurang berguna.

2.       Reuse, yaitu pemanfaatan ulang bahan-bahan bekas pakai yang sudah terbuang bisa merusak lingkungan.

3.       Recycle, yaitu mendaur ulang bahan yang sudah tidak berguna menjadi barang baru yang lebih bermanfaat.

 

Dalam materi subunit 4.3 ini para siswa akan dilatih untuk peduli terhadap lingkungan dengan mendaur ulang limbah sampah menjadi karya seni rupa sederhana. Eksperimen pembuatan aneka karya seni rupa dari cangkang telur ini dipilih dengan pertimbangan bahan ini dapat ditemui di berbagai tempat.

Melalui kegiatan pembelajaran ini, secara tidak langsung para siswa telah berpartisipasi mengatasi masalah lingkungan, sekaligus meningkatkan kreativitas dan keterampilan berwirausaha.


Materi inti:

1.       Daur ulang: mengolah barang yang sudah tidak berguna menjadi barang baru yang lebih bermanfaat

2.       Mozaik: seni menggabungkan kepingan-kepingan barang menjadi sebuah gambar atau pola yang baru. Kepingan tersebut bisa berasal dari berbagai jenis material, seperti kertas, cangkang telur, keramik, kaca, daun, batu, kayu, atau material lainnya.

3.       Kolase: karya seni yang terbuat dari berbagai macam material berbeda yang kemudian ditempel menjadi sebuah gambar unik. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kolase bisa didapat dari alam, seperti batu, daun, ranting,  bunga kering, biji-bijian, kerang atau cangkang. Bisa juga dari bahan olahan seperti logam, plastik, karet, kain, kertas atau barang lainnya.

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di Kelas 8 SMP Kurikulum merdeka.

Sekian dan Selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel