CARA MUDAH MENGERJAKAN DAPODIK VERSI 2020.b

Seperti yang kita ketahui bersama baru-baru ini telah rilis Dapodik terbaru yaitu Aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b. Pada dapodik versi 2020.b ini memiliki banyak perubahan dari dapodik sebelumnya mulai dari jenis tampilannya hingga dengan beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi dapodik 2020 juga memiliki perbedaan dalam penggunaan dan penerapannya dari aplkasi dapodik yang sebelumnya.

Secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b telah menggunakan database yang baru, adapun untuk menggunakan aplikasinya maka anda hanya cukup melakukan update dengan menggunakan patch aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b.
Untuk dapat memudahkan anda dalam menggunakan aplikasi dapodik 2020.b ini maka anda harus memiliki buku petunjuk dalam menggunakannya atau panduan dalam melakukan proses pengerjaannya.

Di dalam postingan ini saya akan membagikan buku panduan dalam mengerjakan aplikasi dapodik versi 2020.b dengan tujuan agar dalam melakukan penginputan dan penggunaannya dapat dilakukan denagan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Pada aplikasi dapodik versi terbaru ini anda harus melakukan penginputan ulang mulai dari data rombel, data pembelajaran, data sekolah, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dapodikdasmen versi 2020.b ini di gunakan pada pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan buku panduan mengerjakan dapodik versi 2020.b sehingga anda dapat dengan mudah mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b maka melalui postingan ini saya akan membagikannya.
Jika anda membutuhkan buku panduan penggunaan dapodik versi 2020.b maka silahkan anda download buku panduan penggunaan dapodik 2020.b berikut ini.

  • Buku panduan mengerjakan dapodik versi 2020.b (disini)
Demikianlah penjelasan mengenai buku panduan pengerjaan dapodik versi terbaru serta sekilas cara mengunakan dapodik versi 2020.b serta mengenal lebih jauh tentang berbagai macam cara yang dapat di tempuh dalam mengerjakan tugas sebagai operator sekolah dalam hal melakukan penginputan data pada aplikasi dapodik sekolah.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

11 Responses to "CARA MUDAH MENGERJAKAN DAPODIK VERSI 2020.b"

  1. dapodik langsung menjadi 2018/2019 semester ganjil. bagaimana kalo mau cetak raport 2017/2018 melalui eraport? data eraport jadi blank !

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ingin mencetak raport 2017/2018 di eraport harus menggunakan data dapodik versi 2018

      Delete
  2. mohon petunjuk, saya operator dapodik di smp swasta di kab malang, saya ada masalah dengan dapodik 2019, yaitu kesalahan saya saat di dapodik 2018 b saya tidak teliti di kurikulumnya, seharusnya di kelas 8 ktsp tetapi tercantum k 13, sehingga saat ini kelas 9 saat saya masukkan ktsp kurikulumnya saat validasi lokal kurikulumnya tercantum warning, mohon solusinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbaca warning karena data pada kurikulum tidak berkesinambungan, coba gunakan alternatif dengan cara hapus rombel tersebut kemudian buat rombel baru dengan nama yang sama kemudian pada pilihan kurikulum isi dengan kurikulum ktsp khusus untuk kelas 9, semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Pada dasarnya hapus rombel tidak akan menghapus rombel tersebut, rombel yang dihapus memang hilang, tapi sejatinya tidak hilang namun tersembunyi. Untuk yang sudah terlanjur salah input kurikulum tidak bisa diubah, karena k13 tidak bisa turun menjadi ktsp.

      Delete
    3. Selama rombel tidak memiliki anggota rombel dan pembelajaran rombel akan terhapus dan tidak akan tersembunyi. namun permasalahan kurikulum untuk mengganti dari k13 ke ktsp sapertinya sudah tidak bisa lagi di lakukan.

      Delete
  3. mohon bantuan dan solusi master DAPODIK. kami SMA baru dapat NPSN, dan baru saja melaksanakan pendataan DAPODIK. sudah berjalan mulai 2016/ 2017. dapodik terbit 2018/2018. kami kesulitan saat hendak mengisi kurikulum pada rombel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengisi kurikulum pada aplikasi dapodik harus menyesuaikan dengan kurikulum yang di berlakukan di sekolah anda saat ini.

      Delete
  4. mohon pencerahan
    1. sudah lihat panduan dapaodik,cuma menambah rombel tidak bisa di save, error (di minta isi kolom id harus di isi.., maksudnya kolom yang mana ya, soalnya semua kolom penambahan rombel sudah di isi?)

    2. mengisi sarana pra sarana juga error, setelah mengisi sarana dan pra sarana kemudian si simpan,cuma masih error (katanya objek tidak ditemukan.

    mohon solusinya.. terima kasih

    3. buka dapodik dalam kondisi online, juga error komentnya..
    (Terdeteksi versi database 2.98d. Sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan.
    Silakan hubungi Tim Teknis. Terima Kasih)

    mohon solusi dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih jelasnya silahkan baca dan pahami baik-baik buku panduan pengerjaan dapodik versi terbaru saat ini.

      Delete
  5. Selamat siang, Admin.
    solusi untuk JJM kelas XII Kurikulum KTSP yang tidak diakui (sehingga "tidak VALID") di infoGTK seperti apa baiknya?
    apakah harus diubah dari KTSP ke K.13 di semester genap ini biar Valid?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->