FORMAT PENILAIAN K13 SMP TERBARU

Pada jenjang SMP hampir semua sekolah di seluruh tanah air indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013. Dikurikulum 2013 ini banyak tugas guru yang berhubungan dengan penilaian terhadap peserta didik di sekolah, namun jika seluruh metode dan jenis penilaian sudah kita pahami dengan baik maka hal tersebut akan terasa mudah untuk dilakukan.

Untuk memberikan Penilaian yang akan dilakukan terhadap peserta didik di sekolah pastinya seorang guru membutuhkan format penilaian yang akan memudahkan tugasnya dalam memberikan dan menginput nilai setiap peserta didiknya.

Dalam kurikulum 2013 sistem penilaian yang di gunakan terdiri dari beberapa aspek yang harus di nilai, antara lain sikap spiritual,sikap sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Pada kurikulum 2013 guru di tuntut untuk aktif dalam memberikan penilaian kepada peserta didiknya sebab penilaian bukan hanya di dasarkan dari kepintaran seorang peserta didik saja namun sikap seorang peserta didik juga sangat mempengaruhi nilai akhir yang akan di peroleh seorang peserta didik.

Jika pada kurikulum KTSP sekolah dalam hal ini guru atau wali kelas menuliskan hasil penilaian peserta didik secara manual di buku raport siswa, namun pada kurikulum 2013 pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dasar telah mengeluarkan suatu aplikasi untuk mengolah nilai sekaligus mencetak nilai akhir seorang peserta didik yaitu berupa raport yang dapat langsung di cetak secara otomatis menggunakan aplikasi yang di beri nama aplikasi E-Raport.

Dengan menggunakan aplikasi erapor maka sekolah akan mudah dalam melakukan penginputan nilai dan begitu juga dengan melakukan pencetakan rapor dimana sekolah dapat langsung melakukan cetak rapor melalui aplikasi erapor dan tidak perlu lagi harus membeli buku rapor.
Aplikasi eraport akan di gunakan secara nasional di seluruh satuan pendidikan mulai dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK meskipun dalam penerapnnya masih di gunakan secara bertahap. Format penilaian yang akan di gunakan untuk proses penilaian pada kurikulum 2013 akan terlihat pada aplikasi eraport tersebut, sehingga guru wajib memiliki format penilaian k13 agar dapat memiliki arsip dalam melakukan proses penilaian di sekolah.
Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di jenjang SMP dan di sekolahnya telah menggunakan aplikasi eraport maka anda dapat memanfaatkan format penilaian yang akan saya bagikan pada postingan kali ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi file mengenai format penilaian kurikulum 2013 untuk jenjang SMP yang digunakan dalam penginputan nilai pada aplikasi eraport sehingga ketika akan melakukan penginputan nilai kedalam aplikasi erapor maka guru dapat dengan mudah melihat daftar nilai yang sesuai dengan yang telah di buat menggunakan format penilaian yang akan saya bagikan ini. Aplikasi ini dibuat menggunakan format exel sehingga mudah dalam menggunakannya.

Pada format penilaian yang akan saya bagikan kali ini terdiri dari beberapa menu yang dapat anda kelola diantaranya menu Isi data,Data siswa, Rentang kkm, Rencana pengetahuan & keterampilan serta Hasil Rekap nilai Pengetahuan & keterampilan.
Meskipun di sekolah anda saat ini belum menggunakan aplikasi eraport, format penilaian yang akan saya bagikan ini juga dapat di gunakan dalam proses melakukan penilaian siswa di sekolah,sebab di dalam format penilaian yang akan saya bagikan ini memuat nilai tugas dan harian serta nilai ulangan dan nilai akhir.

Di dalam format penilaian k13 untuk jenjang SMP yang akan saya bagikan ini telah di lengkapi dengan data isian siswa yang berupa nama dan nomor induk siswa yang wajib diisi untuk mengetahui profil peserta didik yang akan di nilai. Selain itu di dalam file format nilai juga telah dilengkapi dengan standar kkm untuk setiap mata pelajaran yang dapat di input dan di edit sesuai dengan kkm sekolah masing-masing.

Pada format penilaian k13 ini juga di lengkapi dengan rencana penilaian pengetahuan dan rencana penilaian keterampilan selain itu dalam format penilaian k13 ini anda juga dapat melihat hasil rekapan nilai pengetahuan dan nilai keterampilan setiap peserta didik.
Pada format penilaian k13 ini,cara menggunakannya sangat mudah yaitu Anda tinggal menyesuaikan dengan situasi di sekolah masing-masing baik dari segi mata pelajaran, nama guru,nama siswa, KKM, dan lainnya.

Format penilaian k13 ini di sajikan dalam bentuk exel sehingga sangat mudah untuk digunakan karena sudah dilengkapi dengan rumus-rumus yang sesuai dan juga memiliki kriteria yang sama dengan yang ada pada aplikasi Eraport.
Apabila anda membutuhkan Aplikasi Format penilaian k13 untuk jenjang SMP, maka silahkan anda download melalui judul di bawah ini :
  • Download Aplikasi format daftar nilai K13 (Link)
Semoga dengan menggunakan format penilaian yang telah saya bagikan di atas akan dapat membantu tugas bapak dan ibu guru di sekolah dalam mengisi nilai peserta didik sesuai dengan jenjang masing-masing.
Semoga Bermanfaat.

7 Responses to "FORMAT PENILAIAN K13 SMP TERBARU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->