Format Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan K13 Revisi

Kherysuryawan.id – Download Format penilaian sikap (sikap spiritual, sikap soaial), penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan kurikulum 2013 revisi terbaru untuk jenjang SD, SMP, SMA.SMK.

Pada pembelajaran kurikulum 2013 kita mengenai ada beberapa jenis penilaian yaitu penilaian sikap yang meliputi sikap spiritual dan sikap social serta penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

 


Dalam melakukan penilaian maka guru wajib untuk bisa memberikan penilaian kepada semua jenis penilaian tersebut kepada setiap siswa. Ke empat jenis penilaian tersebut sangat menentukan keberhasilan siswa dan juga dapat menjadi sebuah dasar bagi guru untuk menaikkan siswa atau meluluskan siswa.

 

Sebagai contoh meskipun siswa telah memiliki nilai yanhg sangat begus untuk penilaian pengetahuan dan keterampilannya namun jika pada penilaian sikap ternyata siswa memiliki penilaian yang kurang bagus, maka guru dapat mengambil keputusan bahwa pada saat penaikan kelas atau kelulusan maka siswa tersebut tidak dinaikkan kelas atau tidak diluluskan karena aspek penilaian yang tidak tuntas dalam hal ini penilaian sikap yang kurang baik.

 

Begitu juga sebaliknya apabila siswa memiliki penilaian sikap yang baik namun penilaian pengetahuan dan keterampilannya masih belum tuntas maka siswa tersebut juga bisa di tinggal kelaskan karena tidak memenuhi ketuntasan nilai yang telah menjadi aturan bagi setiap sekolah khususnya pada aturan penilaian yang terdapat pada kurikulum 2013.

 

Meskipun demikian, untuk persoalan kenaikan kelas ataupun kelulusan siswa semuanya telah diserahkan keputusannya pada kebijakan yang ada di sekolah masing-masing. Intinya bahwa kita sebagai seorang guru tetap harus memberikan penilaian yang real sesuai dengan apa yang dimiliki oleh setiap siswa yang kita ajar di sekolah.

 

Sebagai seorang guru selain tugas mengajar maka tugas lainnya yaitu harus bisa menyiapkan administrasi guru yang salah satunya ialah menyiapkan lembar penilaian atau format penilaian yang nantinya akan menjadi acuan atau dasar dalam pencapaian keberhasilan siswa dalam melakukan proses pembelajaran.

 

Nah jika guru yang akan memberikan penilaian kepada siswa terhalang oleh belum adanya format penilaian maka melalui kesempatan ini kherysuryawan.id akan membagikan format penilaian yang mana format penilaian yang akan dibagikan yaitu format penilaian sikap, format penilaian pengetahuan dan format penielaian keterampilan.

 

File format penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang akan saya bagikan disini ialah format penilaian yang sudah di sesuaiakan dengan format yang ada pada kurikulum 2013 saat ini. Adapun jenis format penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan kurikulum 2013 ini tersimpan dalam bentuk exel dan mudah untuk digunakan oleh para guru.

 

Di dalam format penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang ada ini didalamnya telah memuat nama siswa, daftar nilai, predikat dan deskripsi jadi sudah di sesuaikan dengan format yang ada pada penilaian di kurikulum 2013. Intinya bahwa file contoh format penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang akan saya bagikan ini hanyalah sebagai contoh saja dan bapak ibu guru dalam menggunakannya bisa menyesuaikannya dengan keadaan yang ada di tempat bapak ibu mnegajar masing-masing.

 

Baiklah bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan file format penilaian sikap, format penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan maka silahakn mendownload filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :

 

  • Daftar Nilai Pengetahuan (DISINI)
  • Daftar Nilai Keterampilan (DISINI)
  • Jurnal Penilaian Sikap Spritual & Sosial (DISINI)
  • Daftar Nilai Sikap Spritual (DISINI)
  • Daftar Nilai Sikap Sosial (DISINI


Demikianlah informaisi ini saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi para guru yang membutuhkannya dan bisa menjadi bahan referensi bagi para guru yang akan membuat daftar nilai di sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel