Modul Ajar Matematika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Modul Ajar Matematika Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan dimanapun berada, bagaimana kabar anda saat ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Senang rasanya saat ini admin bisa kembali menulis khususnya untuk para guru yang saat ini disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka.

 


Seperti kita ketahui bahwa sekolah kini sudah menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Dalam melakukan aktivitas pembelajaran di kurikulum merdeka ini tentunya guru dan siswa akan menggunakan buku teks pelajaran yang telah di sesuaikan dengan versi kurikulum merdeka. Khusus bagi para guru juga pastinya dalam melakukan perencanaan pembelajaran maka harus membuat perangkat ajar yang sudah sesuai dengan kurikulum yang di gunakan di sekolah.

 

Nah, dalam kurikulum merdeka, ada banyak pula perangkat ajar yang harus di persiapkan oleh guru. Ada beberapa jenis perangkat ajar yang harus disiapkan oleh bapak/ibu guru dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka, salah satunya ialah membuat dan menyiapkan modul ajar sesuai dengan materi yang akan di bawakan oleh guru di kelas.

 

Modul ajar adalah Rencana Pembelajaran yang dirangcang oleh pendidik dalam hal ini guru, yang mana nantinya modul ajar digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru perlu mempunyai rencana pembelajaran untuk membantu proses pembelajran untuk mencapai (CP) Capaian Pembelajaran.

 

Modul ajar sebenarnya hampir sama dengan RPP hany saja komponen yang ada didalamnya yang sedikit membedakan antara RPP dan modul ajar. Pada modul ajar yang akan di gunakan oleh guru di kurikulum merdeka dianggap sebagai perangkat ajar yang lebih lengkap dari RPP. Bagi bapak/ibu guru yang mengajar di sekolah yang telah menggunakan kurikulum merdeka maka mau tak mau harus menyiapkan perangkat ajar berupa modul ajar kurikulum merdeka.

 

Berbicara mengenai modul ajar, maka pada kesempatan ini admin akan mencoba untuk berbagi file modul ajar untuk mata pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Kurikulum merdeka. Pada postingan ini admin kherysuryawan hanya akan memberikan file modul ajar matematika untuk kelas 10 SMA/SMK Semester 2 yang mana modul ajar ini akan membantu para guru dalam melakukan aktivitas mengajar di pembelajarn Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa dalam membuat modul ajar, guru dapat dengan bebas membuat sendiri modul ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai dalam pembelajaran. Tidak ada format baku yang menjadi patokan bagi guru dalam membuat dan menyajikan modul ajar. Guru dapat pula menggunakan model atau format modul ajar yang telah banyak di siapkan pada platform merdeka mengajar. Selain itu guru pun dapat dengan bebas melakukan pengembangan atau perubahan modul ajar sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing.

 

Sebagai informasi bahwa website kherysuryawan.id selalu berusaha untuk bisa berbagi file pendidikan yang sekiranya bisa bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan. melalui website ini admin kherysuryawan pun selalu berusaha untuk bisa berbagi file pendidikan secara gratis dengan harapan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Melalui artikel ini pula admin kherysuryawan akan kembali berbagi file perangkat ajar yang dalam hal ini modul ajar secara gratis.

 

Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam membuat dan menyajikan modul ajar maka disini admin akan mencoba berbagi file modul ajar untuk mata pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Semester 2 kurikulum merdeka. File modul ajar matematika kelas 10 Semester 2 ini kiranya bisa membantu para guru dalam memudahkan penyiapan perangkat ajar di sekolah masing-masing.

 

File modul ajar matematika kelas 10 SMA/SMK Semester 2 kurikulum merdeka yang akan admin berikan disini telah di simpan dalam format word sehingga dapat dengan mudah di gunakan sebagai referensi bagi para guru dalam membuat dan mengembangkan modul ajar. Selain itu seluruh file modul ajar matematika kelas 10 SMA/SMK Semester 2 kurikulum merdeka ini telah di sesuaikan dengan materi matematika yang akan dipelajari di kelas 10 SMA/SMK pada pembelajaran di Semester 2.

 

Adapun susunan materi pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK yang akan di pelajari di kelas 10 Semester 2 kurikulum merdeka yaitu sebagai berikut :

 

BAB 5. SISTEM PERSAMAAN DAN PERIDAKSAMAAN LINEAR

A. Sistem Persamaan Linear

B. Sistem Peridaksamaan Linear


BAB 6. FUNGSI KUADRAT

A. Karakterisik Fungsi Kuadrat

B. Mengonstruksi Fungsi Kuadrat

C. Menyelesaikan Masalah dengan Fungsi Kuadrat


BAB 7. STATISTIKA

A. Histogram

B. Frekuensi Relaif

C. Ukuran Pemusatan

1. Modus dan Median

2. Mean (Rerata atau Rata-rata)

3. Penggunaan Ukuran Pemusatan

a. Mean/Rata-rata Data Kelompok

b. Median dan Kelas Modus Data Kelompok

D. Ukuran Penempatan (Measure of Locaion)

1. Kuartil Data Tunggal

2. Kuartil Data Kelompok

3. Persentil Data Kelompok

E. Ukuran Penyebaran

1. Jangkauan Inter Kuartil

2. Varian dan Simpangan Baku Data Tunggal

3. Varian dan Simpangan Baku Data Kelompok


BAB 8. PELUANG

A. Distribusi Peluang

B. Aturan Penjumlahan

1. Dua Kejadian A dan B Saling Lepas.

2. Dua Kejadian A dan B Tidak Saling Lepas

 

Sesuai dengan materi pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Semester 2 kurikulum merdeka yang telah di jabarkan diatas, maka disini admin telah menyiapkan modul ajarnya secara lengkap sesuai dengan susunan materi diatas.

 

Di dalam modul ajar matematika kelas 10 SMA Semester 2 kurikulum merdeka ini telah dilengkapi dengan beberapa lampiran diantaranya yaitu :

·         Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

·         Bahan Bacaan Guru dan Siswa (Bahan Ajar)

·         Dan lampiran lainnya

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki file Modul Ajar Matematika Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka secara lengkap, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 10 SMA/SMK SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

BAB 5. SISTEM PERSAMAAN DAN PERIDAKSAMAAN LINEAR

  • Modul Ajar Sistem Persamaan Linear (DISINI)
  • Modul Ajar Sistem Peridaksamaan Linear (DISINI)


BAB 6. FUNGSI KUADRAT

  • Modul Ajar Karakterisik Fungsi Kuadrat (DISINI)
  • Modul Ajar Mengonstruksi Fungsi Kuadrat (DISINI)
  • Modul Ajar Menyelesaikan Masalah dengan Fungsi Kuadrat (DISINI)


BAB 7. STATISTIKA

  • Modul Ajar Histogram (DISINI)
  • Modul Ajar Frekuensi Relaif (DISINI)
  • Modul Ajar Ukuran Pemusatan (DISINI)
  • Modul Ajar Ukuran Penempatan (Measure of Locaion) - (DISINI)
  • Modul Ajar Ukuran Penyebaran (DISINI)


BAB 8. PELUANG

  • Modul Ajar Distribusi Peluang (DISINI)
  • Modul Ajar Aturan Penjumlahan (DISINI

 

Demikianlah informasi mengenai perangkat ajar berupa modul ajar untuk mata pelajaran Matematika Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka yang dapat admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini. Semoga file modul ajar tersebut dapat menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang saat ini mengajar mata pelajaran matematika di jenjang SMA/SMK khususnya pada kelas 10 kurikulum merdeka.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel