[ LENGKAP ] Susunan Upacara Pembukaan MPLS Terbaru SD,SMP,SMA/SMK

Kherysuryawan.id - Download Susunan Upacara MPLS Tahun Pelajaran 2022/2023.
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.id blog yang selalu memberikan informasi terupdate.
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai hal penting yang harus dilakukan ketika akan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan masa-masa penerimaan peserta didik baru.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pada tahun ajaran baru sekolah Negeri maupun Swasta akan membuka penerimaan peserta didik baru bagi siswa yang akan melanjutkan Pendidikan disekolah tersebut. 
Penerimaan peserta didik baru berlangsung pada satuan pendidikan mulai dari jenjang Taman kanak kanak atau TK, sekolah dasar atau SMP, sekolah menengah pertama atau SMP, sekolah menengah atas atau SMA dan sekolah menengah kejuruan atau SMK.

Penerimaan peserta didik baru pada jenjang SD ,SMP dan SMA/SMK dimana siswa yang lulus pada Pendidikan dasar akan melanjutkan Pendidikan pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sedangkan siswa yang lulus sekolah menengah pertama akan melanjutkan Pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas atau kejuruan ( SMA/SMK ) .

Proses selanjutnya setelah pelaksanaan penerimaan peserta didik baru bagi siswa yang baru diterima pada jenjang SD ,SMP,maupun SMA atau SMK adalah melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah atau sering di sebut dengan kegiatan MPLS .

MPLS merupakan singkatan dari masa pengenalan lingkungan sekolah, yang mana kegiatan MPLS di tujukan bagi siswa yang baru diterima disekolah baru yang di masukinya. Kegiatan MPLS merupakan suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap sekolah yang melakukan proses penerimaan peserta didik baru.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, setelah selesainya kegiatan penerimaan siswa baru maka akan dilanjutkan dengan kegiatan masa orientasi sekolah atau yang sering di sebut dengan MOS.
Kegiatan MOS lebih identik kepada sebuah aturan yang menjadikan senior sebagai penguasa dalam kegiatan MOS tersebut, sehingga tak jarang dari kegiatan MOS tersebut ada saja masalah yang timbul dan pada umumnya terdapat kekerasan baik secara fisik maupun non fisik yang mengakibatkan adanya korban yang timbul dari kalangan peserta didik baru.

Dengan adanya kejadian tersebut pada pelaksanaan Masa orientasi sekolah (MOS) maka saat ini kegiaatn MOS sudah tidak lagi di lanjutkan dan telah di ganti dengan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Pada kegiatan MPLS peserta didik baru tidak lagi mendapatkan kekerasan dari kakak-kakak senior mereka seperti jaman dahulu yang mana jika mereka mengikuti masa orientasi maka mereka harus siap untuk di pelonco oleh kakak-kakak senior mereka, namun dengan adanya MPLS ini maka saat ini peserta didik baru lebih di tekankan kepada pemberian materi tentang lingkungan sekolah dan sekitarnya yang meliputi materi wiyata mandala, tata tertib, wawasan bela negara, pengenalan kurikulum 2013, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegiatan MPLS adalah merupakan kegiatan positif yang akan dilaksanakan disetiap sekolah untuk memberikan gambaran bagi siswa baru tentang sekolah baru mereka saat ini ,sekolah yang akan menentukan keberhasilan Pendidikan mereka pada jenjang tersebut,sekolah yang akan menjadi harapan keberhasilan mereka dimasa yang akan datang, Oleh sebab itu kegiatan MPLS sangat penting untuk diisi dengan kegiatan yang menyenangkan agar siswa baru merasa nyaman berada disekolah ,jika siswa merasa nyaman maka harapan kedepannya adalah ketika proses belajar sudah berlangsung siswa akan rajin kesekolah.

Kegiatan MPLS dilaksanakan dengan melibatkan anggota OSIS dan guru – guru yang mengajar pada sekolah tersebut yang di tunjuk sebagai panitian dalam kegiatan MPLS di sekolah tersebut.

Dalam kegiatan MPLS tentunya sebelum memulai kegiatan MPLS tersebut maka ada rangkaian yang harus pertama kali dilalui yaitu upacara pembukaan untuk memulai kegiatan MPLS.
Pembukaan MPLS adalah awal kegiatan bagi  siswa yang baru diterima di sekolah yang baru, sehingga untuk dapat mengikuti kegiatan MPLS maka peserta didik baru wajib mengikuti upacara pembukanan masa pengenalan lingkungan sekolah.

Pembukaan kegiatan MPLS pada sekolah diatur oleh masing – masing sekolah sehingga bisa saja pembukaannya berbeda dari sekolah yang satu dengan sekolah lainnya ,namun tidak akan jauh berbeda karena sama – sama melaksanakan kegiatan yang sama dan juga memiliki tujuan yang sama  yaitu untuk mengenalkan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

Kegiatan MPLS biasanya dilakukan kurang lebih selama 1 minggu, dan kegiatan ini di lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta didik baru agar dapat beradaptasi dengan baik terhadap sekolah yang baru yang akan di tempati nantinya.

Setelah kegiatan MPLS berakhir maka peserta didik baru juga harus melalui tahapan akhir yaitu melakukan penutupan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dengan melakukan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Pada kegiatan upacara baik upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah maupun upacara penutupan MPLS maka seluruh warga sekolah wajib untuk ikut dalam kegiatan tersebut mulai dari peserta didik baru, siswa lama,kepala sekolah dan guru beserta staf yang ada di sekolah tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa uraian mengenai susunan upacara pengibaran bendera yang di rangkaikan dengan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), yang mana dalam urian ini akan di berikan urutan tata pelaksanaan upacara MPLS mulai dari pertama hingga terakhir.

Sebagai guru terutama panitia yang masuk sebagai panitia kegiatan MPLS perlu mempersiapkan rangkaian upacara tersebut agar kegiatan MPLS dapat berjalan dengan lancar.
Apabila anda saat ini merupakan salah satu panitia kegiatan MPLS dan belum memiliki susunan pelaksananaan upacara pembukaan dalam kegiatan MPLS di sekolah anda, maka postingan ini kiranya dapat membantu anda dalam mempersiapkan susunan atau tata upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah di sekolah anda masing-masing.

Susunan urutan rangkaian upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang akan saya bagikan pada postingan kali ini dapat di gunakan pada sekolah SD, sekolah SMP, sekolah SMA dan sekolah SMK.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan urutan rangkaian susunan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) maka berikut ini saya berikan susunannya :


 PEMERINTAH KABUPATEN MANA SAJA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI KHERYSURYAWAN.ID
Jalan Tidur No.3 Desa Mimpi Kecamatan Hayalan
NPSN: 456789 Email : carisendiri@gmail.com
 

Susunan Upacara Pembukaan MPLS

Upacara Pengibaran bendera dan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../ 20.. segera dimulai.

1.   Masing-masing Pemimpin barisan menyiapkan barisannya;

2.   Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;

3.   Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara dipimpin oleh Pemimpin barisan yang paling kanan;

4.   Laporan masing-masing Pemimpin barisan kepada pemimpin upacara;

5.   Laporan Pengatur upacara kepada Pembina upacara;
(Upacara Pengibaran bendera Merah Putih dan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../ 20.., Senin, tanggal ... Juli tahun 20.. akan segera dimulai)

6.   Pembina upacara memasuki lapangan upacara;

7.   Penghormatan umum kepada Pembina upacara dipimpin oleh Pemimpin upacara;

8.   Laporan Pemimpin upacara;

9.   Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya;

10. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina upacara;

11. Pembacaan Teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945; 
     (oleh petugas)

12. Pembacaan teks Pancasila oleh Pembina Upacara, diikuti oleh seluruh peserta upacara;

13. Laporan Panitia Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../ 20..;

14. Sambutan kepala sekolah, sekaligus membuka secara resmi kegiatan “Pengenalan Lingkungan Sekolah” tahun pelajaran 20…/20…;
(Pasukan di istirahatkan)

15. Penyematan Tanda Peserta berupa Label Nama secara simbolis oleh kepala sekolah kepada siswa peserta Pengenalan lingkungan Sekolah;
(Siswa Yang telah di pilih maju ke depan)

16. Kepada Seluruh siswa peserta PLS lainnya agar mengenakan kalung Namanya masing-masing;
(Pasukan Di siapkan )

17. Menyanyikan lagu wajib Nasional;

18. Pembacaan Do’a oleh petugas;

19. Laporan Pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan;

20. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Pemimpin upacara;

21.  Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara;

22. Pengatur upacara lapor kepada Pembina upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan;

23. Pengumuman-pengumuman;

24. Upacara selesai, pemimpin upacara membubarkan pasukannya masing-masing.




Apabila anda membutuhkan file dari susunan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah diatas maka anda dapat mendownloadnya melalui link download yang akan saya sediakan di bawah ini, namun sebelum anda mendownloadnya, maka silahkan anda lihat terlebih dahulu tampilannya pada bagian di bawah ini :





Apabila anda menginginkan file susunan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) diatas, maka silahkan anda download pada judul di bawah ini :

  • Dokumen susunan upacara pembukaan MPLS (disini)
  • Materi MPLS Masa Biasa (DISINI)
  • Materi MPLS Masa Pandemi (DISINI)
  • SK PANITIA MPLS TERBARU (DISINI)
  • Kartu Peserta MPLS Terbaru (DISINI)

Demikianlah urutan susunan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah atau susunan upacara pembukaan MPLS yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga susunan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.
Jangan lupa untuk mengunjungi blog kherysuryawan.id apabila anda masih membutuhkan file penting lainnya seputar dunia pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel