SK Panitia MPLS Tahun Pelajaran 2023/2024

Kherysuryawan.id – Download Contoh SK MPLS Terbaru Tahun 2023/2024 untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat Pendidikan, salah satu kegiatan rutinitas yang wajib dan harus dilakukan oleh setiap satuan satuan Pendidikan ketika melakukan kegiatan penerimaan peserta didik baru ialah memberikan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan penenalan kepada siswa baru seputar keadaan dan aturan yang ada di sekolah tersebut.

 


Setiap sekolah dalam memasuki tahun ajaran baru memang akan disibukkan dengan kegiatan pelaksanaan PPDB dan MPLS. Untuk memilih siapa-siapa saja yang nantinya akan menjadi panitia PPDB dan MPLS maka tentunya pihak sekolah akan mengadakan rapat pembagian tugas sekaligus memilih guru atau staf yang nantinya akan dijadikan sebagai panitia pelaksana masa orientasi pengenalan lingkungan sekolah.

 

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah. Dalam kegiatan MPLS tentunya akan banyak sekali persiapan yang harus di persiapkan oleh panitia diantaranya ialah jadwal MPLS, aturan dalam pelaksanaan MPLS, materi yang akan di berikan pada saat pelaksanaan MPLS dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Jika dulu untuk pengenalan sekolah bagi siswa baru Namanya adalah MOS (masa orientasi siswa) maka saat ini Namanya telah diganti menjadi MPLS (Masa pengenalan lingkungan sekolah ). Sebenarnya tujuan adalah sama hanya saja tata cara pelaksanaannya yang agak berbeda dalam artian bahwa di dalam pelaksanaan MPLS sudah tidak di perbolehkan lagi ada yang Namanya kegiatan perpeloncoan melainkan lebih kepada pemberian materi yang sifatnya mengedukasi.

 

Sahabat Pendidikan, sepeti kita ketahui Bersama bahwa dalam penentuan dan pemilihan panitia MPLS maka nantinya sekolah akan membuat sebuah SK panitia MPLS dengan tujuan untuk memastikan dan mengarsipkan data kepanitian sekolah dan juga untuk mengetahui apa-apa saya yang menjadi tugas yang harus di kerjakan oleh setiap anggota MPLS.

 

Di dalam kepanitian MPLS tentunya ada yang namanya penanggung jawab, ketua, sekertaris, bendahara, anggota, pengisi materi dan lainnya yang terlibat dalam kegiatan MPLS. Nah dengan dibuatkannya SK panitia MPLS maka nantinya setiap panitia dapat melihat tugasnya masing-masing sesuai dengan tanggung jawab yang harus di laksanakan selama menjadi panitia MPLS.

 

Saat ini dimasa pandemic seperti sekarang ini sekolah bisa memilih pelaksanaan MPLS baik dalam bentuk daring maupun luring. Intinya bahwa setiap peserta didik baru tetap harus di berikan materi dan penenalan lingkungan sekolah agar nantinya ketika akan masuk sekolah maka setiap siswa baru sudah dapat beradaptasi dengan mudah dan bisa mengetahui keadaan sekolah sesuai dengan informasi yang di peroleh ketika dalam masa MPLS,

 

Jika anda adalah seorang panitia MPLS yang juga ditugaskan sebagai pembuat SK panitia MPLS di sekolah anda namun anda belum mengetahui bagaimana cara membuatnya karena anda tidak memiliki format SK MPLS maka melalui postingan ini saya akan membagikan contoh SK panitia MPLS terbaru yang dapat anda gunakan untuk membuat SK MPLS di sekolah anda masing-masing.

 

Tentunya format SK MPLS yang akan saya bagikan ini bisa anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan di sekolah anda masing-masing. Selain itu format SK MPLS untuk sekolah ini tersimpan dalam format word sehingga mudah untuk anda edit dan perbaharui sesuai kebutuhan anda masing-masing. Intinya adalah anda harus bisa menyesuaiakannya dengan kegiatan MPLS yang anda lakukan di sekolah masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mendapatkan file contoh SK MPLS terbaru untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA/SMK maka silahkan anda download filenya di bawah ini :



BACA JUGA :

  • Kartu Peserta MPLS Terbaru (DISINI)
  • SK Pemateri MPLS Terbaru (DISINI
  • Daftar Hadir Panitia/Pemateri MPLS Terbaru (DISINI)
  • Format Contoh Tata Tertib MPLS Terbaru (DISINI)
  • Contoh Format Jadwal MPLS Terbaru (DISINI)
  • Program Kerja MPLS Terbaru (DISINI)
  • Formulir Peserta MPLS Terbaru (DISINI)
  • Contoh Piagam/Sertifikat MPLS (DISINI)


Demikianlah file SK MPLS terbaru yang dapat saya bagikan untuk digunakan sebagai contoh dalam pembuatan SK MPLS di sekolah anda masing-masing. Semoga file SK MPLS tersebut bisa membantu para panitia pelaksana PMLS yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel