Materi MPLS Masa Pandemi Tahun 2023/2024

Kherysuryawan.id – Download Kumpulan Materi MPLS Masa Pandemi Covid-19 untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2023/2024.

Sahabat Pendidikan, memasuki tahun ajaran baru maka sekolah tidak lepas dari yang namanya PPDB atau penerimaan peserta didik baru dan setelah melakukan PPDB maka dilanjutkan dengan pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

 


Dimasa pandemic seperti sekarang ini, banyak sekolah yang melakukan penerimaan peserta didik baru dengan cara online namun tak sedikit juga yang masih menggunakan system offlinre atau dengan langsung datang kesekolah untuk mendaftar. Meskipun sekolah melakukan PPDB dimasa pandemic, namun setiap siswa baru tetap harus mendapatkan informasi tentang penenalan sekolah sehingga saat awal masuk sekolah maka siswa baru bisa beradaptasi dengan sekolah barunya.

 

Dalam menyambut kehadiran para siswa-siswi baru disekolah, diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap lingkungan baru. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sesuai dengan Program yang telah di atur oleh panitia penerimaan peserta didik baru.

 

Di dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) baik di sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK maka tentunya pasti akan ada materi yang di berikan. Jika pelaksanaan MPLS dilakukan dimasa pendemi dalam artian dilakukan secara online maka sekolah dapat membuat kreatifitas sendiri dengan membuat materi dalam bentuk power point atau video dan kemudian di bagikan kepada para peserta didik baru(PPDB) untuk di jadikan sebagai bahan pembelajaran MPLS dimasa pendemi.

 

Seperti kita ketahui bahwa dalam kegiatan MPLS dimasa pendemi ini maka sekolah boleh memilih proses pelaksanaan MPLS apakah akan dilakukan secara daring atau secara luring dengan langsung di sekolah. Intinya bahwa kegiatan MPLS tetap harus dilaksanakan oleh masing-masing sekolah sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru.

 

Sebagai panitia PPDB maka sebelum melaksanakan kegiatan MPLS maka sudah harus menyiapkan materi MPLS yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi para siswa baru. Apabila panitia belum memiliki bahan materi MPLS maka melalui postingan ini nantinya anda bisa mendapatkan beberapa file materi MPLS yang akan saya bagikan secara gratis.

 

Sebelum saya membagikan file materi MPLS masa pendemi yang bisa digunakan baik untuk satuan Pendidikan jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA maupun jenjang SMK maka terlebih dahulu saya informasikan bahwa materi yang bisa anda miliki dan yang akan saya bagikan melalui postingan ini diantaranya adalah sebagai berikut :

-       Menjaga hidup bersih dan sehat pasca pendemi covid-19

-       Sadar hukum

-       Pentingnya mematuhi protokol kesehatan dimasa pendemi covid-19

-       Pendidikan anti korupsi

-       Narkoba dan dampaknya bagi kesehatan

-       Tata krama dan budi pekerti

-       Tata krama siswa

-       Tata tertib siswa

-       Pembinaan mental agama di sekolah

-       Pengenalan kurikulum 2013

-       Pendidikan karakter

-       Belajar efektif

-       Kewirausahaan

-       Kesadaran berbangsa dan bernegara

-       kepramukaan

-       arti dan makna wawasan wiyata mandala

 

nah itulah materi-materi yang bisa anda dapatkan melalui postingan ini untuk melakukan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dimasa pendemi. Jika di sekolah anda ingin menambahkan jenis materi lainnya yang mungkin sesuai dengan kebutuhan di sekolah anda masing-masing maka anda bisa menambahkannya dengan materi yang sesuai.

 

Intinya bahwa saya membagikan kumpulan materi MPLS masa pendemi ini kepada siapapun yang membutuhkannya dan yang terlibat dalam pelaksanaan MPLS di sekolah agar bisa menjadikan file materi yang telah saya bagikan tersebut sebagai bahan referensi dalam melakukan kegiatan dimasa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru.

 

Materi MPLS masa pendemi yang akan saya bagikan ini dapat digunakan oleh satuan Pendidikan sesuai kebutuhannya dan juga bisa digunakan oleh sekolah SD hingga SMA dengan melihat materi mana saya yang lebih tepat untuk diberikan kepada peserta didik barunya dalam pelaksanaan MPLS di sekolah masing-masing.

 

Selain itu materi MPLS masa pandemi yang akan saya bagikan ini filenya tersimpan dalam format word dan juga sebagian ada yang dalam format PDF, jadi anda bisa menggunakannya dengan mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki file materi MPLS masa pandemi untuk kegiatan MPLS di sekolah anda maka silahkan download filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :

  1. Menjaga hidup bersih dan sehat pasca pandemi covid-19 (DISINI
  2. Sadar hukum (DISINI)
  3. Pentingnya mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19 (DISINI)
  4. Pendidikan anti korupsi (DISINI)
  5. Narkoba dan dampaknya bagi kesehatan (DISINI)
  6. Tata krama dan budi pekerti (DISINI)
  7. Tata krama siswa (DISINI)
  8. Tata tertib siswa (DISINI)
  9. Pembinaan mental agama di sekolah (DISINI)
  10. Pengenalan kurikulum 2013 (DISINI)
  11. Pendidikan karakter (DISINI)
  12. Belajar efektif (DISINI)
  13. Kesadaran berbangsa dan bernegara (DISINI)
  14. Kepramukaan (DISINI)
  15. Kewirausahaan (DISINI)
  16. Arti dan makna wawasan wiyata mandala (DISINI)

 

BACA JUGA :

  • SK PANITIA MPLS TERBARU (DISINI)
  • Contoh Piagam/Sertifikat MPLS (DISINI)
  • Kartu Peserta MPLS Terbaru (DISINI)
  • SK Pemateri MPLS Terbaru (DISINI
  • Daftar Hadir Panitia/Pemateri MPLS Terbaru (DISINI)
  • Format Contoh Tata Tertib MPLS Terbaru (DISINI)
  • Contoh Format Jadwal MPLS Terbaru (DISINI)
  • Program Kerja MPLS Terbaru (DISINI)
  • Formulir Peserta MPLS Terbaru (DISINI)

Demikianlah informasi mengenai materi MPLS masa pandemic yang bisa saya bagikan pada artikel ini, sekiranya bisa membantu para panitia pelaksana PPDB dan MPLS di sekolah sehingga bisa memudahkan aktivitas MPLS si sekolah masing-masing. Jika materi ini akan di berikan secara daring maka panitia dapat membuatkannya dalam bentuk video atau website sehingga bisa di pelajari dan bisa menjadi pengetahuan dasar yang bermanfaat bagi para peserta didik baru.

 

Sekian dan semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel