Buku Siswa dan Guru PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download buku siswa PAI kelas 1 SD kurikulum merdeka, Download buku guru PAI kelas 1 SD kurikulum merdeka.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang selalu membagikan informasi terupdate. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kurikulum merdeka atau yang juga di sebut sebagai kurikulum prototipe.

 


Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang mulai banyak di terapkan oleh sekolah-sekolah di tahun ini. Setiap satuan pendidikan dapat menerapkan kurikulum merdeka untuk di gunakan di sekolah masing-masing secara mandiri dengan catatan sekolah sudah memiliki kesiapan untuk menerapkan kurikulum merdeka.

 

Apabila sekolah akan menerapkan kurikulum merdeka maka pastinya dalam proses pembelajaran di sekolah nantinya buku teks pelajaran yang akan di gunakan juga merupakan buku teks yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Saat ini kementerian pendidikan juga telah menyiapkan buku teks pelajaran bagi sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka.

 

Pada jenjang sekolah dasar (SD) salah satu mata pelajaran wajib yang nantinya akan di pelajari di pembelajaran kurikulum merdeka ialah pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti. Siswa dapat belajar mata pelajaran pendidikan agama sesuai dengan agama yang di anut masing-masing.

 

Berbicara mengenai buku teks pelajaran yang akan di gunakan di sekolah khususnya pada kurikulum merdeka maka nantinya sekolah harus bisa menyiapkan buku guru dan juga buku siswa.  Buku guru merupakan buku panduan atau pegangan bagi guru yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi guru sebelum melakukan proses mengajar di kelas sedangkan buku siswa adalah buku yang nantinya akan di gunakan oleh siswa sebagai sarana pembelajaran selama belajar di sekolah.

 

Apabila di sekolah anda saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka atau merupakan sekolah penggerak namun belum memiliki buku teks pelajaran baik buku siswa maupun buku guru maka melalui postingan ini saya akan membagikan file buku siswa dan buku guru untuk mata pelajaran pendidikan agama islam kelas 1 SD kurikulum merdeka.

 

Pada kesempatan ini saya akan membantu bapak dan ibu guru serta siswa untuk bisa memiliki buku teks pelajaran pendidikan agama khususnya untuk agama islam dan budi pekerti. Buku guru dan buku ssiswa pendidikan agaam islam dan budi pekerti ini merupakan buku teks pelajaran yang nantinya akan digunakan bagi sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka.

 

Sebagaimana pada buku teks pelajaran tersebut di jelaskan bahwa Buku tersebut disusun sebagai upaya untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi insan yang religius dan berbudi pekerti sebagaimana diamanatkan pada Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,bahwa tujuan pendidikan adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini disusun sesuai dengan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020–2035 bahwa peningkatan kualitas pendidikan nasional dilakukan dengan memperbaiki kurikulum nasional, pedagogi, dan penilaian. Materi yang diajarkan dalam buku ini sejalan dengan upaya untuk pengembangan peserta didik, yaitu nilai-nilai dan ajaran Islam yang sangat mulia dan luhur

untuk dijadikan suatu habbit dalam penanaman sikap, memperluas wawasan dan pengetahuan, serta mengembangkan keterampilan peserta didik agar menjadi muslim yang kaaffah.

 

Buku ini juga menghadirkan nilai-nilai moderasi beragama yang perlu diserap oleh peserta didik. Penguatan moderasi beragama di Indonesia saat ini penting dilakukan karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan bermacam suku, bahasa, budaya dan agama. Indonesia merupakan negara yang memandang penting nilai-nilai agama, walaupun bukan merupakan suatu negara yang berdasarkan pada agama tertentu.

 

Materi yang nantinya akan di pelajari pada buku teks PAI kelas 1 SD kurikulum merdeka yakni terdiri atas materi semester 1 yang berjumlah 5 BAB dan materi semester 2 yang berjumlah 5 BAB, sehingga total BAB yang ada pada buku ini yaitu 10 BAB.

Berikut ini materi yang nantinya akan di pelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas 1 SD untuk semester 1 dan semester 2.

 

MATERI SEMESTER 1

Bab 1. Aku Cinta Al-Qur’an

Bab 2. Mengenal Rukun Iman

Bab 3. Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Bab 4. Mengenal Rukun Islam

Bab 5. Nabi dan Rasul Panutanku



MATERI SEMESTER 2

Bab 6. Al Qur’an Pedoman Hidupku

Bab 7. Kasih Sayang terhadap Sesama

Bab 8. Aku Suka Berterima Kasih dan Disiplin .

Bab 9. Membiasakan Hidup Bersih

Bab 10. Nabi Adam a.s. Manusia Pertama

 

Bagi anda yang ingin memiliki file buku siswa kurikulum merdeka mata pelajaran pendidikan agama islam kelas 1 SD dan buku guru kurikulum merdeka mata pelajaran pendidikan agama islam kelas 1 SD maka silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Siswa PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI
  • Buku Guru PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan dan juga bagikan tentang buku teks pelajaran kurikulum merdeka berupa buku guru dan buku siswa untuk mata pelajaran PAI kelas 1 SD, semoga apa yang telah saya bagikan diatas bisa membantu guru dan siswa yang menginginkan untuk bisa memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel