Materi PJOK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Semester 1&2

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum merdeka semester 1 dan semester 2.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda ? senang rasanya pada kesempatan kali ini admin bisa kembali membuat artikel yang mana artikel kali ini yaitu tentang materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK).

 


Kita ketahui berama bahwa mata pelajaran penjaskes merupakan mata pelajaran yang nantinya akan menjadi mapel wajib pada kurikulum merdeka. Pada mata pelajaran ini selain akan belajar materi juga akan secara langsung mengajarkan tentang jenis-jenis olahraga yang akan di lakukan atau di praktekkan sesuai dengan materi yang ada pada buku teks pelajaran PJOK kurikulum merdeka.

 

Untuk mempelajari mata pelajaran PJOK khususnya pada kurikulum merdeka, kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam hal ini pusat perbukuan telah menerbitkan buku teks pelajaran PJOK kurikulum merdeka untuk kelas 10 SMA/SMK yakni berupa buku siswa dan buku guru.

 

Jika di sekolah anda saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka namun anda belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka maka tenang saja sebab melalui tulisan ini admin akan menampilkan jenis-jenis materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Berikut ini sedikit ulasan tentan pelajaran PJOK yang nantinya akan di pelajari pada jenjang SMA/SMK.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas isik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal isik, mental, serta emosional. Hal ini dapat terjadi karena idealnya pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, mahluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas isik dan mentalnya.

 

Pada kenyataannya, PJOK adalah suatu bidang kajian yang sungguh luas. Titik perhatiannya bukan saja pada peningkatan gerak manusia. Lebih khusus lagi, PJOK berkaitan dengan hubungan antara gerak manusia dan wilayah pendidikan lainnya: hubungan dari perkembangan tubuh-isik dengan pikiran dan jiwanya. Fokusnya yang mengarah pada pengaruh perkembangan isik terhadap wilayah pertumbuhan dan perkembangan aspek lain dari manusia itulah yang menjadikannya unik. Tidak ada bidang tunggal lain seperti PJOK yang berkepentingan dengan perkembangan total manusia.

 

Mata pelajaran memang sangat penting untuk di pelajari oleh setiap peserta didik sebab selain untuk melatih fisik juga dapat mengetahui tentang manfaat dan pentingnya dalam melakukan olah gerak sebagai bentuk menjaga kebugaran dan keshatan tubuh.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin akan memberikan susunan materi pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka untuk semester 1 dan juga semester 2. Materi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini merupakan materi yang berumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Adapun materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK yaitu terdiri atas 8 unit yang meliputi pelajaran di semester 1 hingga pelajaran si semester 2. Dengan mengetahui susunan materi pada mata pelajaran PJOK maka akan memudahkan bagi guru maupun siswa dalam memahami materi yang nantinya akan di pelajari di kelas 10 SMA/SMK.

 

Berikut ini susunan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga semester 2.

 

MATERI PELAJARAN PJOK KELAS 10 SMA/SMK KURIKULUM MERDEKA SEMESTER 1

Unit 1: Permainan Bola Basket

👉  RANGKUMAN PJOK UNIT 1 LENGKAP (DISINI)

Unit 2: Permainan Sepak Bola

👉  RANGKUMAN PJOK UNIT 2 LENGKAP (DISINI)

Unit 3: Permainan Bola Tangan

👉  RANGKUMAN PJOK UNIT 3 LENGKAP (DISINI)

Unit 4: Permainan Bola Voli

👉  RANGKUMAN PJOK UNIT 4 LENGKAP (DISINI)

 


MATERI PELAJARAN PJOK KELAS 10 SMA/SMK KURIKULUM MERDEKA SEMESTER 2

Unit 5: Permainan Bulutangkis

Unit 6: Atletik

Unit 7: Aktivitas Senam

Unit 8: Gerak Berirama

 

Untuk memiliki Buku Guru dan Buku Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum merdeka, maka di bawah ini telah disiapkan :


Itulah susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK di kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2. Semoga dengan penyampaian susunan materi diatas maka dapat membantu guru dan siswa yang membutuhkannya khususnya dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka.

 

Bagi para guru dan siswa yang juga ingin mendapatkan buku teks pelajaran PJOK untuk kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka yakni berupa buku guru dan buku siswa kurikulum merdeka maka pada website ini pun admin telah membagikannya. Silahkan bagi yang membutuhkannya untuk bisa memiliki file buku teks pelajaran tersebut.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel