Materi Seni Rupa Kelas 2 SD Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Di kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan berbagi info tentang pembelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

 


Ada beberapa jenis mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari dijenjang SD dan salah satunya ialah mata pelajaran Seni Rupa yang merupakan cabang dari pelajaran Seni Budaya. Tahukan anda bahwa mata pelajaran Seni Rupa nantinya akan di pelajari di kelas 2 SD pada pembelajaran kurikulum merdeka. Nah, anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka harus bersiap untuk bisa mengetahui tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 

Sahabat kherysuryawan, di postingan ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran yang akan di pelajari di mata pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang akan admin bagikan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang belum memiliki buku teks pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD Kurikulum Merdeka maka anda pun bisa mendapatkan filenya di postingan ini.

 

Pembelajaran seni rupa Indonesia tidak ditujukan untuk mencetak seniman profesional, melainkan mengajak siswa dan guru untuk berpikir seperti seorang seniman; memiliki kemampuan kreatif; mampu menghasilkan dan mengembangkan gagasan dan tindakan orisinal, mampu mengajukan pertanyaan yang bermakna, playful dan yang terutama adalah melihat dan mencintai keindahan. Seni merupakan sarana untuk mengoptimalkan potensi kemanusiaan seseorang.

 

Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat. Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat. Dengan demikian, siswa Indonesia diharapkan mampu menghidupkan dan menyelaraskan ranah estetika, logika dan etika dalam sebuah kesatuan yang optimal sesuai potensi kemanusiaannya sebagaimana termaksud dalam Profil Pelajar Pancasila.

 

Pembelajaran seni rupa bertujuan menjadi wahana yang menyenangkan bagi siswa untuk mengalami bagaimana kreativitas dapat membantu meningkatkan kualitas hidupnya. Melalui pengalaman belajar yang menyenangkan, relevan, dan dekat secara emosional dengan kehidupan siswa sehari-hari. Pendidikan Seni Rupa bertujuan menghasilkan siswa yang antusias untuk terus belajar (life long learner), kreatif, mampu berani mengekspresikan diri, gigih berusaha, reflektif, bernalar kritis, berkontribusi aktif bagi lingkungannya dan selalu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang materi yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mengetahuinya melalui artikel ini sebab disini admin kherysuryawan akan menyampaikan secara lengkap daftar susunan materi pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD kurikulum merdeka untuk semester 1 dan juga untuk semester 2.

 

Materi pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari terdiri atas 8 Bab, yang mana pada Bab 1 hingga Bab 4 akan dipelajari disemester 1 sedangkan mulai Bab 5 hingga Bab 8 akan dipelajari disemester 2.

 

Baiklah berikut ini daftar susunan Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan susunan Materi Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka :

 

MATERI PELAJARAN SENI RUPA KELAS 2 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 Bab 1. Melihat dan Menggunakan Warna

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP (DISINI)


 Bab 2. Eksplorasi Alat, Media dan Bahan

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP (DISINI)


 Bab 3. Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar

👉 RANGKUMAN MATERI BAB 3 LENGKAP (DISINI)


 Bab 4. Menggambar Pemandangan dan Potret

 👉 RANGKUMAN MATERI BAB 4 LENGKAP (DISINI)

 

MATERI PELAJARAN SENI RUPA KELAS 2 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

 Bab 5. Menggambar Pola

 Bab 6. Menggunting dan Menempel Kolase

 Bab 7. Kolase yang Bercerita

 Bab 8. Melipat dan Membentuk Kertas

 Bab 9. Eksplorasi Bentuk 3 Dimensi

 Bab 10. Review dan Berkarya

 

Bagi anda yang juga ingin memiliki buku teks pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan anda miliki file bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikian informasi mengenai materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini bisa membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel