Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 2 “Eksplorasi Alat, Media dan Bahan” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa ?

Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.

 

Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 2 tentang Eksplorasi Alat, Media dan Bahan yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan materi seni rupa kelas 2 SD Bab 2 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari materi seni rupa Bab 2 Eksplorasi Alat, Media dan Bahan  maka baiklah berikut ini sajian ringkasan materinya :

 

Bab 2 Eksplorasi Alat, Media dan Bahan

Siswa mengeksplorasi penggunaan penggaris dan pewarna kering atau basah yang dipilihnya untuk membuat komposisi garis vertikal dan horizontal dengan warna primer.


 

Berikut ini kegiatan Eksplorasi oleh Guru :

Guru akan menempelkan kertas di papan tulis atau di sebuah meja. Gambarkan beberapa garis vertikal dan horizontal di kertas tersebut. Pertemuan garis-garis vertikal dan horizontal tersebut akan membentuk kotak-kotak. Guru kemudian secara acak mewarnai kotak-kotak yang ada dengan warna merah, kuning dan biru (guru dapat menggunakan krayon atau pensil warna).

 

Ingatkan siswa mengenai kegiatan mengenali warna yang telah dilakukan pekan sebelumnya. Guru akan menanyakan mengenai warna-warna yang diingat atau dikenali siswa.

 

Guru akan bercerita bahwa semua warna di dunia sebenarnya berasal hanya dari tiga warna yaitu merah, kuning dan biru seperti yang terdapat di kertas milik guru. Ketiga warna induk atau warna dasar tersebut memiliki nama yaitu warna Primer.

 

Guru dapat mengajukan pertanyaan pemantik, “Siapa yang tahu bagaimana cara membuat warna oranye/ hijau/ ungu?” atau “Apa yang terjadi jika kamu mencampur warna kuning dengan merah atau biru?”, kemudian menanyakan, “Bagaimana cara membuat warna merah, kuning dan biru?”. Setelah itu guru dapat menjelaskan bahwa kita tidak dapat mencampur warna untuk mendapatkan warna primer. Sebab itu mereka disebut warna dasar.

 

Berikut ini Aktivitas yang akan di lakukan oleh Guru dan Siswa :

Setelah mendengarkan cerita mengenai Warna Primer, siswa akan mulai membuat garis-garis vertikal dan horizontal di buku gambar atau kertas mereka. Guru dapat sekaligus mengenalkan siswa pada garis vertikal (tegak lurus) dan garis horizontal (mendatar).

 

Siswa dapat menggunakan penggaris atau ketersediaan benda yang memiliki garis lurus di sekitar mereka. Siswa bebas mengatur letak dan jarak antar garis yang mereka inginkan.

 

Siswa akan mewarnai kotak-kotak yang mereka gambar hanya dengan warna merah, kuning dan biru. Siswa dapat membiarkan beberapa kotak tetap putih/ tidak diwarnai

 

Ajak siswa untuk berlatih mewarnai dengan rapi mengikuti bentuk (tidak keluar dari garis yang sudah dibuat)

 

Siswa memberi nama pada pekerjaannya dan membersihkan ruang kerjanya setelah selesai.

 

Berikut ini Kegiatan alternatif dan pengayaan:

Selain menggunakan pewarna, siswa juga dapat memotong kertas origami, kardus/plastik bekas kemasan yang memiliki warna dominan merah, kuning dan biru. Siswa dapat melipat kertas terlebih dahulu dan memotongnya mengikuti garis lipatan. Siswa dapat menyusun potonganpotongan tersebut dan menempelkannya pada kertas/ kardus/papan yang tersedia.

 

Siswa yang memiliki cat dapat menggunakan cat dan kuas flat untuk mewarnai tiap kotak. Sangat disarankan untuk mewarnai kotak-kotak dengan warna yang sama terlebih dahulu agar efisien dalam pergantian warna. Pastikan siswa untuk mencuci bersih kuas setiap mereka akan mengganti warna.

 

Bacaan Siswa:

Piet Mondrian merupakan pelukis dunia yang terkenal dari Belanda. Ia membuat karya yang sangat unik atau berbeda dari yang lainnya. Lukisannya hanya terdiri dari garis lurus vertikal dan horizontal.

 

Piet Mondrian hanya menggunakan warna merah, kuning, biru, dan hitam. Mudah sekali bukan? Kamu juga pasti bisa membuat lukisan seperti Piet Mondrian

 

Bacaan Guru:

Piet Mondrian merupakan pelukis dunia yang terkenal dari Belanda. Karyanya yang terkenal kebanyakan bergaya abstrak yang memiliki ciri bentuk-bentuknya tidak langsung dapat dikenali (tidak berbentuk makhluk, benda atau pemandangan) dengan jelas. Karya abstrak menekankan pada permainan elemen rupa seperti garis, warna, dan tekstur.

 

Karya-karya Piet Mondrian yang terkenal didominasi oleh penggunaan garis vertikal dan horizontal yang diatur sedemikian rupa sehingga pertemuan keduanya membentuk kotak bujur sangkar atau persegi panjang. Garis vertikal menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan, sementara garis horizontal menggambarkan hubungan antar manusia. Piet Mondrian hanya menggunakan warna merah, kuning, biru, dan hitam untuk mewarnai kotak-kotak yang ada. Beberapa kotak dibiarkan berwarna putih.

 

Meskipun komposisi atau susunan elemen rupa dalam lukisannya hanya menggunakan garis lurus vertikal dan horizontal, Piet Mondrian tidak pernah menggunakan penggaris sama sekali. Ia juga selalu meletakkan warna di sebelah bagian kotak yang putih. Karya-karya Mondrian yang tampak sederhana namun memiliki makna mendalam ini kemudian mendunia dan memengaruhi banyak karya lainnya, mulai dari mode busana, mebel, perabot elektronik hingga otomotif.

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 2 tentang “Eksplorasi Alat, Media dan Bahan” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 2 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel