Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 3 “Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa ?

Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.

 

Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 3 tentang Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan materi seni rupa kelas 2 SD Bab 3 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari materi seni rupa Bab 3 Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar, maka baiklah berikut ini sajian ringkasan materinya :

 

Bab 3 Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar

Siswa membuat karya dengan menggunakan teknik cetak stensil dengan menggunakan cetakan yang digambar sendiri atau dari benda-benda yang terdapat di sekitarnya.



Berikut ini kegiatan Eksplorasi oleh Guru:

Ajak siswa untuk mengamati bentuk-bentuk yang ada di sekitar mereka. Ada bentuk yang geometris seperti segitiga, segi empat atau lingkaran, ada bentuk organik yaitu bentukbentuk yang ada di alam seperti awan, pohon dan bentuk manusia atau aneka hewan. Guru dapat mengajak siswa untuk menyebutkan benda di sekitar yang memiliki bentuk geometris atau bentuk organik.

 

Berikut ini Aktivitas yang akan di lakukan Guru dan Siswa:

Siswa akan membuat bentuk-bentuk yang mereka inginkan dengan menggunakan oil pastel berwarna primer. Mereka tidak perlu membuat detail bentuk karena kita akan menggunakan outline atau garis kerangka gambarnya saja.

 

Siswa akan menggunting mengikuti outline atau garis terluar bentuk yang mereka buat. Ini berarti bentuk tersebut masih menampakkan warna oil pastel yang digunakan.

 

Siswa meletakkan potongan bentuk tersebut di atas kertas pada posisi yang diinginkan.

 

Satu tangan mereka akan menahan potongan kertas agar tetap pada tempatnya, sementara mereka menggunakan ibu jari atau telunjuk tangan yang lain untuk mengusap lembut oil pastel ke arah luar bentuk untuk mendorong minyak dari oil pastel pindah ke kertas lain mengikuti bentuk potongan.

 

Sepotong bentuk dapat digunakan lebih dari sekali, namun harus ditebalkan kembali dengan oil pastel terlebih dahulu. Tidak disarankan untuk membuat bentuk yang sangat tipis.

 

Siswa memberi nama pada pekerjaannya dan membersihkan ruang kerjanya setelah selesai.

 

Kegiatan alternatif dan pengayaan

Siswa dapat menggunakan air kopi/teh/kunyit/daun pandan/kesumba untuk membuat karya cetak stensil. Siswa dapat membuat bentuk dari potongan kertas maupun menggunakan daun/biji/ranting kering di sekitar mereka. Setelah siswa mengatur letak potongan bentuk/ benda, mereka akan memerciki kertas dengan air kopi/teh/ kunyit/daun pandan atau kesumba. Setelah kering, mereka akan mengangkat potongan bentuk/benda tersebut.

 

Siswa yang memiliki akses pada cat dapat menggunakan cat dan spons atau kuas flat untuk mewarnai area di sekitar bentuk.

 

Bacaan Siswa:

Berikut ini gambar Lukisan gua di daerah Leang Timpuseng, Sulawesi Selatan

Di dalam sebuah gua di daerah Leang Timpuseng, Sulawesi Selatan, terdapat lukisan tertua di

dunia.

Lukisan itu menunjukkan jejak telapak tangan manusia.

Latar belakangnya berwarna merah oker atau coklat kekuningan dan hitam.

Ini mirip dengan teknik cetak stensil yang kalian pelajari.

Seolah seseorang menaruh telapak tangannya pada permukaan batu.

Setelah itu ia mewarnai bagian di sekitar bentuk tangan.

Tentu saja bagian yang tertutup tangan tidak akan terkena warna dan menunjukkan jejak bentuk.

Dapatkah kamu membuat jejak telapak tanganmu sendiri?

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 3 tentang “Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 3 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel