Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 4 “Menggambar Pemandangan dan Potret” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa ?

Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.

 

Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 4 tentang Menggambar Pemandangan dan Potret yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan materi seni rupa kelas 2 SD Bab 4 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari materi seni rupa Bab 4 Menggambar Pemandangan dan Potret  maka baiklah berikut ini sajian ringkasan materinya :


Bab 4 Menggambar Pemandangan dan Potret

Siswa menggambarkan pemandangan di atas kertas lanskap atau wajah dan ekspresi/ gestur orang di atas kertas potret.

 

Lembar Kerja Siswa

Buatlah sebuah bentuk wajah di kertas gambarmu. Gunakan bentuk mata, hidung dan mulut yang tersedia pada lembaran ini. Lengkapi bentuk wajah yang kamu buat. Gunakan gunting dengan berhati-hati. Gunakan lem secukupnya pada garis terluar bentuk yang kamu gunting.



Berikut ini kegiatan Eksplorasi oleh Guru :

Ajak siswa mengamati kertas atau buku gambar mereka. Ingatkan mereka pada pelajaran sebelumnya mengenai garis vertikal (tegak lurus) dan horizontal (mendatar). Tanyakan kepada siswa mengenai arah kertas/buku gambar mereka, apakah termasuk ke dalam arah vertikal atau horizontal.

 

Perkenalkan siswa pada istilah lanskap (arah kertas horizontal) yang biasa digunakan untuk menggambarkan pemandangan/suasana dan potret (arah kertas vertikal) yang biasa digunakan untuk menggambar potret atau wajah manusia.

 

Siswa dibebaskan memilih untuk menggambar/melukis pemandangan di atas kertas lanskap atau menggambar/ melukis wajah/gerak tubuh manusia di atas kertas potret atau keduanya dapat dilakukan dalam waktu yang terpisah.

 

Berikut ini Aktivitas yang akan di lakukan oleh Guru dan Siswa dipertemuan 1:

Jika hanya akan dilakukan satu kali pertemuan maka siswa memilih untuk menggambar/melukis pemandangan di atas kertas lanskap atau menggambar/melukis wajah/gerak tubuh manusia di atas kertas potret. Jika dilakukan dua kali pertemuan, maka dapat dimulai dari salah satu gambar terlebih dahulu.

 

Bagi siswa yang memilih menggambar pemandangan/ suasana, ajak mereka untuk mulai dengan mengamati suasana di sekeliling. Pemandangan tidak selalu berarti menggambarkan gunung dengan sawah dan matahari. Guru dapat memantik dengan pertanyaan, “Apa waktu yang paling menyenangkan bagimu? Ingat kembali suasananya. Di mana itu? Ada siapa saja di sana? Apa yang terjadi? Bagaimana perasaanmu? Apa warna yang terdapat di sana? Dapatkah kamu menggambarkan kembali hal yang paling menyenangkan bagimu tersebut?”

 

Ajak siswa untuk memberikan garis pijak pada gambar mereka agar gambar tidak terlihat mengambang.

 

Siswa menuliskan namanya pada pekerjaan mereka dan membersihkan ruang kerja mereka.

 

Berikut ini Aktivitas yang akan di lakukan oleh Guru dan Siswa dipertemuan 2:

Jika kegiatan dibagi dalam dua kali pertemuan, salah satunya adalah menggambar wajah. Ajak siswa untuk bekerja berpasangan dengan teman yang mereka pilih.

 

Siswa akan saling menggambarkan wajah rekan kerja mereka masing-masing. Ajak siswa untuk mengamati lebih dalam wajah rekan kerja mereka masing-masing. Guru dapat memantik mereka dengan nilai-nilai kemanusiaan, “Coba amati wajah temanmu. Bagaimana bentuknya? Apa persamaan wajah kalian? Apa perbedaannya? Lihat bagaimana Tuhan menciptakan kalian sama baiknya dan sempurnanya meskipun mungkin kalian berbeda penampilan dan warna kulit. Ayo kita saling menggambarkan diri masing-masing. Tidak harus sempurna mirip sungguhan, tapi mari kita usahakan yang terbaik.”

 

Ajak siswa untuk memberikan garis pijak di latar belakang gambar. Mereka boleh menambahkan detail lain seperti pohon, bangunan, kendaraan atau pemandangan di sana.

 

Siswa menuliskan namanya pada pekerjaan mereka dan membersihkan ruang kerja mereka.

 

Alternatif kegiatan dan pengayaan

Siswa dapat menggambar selain di kertas seperti pada kardus/kotak kemasan bekas atau bahkan di atas tanah/pasir. Tetap kenalkan mereka pada konsep arah kertas lanskap dan potret.

 

Siswa yang bekerja cepat atau memiliki akses pada kanvas dan cat, dapat melakukan kegiatan ini dalam bentuk lukisan cat akrilik di atas kanvas. Pemilihan media cat akrilik berdasarkan pertimbangan warna yang cukup solid dan mudah kering serta tidak berbau menyengat.

 

Bacaan Siswa:

Indonesia memiliki seorang pelukis yang mendunia. Namanya Raden Saleh Sjarief Bustaman atau dikenal dengan nama Raden Saleh. Beliau lahir di Semarang, Jawa Tengah, tahun 1811. Lukisan Raden Saleh bersifat realis. Artinya lukisan itu menyerupai aslinya.

 

Berikut ini gambar Potret Raden Saleh

Karya Raden Saleh umumnya mengenai pemandangan alam dan potret wajah. Lukisannya yang paling terkenal adalah Penahanan Pangeran Diponegoro. Karya lainnya yang terkenal adalah “Kantor Pos Jawa”, “Pemandangan Hindia Belanda” dan “Berburu Rusa”

 

Berikut ini gambar “Penahanan Diponegoro”


Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 4 tentang “Menggambar Pemandangan dan Potret” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 4 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel