Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 1 “Melihat dan Menggunakan Warna” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa ?

Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.

 

Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 1 tentang Melihat dan Menggunakan Warna yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan materi seni rupa kelas 2 SD bab 1 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam mempelajari materi seni rupa Bab 1 Melihat dan Menggunakan Warna  maka baiklah berikut ini sajian ringkasan materinya :

 

Bab 1 Melihat dan Menggunakan Warna

Siswa mengidentifikasi warna pada karya seni dan pada apa yang ada di sekitarnya.

Siswa mendiskusikan apa yang sudah mereka ketahui tentang warna untuk berkarya.

Mereka kemudian membuat karya uniknya menggunakan berbagai warna yang ada.

 

Lembar Kerja Siswa

Warnailah kotak-kotak berikut ini dengan warna yang berbeda-beda. Kamu dapat menggabungkan dua

atau tiga warna dalam sebuah kotak.

Warnai serapi mungkin tanpa keluar garis.



Berikut ini Persiapan Pengajaran oleh guru:

Ajak siswa mengamati contoh gambar karya seni (dapat menggunakan gambar contoh pada unit ini) atau ajak siswa untuk mengamati sekeliling sekolah dan memilih satu sudut yang menurut mereka indah. Minta siswa untuk mengamati warna yang terdapat pada karya seni atau pada pemandangan yang menurut mereka indah.

 

Ajak siswa untuk lebih dalam lagi mengamati warna-warna yang mereka lihat. Contohnya, saat mengamati daun-daun di pepohonan dan rumput taman sekolah.Apakah mereka hanya melihat warna hijau? Apakah ada perbedaan warnawarna hijau yang mereka lihat? Apakah ada warna hijau muda atau warna hijau tua di sana?

 

Pilih suatu warna; misalnya merah. Ajak siswa untuk mencari benda lain di sekitar yang juga berwarna merah. Ulangi kegiatan ini untuk warna yang lain.

 

Aktivitas yang akan dilakukan guru dan siswa :

Jelaskan kepada siswa bahwa kegiatan kali ini akan menggunakan pewarna kering berupa pensil warna/ krayon/pastel atau kapur (sebutkan jenis alat yang digunakan).

 

Siswa akan membuat sebuah gambar di buku gambar/ kertas/kertas karton/manila/kardus/piring kertas.

 

Ajak siswa untuk memejamkan mata selama semenit. Ajak mereka untuk membayangkan sebuah tempat yang indah. Pantik siswa dengan pertanyaan bimbingan, “Dunia ini begitu penuh dengan aneka warna. Semuanya memiliki warna. Sekarang mari kita bayangkan suatu tempat yang indah. Apakah tempat itu sebuah taman? Atau suatu kota? Atau sebuah ruangan? Apa yang kalian lihat di sana? Bayangkan tempat itu penuh dengan warna-warna yang indah dan menarik. Warna apa saja yang ada di sana?”

 

Ajak siswa untuk membuka mata perlahan-lahan, “Sekarang kalian sudah mendapatkan ide masing-masing. Semuanya pasti memiliki ide yang berbeda. Yuk, kalian gambarkan ide kalian, lalu warnai gambar kalian.”

 

Siswa akan membersihkan ruang kerjanya dan menuliskan nama dan kelas di bagian sudut atas/bawah kertas.

 

Bacaan siswa:

Apakah kamu dapat melihat angka-angka pada bentuk di bawah ini?


 

Bacaan Guru:

Para ilmuwan dari Australian National University menemukan bahwa pigmen warna tertua di dunia adalah merah muda Cerah (bright pink). Nur Gueneli, seorang doktor bidang kimia paleobiogeografi (persebaran geografis flora dan fauna kuno) dari Australian National University, mendapati molekul pigmen warna ini ketika tengah meneliti remahan batuan sedimen untuk riset doktoralnya.

 

Molekul ini bervariasi antara warna merah gelap hingga warna ungu gelap dalam bentuk konsentrat. Sementara diketahui warna dasarnya adalah merah muda cerah ketika dicairkan. Temuan ini menjadikan Merah Muda Cerah sebagai warna biologis tertua yang ditemukan.

 

Sebelum temuan Gueneli, merah dianggap sebagai warna tertua di dunia. Pada lukisan gua tertua yang ditemukan di daerah Leang Timpuseng, Sulawesi Selatan, ditemukan penggunaan warna merah oker (coklat kekuningan). Warna merah kekuningan ini ditemukan pula pada lukisan-lukisan gua tertua lainnya seperti di Maltravieso, Spanyol dan Lascaux, Perancis. Umumnya warna merah tersebut berasal dari serangga sejenis kepik, Cochineal. Selain dari kepik Cochineal, merah juga didapat dari pigmen tanah liat Oker yang menghasilkan pigmen warna kuning kemerahan

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 1 tentang “Melihat dan Menggunakan Warna” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 1 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang beermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel