Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel kali ini admin akan memberikan informasi tentang materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran PJOK di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan pelajaran yang berhubungan dengan cara mengenal jenis-jenis cabang olahraga serta mempelajari tentang cara menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. PJOK yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan isik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.

 

Aktivitas jasmani dan olahraga yang dilakukan di sekolah bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak peserta didik dari waktu ke waktu. Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subjek didik.

 

Berbicara mengenai Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) maka di sekolah dasar pun mata pelajaran PJOK akan di pelajari oleh peserta didik. Saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga untuk bisa mengetahui materi apa saja yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK di kurikulum merdeka maka kita harus bisa mendapatkan informasinya agar memudahkan untuk mengetahui susunan materi yang akan di pelajari disekolah.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan susunan daftar materi pelajaran PJOK pada jenjang sekoalh dasar (SD) yaitu untuk kelas 2 SD kurikulum merdeka. Seluruh materi pelajaran PJOK kelas 2 kurikulum merdeka sebenarnya telah di siapkan di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka namun saat ini masih banyak sekolah yang belum menyiapkan atau menyediakan buku teks pelajaran PJOK kurikulum merdeka, sehingga admin kherysuryawan mencoba untuk bisa berbagi informasi seputar materi pelajaran PJOK kurikulum merdeka kelas 2 SD.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang materi yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran PJOK kelas 2 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mengetahuinya melalui artikel ini sebab disini admin kherysuryawan akan menyampaikan secara lengkap daftar susunan materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka untuk semester 1 dan juga untuk semester 2.

 

Selain materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka yang ingin admin sajikan di kesempatan ini, maka admin juga akan membagikan file buku teks pelajaran PJOK kelas 2 SD Kurikulum Merdeka yang terdiri atas buku guru PJOK kelas 2 SD Kurikulum merdeka dan buku siswa PJOK Kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 

Tujuan admin membagikan materi PJOK kelas 2 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka PJOK ini ialah untuk membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka sehingga dengan mengetahui susunan materinya maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan diri dalam melakukan pembelajaran di sekolah.

 

Materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari terdiri atas 8 Unit, yang mana pada Unit 1 hingga Unit 4 akan dipelajari disemester 1 sedangkan mulai Unit 5 hingga Unit 8 akan dipelajari disemester 2.

 

Baiklah berikut ini daftar susunan Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan susunan Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka :

 

MATERI PELAJARAN PJOK KELAS 2 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor

  • Aktivitas Pengembangan Variasi Pola Gerak Dasar Lokomotor

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 1 LENGKAP (DISINI)


Unit 2 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

  • Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 2 LENGKAP (DISINI) 


Unit 3 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

  • Aktivitas Melempar, Menangkap, Menendang, Menahan, dan Menggiring Bola

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 3 LENGKAP (DISINI) 


Unit 4 : Aktivitas Gerak Dominan Senam

  • Aktivitas Gerakan Bertumpu, Bergantung, Keseimbangan, Berpindah/Lokomotor, Tolakan, Putaran, Ayunan, Melayang, dan Mendarat

👉  RANGKUMAN MATERI UNIT 4 LENGKAP (DISINI)


MATERI PELAJARAN PJOK KELAS 2 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 5 : Aktivitas Gerak Berirama

  • Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor Sesuai dengan Irama (Ketukan) Tanpa/dengan Musik dalam Aktivitas Gerak Berirama

 

Unit 6 : Aktivitas Pengenalan Air

  • Aktivitas Pengenalan Air

 

Unit 7 : Aktivitas Kebugaran untuk Kesehatan

  • Aktivitas Kebugaran Jasmani untuk kesehatan

 

Unit 8 : Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

  • Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan (Tempat Tidur, Rumah, Kelas, Lingkungan Sekolah, dan Lain-Lain)


Bagi anda yang juga ingin memiliki buku teks pelajaran PJOK kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan anda miliki file bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka. Seluruh informasi mengenai materi diatas sudah di sesuaikan dengan yang ada di dalam buku teks pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di sampaikan pada postingan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru dan siswa dalam pembelajaran di kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran PJOK di kelas 2 SD.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel