Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.

 


Seperti kita ketahui bahwa pada pembelajaran di kurikulum merdeka, mata pelajaran PJOK merupakan mata pelajaran wajib yang akan di pelajari oleh seluruh peserta didik. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. PJOK bertujuan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka, maka anda pastinya akan sangat membutuhkan informasi mengenai apa saja materi pelajaran PJOK yang nanti akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka. Apalagi jika disekolah anda ternyata belum menyiapkan buku teks pelajaran PJOK Kelas 2 SD kurikulum merdeka maka hal itu tentunya akan menghambat kelancaran proses pembelajaran.

 

Tapi tenang saja sebab meskipun misalnya disekolah anda belum memiliki buku teks PJOK kurikulum merdeka kelas 2 SD maka anda masih tetap bisa mengetahui jenis materi yang nantinya akan dipelajari sebab disini admin akan menyiapkan rangkuman materi PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka secara lengkap dan juga sekaligus admin akan memberikan file buku teks pelajaran PJOK kelas 2 kurikulum merdeka agar guru dan siswa bisa terbantu dalam proses pembelajaran khususnya pada mapel PJOK di kelas 2 kurikulum merdeka.

 

Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan menjabarkan materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Unit 1 tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang akan dipelajari disemester 1 kuriikulum merdeka.

 

Baiklah berikut ini rangkuman materi PJOK kelas 2 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN UNIT 1 "AKTIVITAS POLA GERAK DASAR LOKOMOTOR"

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mengategorikan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan meloncat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Proil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Unit 1 Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor

Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar nonlokomotor dan gerak dasar manipulatif.

 

Hakikat dari gerakan lokomotor adalah gerakan berpindah tempat. Pada gerak lokomotor, bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Contoh gerak lokomotor adalah berlari, melompat, memanjat, melangkah, mengayunkan lengan pada gerak berirama, dan berlari untuk merebut bola dalam permainan sepak bola.

 

Pembelajaran gerak dasar lokomotor dapat dilakukan dengan memanfaatkan perbedaan dalam tingkat penguasaan keterampilan. Sebagaimana diketahui, tingkat penguasaan anak terhadap keterampilan selalu dibedakan menjadi empat tingkat penguasaan, yaitu tingkat pra-pengendalian, tingkat pengendalian, tingkat pemanfaatan, dan tingkat mahir

 

Proses pembelajaran gerak dasar lokomotor di fase A SD kelas II, yaitu tahap pra-pengendalian. Aktivitas dalam tingkat pra-pengendalian sering disebut sebagai aktivitas untuk bereksplorasi. Maksudnya adalah bahwa pada tahap ini, tugas gerak yang diberikan kepada anak meliputi berbagai gerak yang sifatnya memperkenalkan gerak baru untuk dicoba, tanpa harus dikuasai dengan tingkat kemahiran tertentu.

 

Aktivitas tahap pra-pengendalian, diantaranya berpindah dalam ruang umum (general space), berpindah tempat dengan imaginasi (membayangkan gerakan yang akan dilakukan), berpindah tempat melalui jalur tali atau rintangan, dan berpindah di antara rintangan teman.

 

Aktivitas pembelajaran 1 -6 : memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan meloncat.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan meloncat antara lain sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran berjalan dan melompat sejauh-jauhnya

(2) Aktivitas pembelajaran berjalan dan meloncat setinggi-tingginya

(3) Aktivitas pembelajaran berjalan, berlari, dan melompat melewati rintangan gawang

(4) Aktivitas pembelajaran berjalan, berlari, dan meloncat melewati rintangan tali yang dibentangkan

(5) Aktivitas pembelajaran berjalan, berlari, dan melompat melewati kardus

 

Aktivitas pembelajaran 7–12: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan meloncat dalam bentuk permainan sederhana.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan meloncat dalam bentuk permainan sederhana antara lain sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran berjalan, berlari dan melompat sejauh-jauhnya dalam bentuk “Permainan Bola Warna”

2) Aktivitas pembelajaran berjalan, berlari, dan melompat setingi-tingginya dalam bentuk permainan menyusun menara

(3) Aktivitas pembelajaran berjalan, berlari, dan melompat melewati gawang


Bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PJOK kelas 2 SD Kurikulum merdeka dalam bentuk file, maka anda bisa mendapatkannya di bawah ini :

  • Buku Teks Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran PJOK kelas 2 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang nantinya akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di jabarkan pada postingan ini dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel