Soal & Jawaban Asesmen Sejarah Kelas 11 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Soal dan kunci Jawaban Asesmen Sejarah Kelas 11 SMA/SMK Bab 2 Kurikulum Merdeka halaman 84 dan 85 di buku siswa sejarah kelas 11 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi seputar soal-soal asesmen yang ada pada pembelajaran sejarah kelas 11 kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran di semester 1 Bab 2 yang berjudul “Pergerakan Kebangsaan Indonesia”

 


Seperti kita ketahui bahwa materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran sejarah kelas 11 Bab 2 “Pergerakan Kebangsaan Indonesia” terdiri atas 3 materi pokok yang diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Kebangkitan Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)

B. Munculnya Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme

C. Akhir Masa Negara Kolonial Belanda

 

Diakhir pembelajaran Bab 2 maka nantinya peserta didik harus melakukan asesmen dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar materi yang telah di pelajari pada Bab 2 tentang “Pergerakan Kebangsaan Indonesia”. Untuk memudahkan siswa dalam menjawab soal-soal yang akan disajikan pada materi di Bab 2, maka disini admin akan membantu dengan menyiapkan kunci jawabannya sebagai referensi bagi siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan dan belajar.

 

Perlu di ketahui bahwa disini admin kherysuryawan akan memberikan soal ulangan akhir pada mata pelajaran sejarah Bab 2 “Pergerakan Kebangsaan Indonesia” kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Soal yang disajikan terdiri atas 2 jenis yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Seluruh soal juga disini telah admin siapkan dan lengkapi dengan unci jawabannya.

 

Baiklah berikut ini soal dan jawaban asesmen di akhir pelajaran sejarah kelas 11 Bab 2 “Pergerakan Kebangsaan Indonesia” yang ada pada buku siswa sejarah kelas 11 halaman 84 dan halaman 85 pada pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Soal Pilihan Ganda

1. Mahatma Gandi merupakan tokoh nasionalis India yang pemikirannya banyak memengaruhi tokoh nasionalis Indonesia. Salah satu bentuk perjuangannya adalah mengajak rakyat India untuk memakai produk asli dalam negeri. Gerakan ini disebut sebagai ....

a. Satyagraha

b. Swadaya

c. Swadeshi

d. Ahimsa

e. Hartal

 

2. Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang bersifat inklusif yang berarti ....

a. Keanggotaannya terbuka untuk penduduk pribumi saja

b. Keanggotannya terbuka untuk semua kelompok di Hindia Belanda

c. Keanggotannya terbuka untuk penduduk di Jawa dan Madura

d. Keanggotannya terdiri dari kalangan menengah ke atas

e. Keanggotannya terdiri dari kalangan yang terdidik saja

 

3. Rohana Kudus merupakan salah satu tokoh pers perempuan yang memprakarsai penerbitan surat kabar ....

a. Soenting Melayoe

b. Soeara Perempuan

c. Poetri Hindia

d. Warta Hindia

e. Soeloeh Indonesia

 

4. Salah satu latar belakang terjadinya Perang Dunia II di wilayah Asia adalah ....

a. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia

b. Perlombaan senjata antar negara-negara besar

c. Perbedaan ideologi antara negara-negara Asia

d. Serangan Jepang ke Indo-Cina

e. Serangan Jepang terhadap Pearl Harbour

 

5. Salah satu alasan pihak Belanda pada awalnya menolak untuk menyerah kepada Jepang karena ....

a. Belanda merasa memiliki kekuatan militer yang lebih besar

b. Pihak Belanda merasa Jepang pasti akan kalah

c. Pihak Sekutu akan datang membantu Belanda

d. Wewenang penyerahan ada di tangan Ratu Belanda

e. Jepang tidak memiliki persenjataan yang baik

 

Soal Esai

1. Bagaimanakah pengaruh nasionalisme di Asia terhadap pergerakan nasional Indonesia?

 

2. Bagaimanakah keterkaitan antara Kongres Perempuan Pertama dengan Kongres Sumpah Pemuda?

 

3. Bagaimanakah dampak the great depression terhadap Hindia Belanda?

 

4. Bagaimanakah dampak Perang Dunia II terhadap Indonesia?

 

5. Mengapa bangsa Indonesia tidak membantu Belanda saat Jepang menyerang?

 

KUNCI JAWABAN

 

Pilihan Ganda

1. C

2. B

3. A

4. D

5. D

 

Esai

1. Peserta didik dapat mengembangkan jawaban sendiri terkait pengaruh nasionalisme Asia terhadap pergerakan nasional di Indonesia, misalnya bahwa kebangkitan nasionalisme Asia ikut membangkitkan semangat kebangsaan di Indonesia dan memberikan kepercayaan diri bahwa bangsa Asia seharusnya memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

 

2. Kongres Perempuan Pertama terjadi sekitar dua bulan setelah Kongres Pemuda II atau dikenal juga dengan Kongres Sumpah Pemuda. Beberapa penggagas Kongres Perempuan Pertama juga hadir dalam Kongres Sumpah Pemuda. Mereka terinspirasi dari kongres tersebut dan merasa bahwa para perempuan juga perlu melakukan kongres serupa untuk membahas berbagai permasalahan perempuan di masa itu dan mempersatukan organisasi-organisasi perempuan di masanya.

 

3. Dampak the great depression bagi Hindia Belanada antara lain menurunnya harga pasar karena menurunnya permintaan komoditas internasional, terdapat permasalahan dalam usaha tanaman perdagangan khususnya gula dan karet, dan krisis keuangan yang terjadi di hampir seluruh pelosok negeri karena berkurangnya penerimaan dan belanja negara.

 

4. Perang Dunia II yang berlangsung di Asia membuat Jepang meningincar Indonesia. Jepang kemudian berhasil mengalahkan Belanda dan memaksa mereka untuk menyerah di Kalijati. Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan negara kolonial Hindia Belanda.

 

5. Peserta didik dapat mengembangkan jawaban sendiri terkait dengan hal ini, misalnya bahwa sebelumnya Jepang sudah mendekati mempelajari tentang kondisi bangsa Indonesia dan mendekati para pemimpin pergerakan, adanya kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya di Jawa, dan sebagainya.

 

Demikianlah informasi mengenai soal dan jawaban asesmen pada mata pelajaran sejarah kelas 11 SMA/SMK Kelas 11 Bab 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini bisa membantu siswa dalam mengerjakan soal-soal yang ada pada Bab 2 serta bisa menjadi referensi belajar yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel