Soal & Jawaban Refleksi Kompetensi Pedagogik di PMM

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal-Soal Refleksi Kompetensi Pedagogik Pada Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan menyampaikan informasi yang cukup penting bagi kalangan guru khususnya dalam melakukan aktivitas di PMM. Seperti diketahui bahwa guru di harapkan untuk terlibat aktif di PMM dalam hal melakukan dan mengikuti pelatihan mandiri, menonton video-video inspiratif, melihat, mengambil dan mengembangkan perangkat ajar yang tersedia, melakukan berbagi praktik baik dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa di lakukan oleh guru pada aplikasi PMM.

 


Berbicara mengenai Platform Merdeka Mengajar (PMM), baru-baru ini ada satu menu baru di PMM yang perlu untuk di ketahui oleh guru yaitu menu “Refleksi Kompetensi”. Di dalam melakukan refleksi kompetensi tersebut nantinya guru harus dapat memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan apa yang terjadi pada diri setiap guru.

 

Apa itu Refleksi Kompetensi ?

Refleksi Kompetensi adalah bentuk pengenalan diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Perlu untuk di pahami bahwa Refleksi Kompetensi tidak sama dengan Uji Kompetensi Guru (UKG). Jika UKG menjadi tolok ukur kemampuan dan kompetensi dasar pendidik, maka Refleksi Kompetensi dapat menjadi alat ukur dan apakah kompetensi yang dimiliki pendidik saat ini sudah sesuai dan berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, Refleksi Kompetensi tidak akan berdampak secara langsung terhadap jenjang karier, kenaikan pangkat, ataupun nilai Rapor Pendidikan. Namun demikian, dengan mengikuti Refleksi Kompetensi, Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi Anda.

 

Lantas siapa saja yang nantinya akan melakukan Refleksi Kompetensi di PMM ?

Refleksi Kompetensi dapat diikuti oleh pendidik yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Pendidik dengan status PNS non KS di bawah naungan Kemendikbudristek (tidak termasuk CPNS, PPPK, PNS diperbantukan) serta termasuk dalam kategori golongan : 

1.       III/a - III/b = Guru Ahli Pertama

2.       III/c - III/d = Guru Ahli Muda

3.       IV/a - IV/b - IV/c = Guru Ahli Madya

4.       IV/d - IV/e = Guru Ahli Utama

 

Mengapa hanya Guru PNS non KS yang bisa mengerjakan Refleksi Kompetensi ?

Karena saat ini substansi model kompetensi yang telah dikembangkan dan tersedia sesuai regulasi hanya untuk guru. Maka dukungan teknologi pengembangan fitur pun mengikuti hal tersebut. Namun, kedepannya akan terus dikembangkan untuk dapat digunakan sasaran yang lebih luas mengikuti perkembangan substansi dan regulasi.

 

Apa saja indikator kompetensi yang akan di ukur pada refleksi kompetensi di PMM ?

kompetensi Guru terdiri dari 4 kompetensi, yaitu Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional, sehingga keempat kompetensi tersebut dijadikan model kompetensi dalam Refleksi Kompetensi. berikut pengertian dari masing-masing kompetensi:

1.     Pedagogik: Kemampuan mengelola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran;

2.     Kepribadian: Kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kemampuan kepribadian tersebut dilakukan melalui refleksi dalam menjalankan tanggung jawab sebagai guru sesuai kode etik profesi dan berorientasi pada peserta didik;

3.     Sosial: Kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dilakukan dalam pembelajaran dan pengembangan diri;

4.     Profesional: Kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kemampuan penguasaan materi tersebut untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan pengorganisasian konten pengetahuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

 

Nah, dari penjelasan diatas maka kini pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan gambaran pertanyaan yang terdapat pada refleksi kompetensi yang ada di PMM.

Pada postingan ini admin kherysuryawan akan menyajikan kumpulan soal-soal pada Refleksi Kompetensi khususnya pada salah satu kompetensi yaitu kompetensi Pedagogik.

 

Adapun jawaban dari setiap soal, maka guru dapat memilih salah satu dari beberapa option yang di tampilkan di setiap soal. Jawaban diharapkan bisa di berikan oleh guru sesuai dengan apa yang di alami atau apa yang terjadi oleh masing-masing guru selama melakukan aktivitas keseharian sebagai seorang guru. Intinya bahwa guru hanya perlu memilih salah satu jawaban yang dianggap sesuai dengan yang di alami oleh guru itu sendiri.

 

Baiklah di bawah ini disajikan kumpulan soal-soal pada Refleksi Kompetensi “Pedagogik” yang ada di PMM.


REFLEKSI KOMPETENSI PEDAGOGIK

Top of Form

Saya mencari tahu faktor penyebab perilaku peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengelompokkan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar untuk mendapatkan pendekatan khusus sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengembangkan perbaikan strategi berdasarkan evaluasi dari pengalaman baik dan buruk, untuk mengatasi tantangan mengelola perilaku peserta didik yang sulit.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya bekerja sama dengan rekan sejawat dalam mencari solusi efektif untuk membantu peserta didik yang mengalami masalah belajar.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memberikan bimbingan kepada rekan sejawat dalam rangka meningkatkan keterampilan pengelolaan perilaku peserta didik yang sulit.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya senantiasa belajar untuk meningkatkan pemahaman terkait prinsip pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi materi yang sedang dipelajari dari berbagai sumber belajar.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang strategi perbaikan pengelolaan kelas berdasarkan umpan balik dari peserta didik mengenai pengalamannya dalam mengikuti proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya bekerja sama dengan rekan sejawat untuk merancang aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menjadi tutor bagi guru yang memerlukan bimbingan dalam merancang strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya memperhatikan kondisi kelas untuk mendeteksi peserta didik yang mungkin merasa tidak nyaman selama proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpendapat, bertanya, dan berpartisipasi dalam aktivitas kelas.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang strategi yang menumbuhkan rasa aman dan nyaman, berdasarkan hasil observasi terhadap kondisi peserta didik selama proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya bersama rekan sejawat saling mengobservasi proses pembelajaran untuk berbagi pengalaman dalam menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berbagi praktik baik kepada rekan sejawat mengenai cara membangun hubungan yang positif antara guru dengan peserta didik, agar dapat menciptakan rasa aman dan nyaman dalam proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mampu menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Tidak mampuKurang mampuMampuSangat mampu

Saya menyampaikan materi pembelajaran dengan urutan yang berkesinambungan, mulai dari konsep yang mendasar hingga konsep yang kompleks sesuai dengan capaian peserta didik.

Tidak sesuaiKurang sesuaiSesuaiSangat sesuai

Saya mengidentifikasi perkembangan belajar peserta didik, agar dapat merancang perbaikan desain pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merancang desain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membimbing rekan sejawat tentang cara mengorganisasi aktivitas pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya mampu menjelaskan konsep atau teori dari pengetahuan yang dipelajari dalam kaitannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih aktivitas pembelajaran agar dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang perbaikan desain pembelajaran berdasarkan hasil capaian belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merancang metode dan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memberikan pendampingan untuk membantu rekan sejawat dalam mengembangkan desain pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bunyi dari sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa.

Tidak pernahBenarJarangSangat salah

Saya menelaah berbagai sumber belajar untuk menentukan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menggunakan lebih dari satu sumber belajar agar peserta didik memperoleh pengetahuan dari berbagai perspektif.

Tidak sesuaiKurang sesuaiSesuaiSangat sesuai

Saya mengevaluasi keberhasilan dan kekurangan dari sumber belajar yang digunakan, agar dapat merancang perbaikan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengembangkan materi pembelajaran bersama.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya membimbing rekan sejawat dalam memilih dan menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengarahkan peserta didik dengan memberikan panduan dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan interaktif agar menarik minat dan partisipasi aktif dari peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengidentifikasi keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, guna merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan minat peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam mengembangkan instruksi pembelajaran yang menumbuhkan minat dan nalar kritis peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berbagi praktik baik kepada rekan sejawat mengenai strategi dan aktivitas pembelajaran yang efektif, dalam menumbuhkan minat dan nalar kritis peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memahami cara memanfaatkan teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Saya menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, baik dalam bentuk aplikasi maupun perangkat elektronik lain.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menyesuaikan penggunaan teknologi yang lebih efektif dalam pembelajaran, berdasarkan hasil evaluasi yang telah saya lakukan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya dan rekan sejawat saling berbagi praktik baik terkait penggunaan teknologi yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya membimbing rekan sejawat dalam memaksimalkan penggunaan platform digital maupun perangkat keras sebagai sarana pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memahami cara merancang asesmen yang efektif untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, dan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Saya menyesuaikan rancangan asesmen berdasarkan karakteristik peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya melakukan evaluasi terhadap asesmen yang telah saya laksanakan, kemudian melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya saling berbagi ide dan strategi dengan rekan sejawat dalam merancang asesmen pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mendampingi rekan sejawat dalam mengembangkan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

MPR adalah singkatan dari Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Tidak pernahBenarJarangSangat salah

Saya memahami prosedur atau tahapan dalam melaksanakan asesmen untuk melihat capaian belajar peserta didik.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Saya melakukan asesmen di kelas secara rutin sesuai dengan tujuan pembelajaran, untuk memantau capaian belajar peserta didik.

Tidak sesuaiKurang sesuaiSesuaiSangat sesuai

Saya melakukan evaluasi pada setiap asesmen yang telah dilaksanakan, agar saya dapat merancang perbaikan asesmen selanjutnya secara efektif.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya dan rekan sejawat saling berbagi praktik baik dalam merancang pelaksanaan asesmen yang berpusat pada peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membantu rekan sejawat dalam mengevaluasi pelaksanaan asesmen peserta didik yang telah dilakukannya.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memahami pentingnya memberikan umpan balik kepada peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Saya menyampaikan umpan balik pembelajaran kepada peserta didik secara konstruktif dan jelas, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang perbaikan strategi umpan balik terhadap peserta didik, berdasarkan hasil evaluasi yang saya lakukan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam proses pemberian umpan balik terhadap peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memberikan saran kepada rekan sejawat mengenai rancangan pemberian umpan balik pada peserta didik yang telah dibuatnya.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memahami prinsip-prinsip dalam menyusun laporan capaian belajar peserta didik.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Pada laporan capaian belajar peserta didik, saya menyusun deskripsi yang berbeda untuk masing-masing peserta didik berdasarkan capaian belajar mereka.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang perbaikan laporan capaian belajar peserta didik berdasarkan evaluasi yang saya lakukan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya dan rekan sejawat saling berbagi prinsip penyusunan laporan capaian belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya meluangkan waktu untuk membantu rekan sejawat yang mengalami kesulitan dalam membuat laporan capaian belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memperhatikan karakteristik orang tua/wali murid dalam mengomunikasikan laporan capaian belajar.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menyesuaikan cara komunikasi saya dengan karakteristik peserta didik dan orang tua/wali pada saat menyampaikan laporan capaian belajar.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya meminta umpan balik dari rekan sejawat terkait strategi penyampaian laporan capaian belajar yang saya lakukan untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya dan rekan sejawat saling berbagi praktik baik terkait teknik komunikasi efektif dalam penyampaian laporan capaian belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membimbing rekan sejawat dalam mengevaluasi teknik komunikasi yang telah ia terapkan dalam menyampaikan laporan capaian belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

 

LIHAT JUGA SOAL REFLEKSI KOMPETENSI LAINNYA DI BAWAH INI:

👉 Kumpulan Soal Refleksi Kompetensi Kepribadian PMM (DISINI)

👉 Kumpulan Soal Refleksi Kompetensi Sosial PMM (DISINI)

👉 Kumpulan Soal Refleksi Kompetensi Profesional PMM (DISINI) 


Demikianlah informasi mengenai sajian soal-soal pada Refleksi Kompetensi “Pedagogik” yang ada di PMM.semoga bisa bermanfaat bagi para guru yang akan melakukan pengisian atau ingin mengehui penilaian yang akan di peroleh pada refleksi kompetensi di platform merdeka mengajar.

Sekian dan Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel