Soal & Jawaban Refleksi Kompetensi Profesional di PMM

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal-Soal Refleksi Kompetensi Profesional Pada Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan menyampaikan informasi yang cukup penting bagi kalangan guru khususnya dalam melakukan aktivitas di PMM. Seperti diketahui bahwa guru di harapkan untuk terlibat aktif di PMM dalam hal melakukan dan mengikuti pelatihan mandiri, menonton video-video inspiratif, melihat, mengambil dan mengembangkan perangkat ajar yang tersedia, melakukan berbagi praktik baik dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa di lakukan oleh guru pada aplikasi PMM.

 


Berbicara mengenai Platform Merdeka Mengajar (PMM), baru-baru ini ada satu menu baru di PMM yang perlu untuk di ketahui oleh guru yaitu menu “Refleksi Kompetensi”. Di dalam melakukan refleksi kompetensi tersebut nantinya guru harus dapat memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan apa yang terjadi pada diri setiap guru.

 

Apa itu Refleksi Kompetensi ?

Refleksi Kompetensi adalah bentuk pengenalan diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Perlu untuk di pahami bahwa Refleksi Kompetensi tidak sama dengan Uji Kompetensi Guru (UKG). Jika UKG menjadi tolok ukur kemampuan dan kompetensi dasar pendidik, maka Refleksi Kompetensi dapat menjadi alat ukur dan apakah kompetensi yang dimiliki pendidik saat ini sudah sesuai dan berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, Refleksi Kompetensi tidak akan berdampak secara langsung terhadap jenjang karier, kenaikan pangkat, ataupun nilai Rapor Pendidikan. Namun demikian, dengan mengikuti Refleksi Kompetensi, Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi Anda.

 

Lantas siapa saja yang nantinya akan melakukan Refleksi Kompetensi di PMM ?

Refleksi Kompetensi dapat diikuti oleh pendidik yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Pendidik dengan status PNS non KS di bawah naungan Kemendikbudristek (tidak termasuk CPNS, PPPK, PNS diperbantukan) serta termasuk dalam kategori golongan : 

1.       III/a - III/b = Guru Ahli Pertama

2.       III/c - III/d = Guru Ahli Muda

3.       IV/a - IV/b - IV/c = Guru Ahli Madya

4.       IV/d - IV/e = Guru Ahli Utama

 

Mengapa hanya Guru PNS non KS yang bisa mengerjakan Refleksi Kompetensi ?

Karena saat ini substansi model kompetensi yang telah dikembangkan dan tersedia sesuai regulasi hanya untuk guru. Maka dukungan teknologi pengembangan fitur pun mengikuti hal tersebut. Namun, kedepannya akan terus dikembangkan untuk dapat digunakan sasaran yang lebih luas mengikuti perkembangan substansi dan regulasi.

 

Apa saja indikator kompetensi yang akan di ukur pada refleksi kompetensi di PMM ?

kompetensi Guru terdiri dari 4 kompetensi, yaitu Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional, sehingga keempat kompetensi tersebut dijadikan model kompetensi dalam Refleksi Kompetensi. berikut pengertian dari masing-masing kompetensi:

1.     Pedagogik: Kemampuan mengelola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran;

2.     Kepribadian: Kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kemampuan kepribadian tersebut dilakukan melalui refleksi dalam menjalankan tanggung jawab sebagai guru sesuai kode etik profesi dan berorientasi pada peserta didik;

3.     Sosial: Kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dilakukan dalam pembelajaran dan pengembangan diri;

4.     Profesional: Kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kemampuan penguasaan materi tersebut untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan pengorganisasian konten pengetahuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

 

Nah, dari penjelasan diatas maka kini pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan gambaran pertanyaan yang terdapat pada refleksi kompetensi yang ada di PMM.

Pada postingan ini admin kherysuryawan akan menyajikan kumpulan soal-soal pada Refleksi Kompetensi khususnya pada salah satu kompetensi yaitu kompetensi Profesional.

 

Adapun jawaban dari setiap soal, maka guru dapat memilih salah satu dari beberapa option yang di tampilkan di setiap soal. Jawaban diharapkan bisa di berikan oleh guru sesuai dengan apa yang di alami atau apa yang terjadi oleh masing-masing guru selama melakukan aktivitas keseharian sebagai seorang guru. Intinya bahwa guru hanya perlu memilih salah satu jawaban yang dianggap sesuai dengan yang di alami oleh guru itu sendiri.

 

Baiklah di bawah ini disajikan kumpulan soal-soal pada Refleksi Kompetensi “Profesional” yang ada di PMM.

 

REFLEKSI KOMPETENSI PROFESIONAL

Top of Form

Saya mampu menyusun alur pengetahuan serta menyajikan materi pembelajaran yang relevan dalam proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi ajar yang akan disampaikan agar memudahkan peserta didik dalam memahaminya.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya melakukan evaluasi mengenai efektivitas alur pembelajaran yang telah digunakan, untuk merancang alur pembelajaran yang lebih efektif.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam mengidentifikasi konsep, urutan materi, dan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membantu rekan sejawat dalam mengimplementasikan struktur dan alur pembelajaran ke dalam rencana pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengidentifikasi pengetahuan konten pembelajaran yang relevan untuk merumuskan tujuan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menggunakan pengetahuan tentang konten pembelajaran untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menganalisis perkembangan materi ajar dari bidang keilmuan yang diajarkan untuk merancang perbaikan bahan ajar dengan pengetahuan terbaru dan relevan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengidentifikasi pengetahuan konten yang relevan guna merumuskan tujuan pembelajaran yang tepat.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menggunakan contoh dan pengalaman pribadi untuk membantu memberikan gambaran kepada rekan sejawat dalam merancang tujuan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya dapat menunjukkan bagaimana konsep-konsep pengetahuan yang berbeda dapat saling terhubung dan membentuk alur pembelajaran yang menyeluruh.

Tidak sesuaiKurang sesuaiSesuaiSangat sesuai

Saya mengorganisasikan pengetahuan konten menggunakan teknologi multimedia dan video untuk membantu menggambarkan alur tujuan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengumpulkan data dan informasi terkait hasil belajar peserta didik, sebagai bahan evaluasi untuk merancang alur tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya bekerja sama dengan rekan sejawat dalam mengorganisasikan pengetahuan konten untuk menyusun alur tujuan pembelajaran yang efektif.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berbagi konten pembelajaran untuk membantu rekan sejawat dalam merumuskan alur tujuan pembelajaran yang terstruktur.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memahami kebutuhan belajar peserta didik yang sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangannya.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Saya menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi untuk mengakomodasi perbedaan perkembangan dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya melakukan refleksi atas efektivitas strategi pembelajaran yang telah diterapkan, dan merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya dengan rekan sejawat bersama-sama menganalisis tahap perkembangan dan karakteristik peserta didik, untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membimbing rekan sejawat dalam mengidentifikasi karakteristik dan perkembangan peserta didik, untuk membantu menentukan strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya mencari tahu tentang latar belakang sosial, budaya, agama dan, ekonomi peserta didik dengan mengidentifikasi kondisi lingkungan sosial dimana mereka tumbuh berkembang.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menggunakan materi ajar dan contoh yang relevan dengan latar belakang peserta didik, agar mereka dapat memahami bagaimana konsep pengetahuan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya melakukan evaluasi dengan menganalisis pengaruh dari latar belakang sosial budaya peserta didik terhadap kebutuhan belajarnya, serta merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang mereka.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Setuju atau tidak jika bunyi sila ketiga adalah Persatuan Indonesia.

Sangat setujuJarangTidak setujuTidak benar

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merancang strategi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sesuai latar belakang peserta didik dalam proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membimbing rekan sejawat untuk menemukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya melakukan pemetaan potensi, minat, dan cara belajar peserta didik, untuk membantu saya memahami kebutuhan belajar mereka.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mempraktikkan beragam strategi dan pendekatan pembelajaran untuk mengakomodasi cara belajar serta minat peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengevaluasi sejauh mana efektivitas dari pendekatan pembelajaran yang telah dilakukan, berdampak terhadap pengembangan potensi dan minat peserta didik, lalu merancang perbaikannya.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam membuat forum diskusi untuk saling berbagi praktik baik mengenai strategi pembelajaran yang mendukung potensi, minat, dan cara belajar peserta didik yang beragam.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dapat mengoptimalkan minat dan potensi mereka.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengidentifikasi karakteristik peserta didik penyandang disabilitas melalui komunikasi dengan orang tua/wali dan ahli lainnya untuk memahami cara terbaik mendukung kemajuan mereka.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memodifikasi tugas dan metode pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas agar mereka terlibat dan berpartisipasi aktif.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya meminta umpan balik dari orangtua/wali dan guru pendamping mengenai strategi pembelajaran yang diterapkan, serta merancang perbaikannya untuk mendukung pembelajaran peserta didik penyandang disabilitas.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan suportif bagi peserta didik penyandang disabilitas.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membantu rekan sejawat dalam menggunakan strategi pembelajaran yang dapat mengembangankan keterampilan sosial-emosional peserta didik penyandang disabilitas.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya menyusun rencana pembelajaran berdasarkan hasil observasi terhadap keragaman kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Dalam proses pembelajaran, saya menggunakan pendekatan diferensiasi dengan menyajikan materi dan tugas yang bervariasi, sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya meminta umpan balik dari peserta didik, orang tua, atau profesional lainnya dalam merancang perbaikan strategi pembelajaran yang inklusif sesuai keragaman kebutuhan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengidentifikasi hambatan dalam pembelajaran inklusif, dan mencari solusi yang dapat mengakomodasi keragaman kebutuhan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi dan metode pembelajaran inklusif yang sesuai keberagaman kebutuhan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengidentifikasi konsep, teori, dan keterampilan yang harus diajarkan, berdasarkan kurikulum yang digunakan.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Dalam proses pembelajaran, saya menggunakan bahan ajar tambahan atau media lainnya untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang perbaikan proses pembelajaran yang mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, berdasarkan hasil evaluasi kemajuan belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk menyamakan pemahaman dan menentukan penerapan kurikulum yang berpusat pada peserta didik dalam proses pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membimbing rekan sejawat dengan memberi contoh cara penerapan kurikulum menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya dapat menentukan jenis asesmen yang relevan untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik.

Tidak sesuaiKurang sesuaiSesuaiSangat sesuai

Saya menggunakan berbagai jenis asesmen untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengevaluasi sejauh mana jenis asesmen yang digunakan dapat mengukur ketercapaian pemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran, serta menggunakanya untuk merancang peningkatan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Tujuh belas agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

Sangat setujuJarangSalahTidak setuju

Bottom of Form

Top of Form

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menyusun instrumen asesmen yang tepat untuk evaluasi dan peningkatan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berbagi praktik baik kepada rekan sejawat terkait cara mengimplementasikan dan mengelola hasil asesmen agar dapat digunakan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya memahami kekurangan dan kelebihan dari berbagai strategi pembelajaran agar efektif dalam meningkatkan pembelajaran peserta didik.

Tidak pahamKurang pahamPahamSangat paham

Dalam proses pembelajaran, saya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif berpartisipasi dan berdiskusi langsung.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya merancang perbaikan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, berdasarkan hasil evaluasi terhadap capaian belajar peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam membuat kelompok belajar untuk saling berbagi praktik baik mengenai strategi yang dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya membimbing rekan sejawat dalam merancang strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mampu menentukan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.

Tidak mampuKurang mampuMampuSangat mampu

Saya memberikan tugas dan aktivitas pembelajaran yang memadukan literasi dan numerasi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya mengevaluasi capaian belajar peserta didik untuk merancang perbaikan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam mengajar literasi dan numerasi, serta mencari solusi bersama.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Saya berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada rekan sejawat agar dapat membantu dalam merancang strategi pembelajaran literasi dan numerasi.

Tidak pernahJarangSeringSelalu

Bottom of Form

Top of Form

Bottom of Form

 

LIHAT JUGA SOAL REFLEKSI KOMPETENSI LAINNYA DI BAWAH INI:

👉 Kumpulan Soal Refleksi Kompetensi Pedagogik PMM (DISINI)

👉 Kumpulan Soal Refleksi Kompetensi Kepribadian PMM (DISINI)

👉 Kumpulan Soal Refleksi Kompetensi Sosial PMM (DISINI)


Top of Form

Demikianlah informasi mengenai sajian soal-soal pada Refleksi Kompetensi “Profesional” yang ada di PMM.semoga bisa bermanfaat bagi para guru yang akan melakukan pengisian atau penilaian pada refleksi kompetensi di platform merdeka mengajar.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel