SK Pembentukan Tim Literasi Sekolah Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2019/2020

Kherysuryawan.id – Contoh SK Pembentukan Tim Literasi Sekolah Terbaru Format Word.
Pada pembelajaran kurikulum 2013 sekolah di tekankan untuk bisa memberikan semangat kepada peserta didiknya dalam melakukan kegiatan literasi di sekolah.
Dengan semangat berliterasi maka peserta didik yang ada di sekolah di harapkan dapat membangun semangat untuk terus belajar dan menimba ilmu pengetahuan agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Literasi lebih dominan diartikan sebagai suatu kegiatan membaca yang tujuannya agar dengan membaca maka akan memperoleh banyak pengetahuan dan informasi baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum.
Kegiatan literasi dapat melatih seseorang untuk bisa aktif dan tekun dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Selain di sekolah, literasi juga dapat dilakukan di rumah atau di mana pun sehingga dengan membiasakan diri dalam berliterasi maka akan semakin memperbanyak pengetahuan yang dapat di miliki.
Jika kita terbiasa dalam melakukan aktivitas berliterasi maka akan banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kegiatan literasi tersebut. Berikut ini beberapa menfaat yang bisa di hasilkan dari kegiatan berliterasi diantaranya yaitu :
-          Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
-          Mengetahui hal-hal yang selama ini belum di ketahui
-          Menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik.
-          Membangun karakter disiplin dan menghargai karya orang lain
-          Memperkuat nilai kepribadian dengan membaca dan menulis
-          Dapat menstimulasi mental.
-          Mengoptimalkan kerja otak.
-          Menambah wawasan dan informasi baru.
-          Meningkatkan kualitas memori.
-          Melatih dan mengembangkan bakat dan minat dalam membaca
-          Melatih kemampuan berfikir dan menganalisa.
-          Meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang.
-          Melatih dalam hal menulis serta juga merangkai kata yang bermakna.
-          Melatih keterampilan untuk berfikir dan menganalisa
-          Meningkatkan daya ingat dan semangat membaca

Sebenarnya literasi bukan hanya diartikan sebagai kegiatan membaca saja melainkan banyak jenis-jenis lain yang juga dapat di katakana sebagai sebuah kegiatan dalam berliterasi.
Berikut ini beberapa jenis literasi yang perlu untuk anda ketahui antara lain yaitu :

a.   Literasi Dasar
Literasi dasar merupakan suatu kemampuan untuk membaca, mendengarkan, berbicara, menulis serta juga menghitung.

b.   Literasi Perpustakaan
Literasi perpustakaan merupakan suatu kemampuan lanjutan untuk dapat mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada. Sebagai contoh jika seseorang melakukan literasi di perpustakaan maka pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai cara untuk dapat membedakan antara cerita non fiksi dan cerita fiksi.

c.    Literasi Media
Literasi media merupakan suatu kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda. Contohnya adalah media cetak dan media elektronik.

d.   Literasi Teknologi
Literasi teknologi merupakan suatu kemampuan untuk dapat memahami kelengkapan dalam suatu teknologi. Contohnya adalah memahami tentang penggunaan dan manfaat hardware dan software.

e.   Literasi Visual
Literasi visual adalah suatu pemahaman yang lebih antara literasi media dan juga literasi teknologi yang digunakan untuk mengembangkan dengan cara memanfaatkan materi visual.

Literasi memang sangat penting untuk di terapkan di sekolah, oleh sebab itu sekolah harus dapat membuat atau membentuk sebuah Gerakan tim literasi sekolah dengan tujuan agar dapat melakukan control dan perencanaan yang baik sehingga kegiatan literasi di sekolah dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat yang positif kepada peserta didik dan seluruh warga sekolah.

Dalam proses pembentukan Gerakan Tim literasi sekolah maka pihak sekolah harus membuat sebuah SK yang di dalamnya memuat pihak-pihak yang akan terlibat dalam kegiatan literasi sekolah tersebut.
Pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan membagikan contoh SK Pembentukan Tim Literasi Sekolah yang dapat di gunakan pada jenjang SD,SMP,SMA/SMK.

Bagi anda yang membutuhkan contoh SK Pembentukan Tim Literasi sekolah untuk bahan referensi maka pada postingan ini kherysuryawan.id akan membagikannya secara gratis serta format yang di gunakan pada contoh SK Pembentukan Tim Literasi sekolah ini tersimpan dalam format dokumen word sehingga dapat dengan mudah untuk di edit dan di sesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.

Untuk bisa mendapatkan file contoh SK Pembentukan Tim Literasi sekolah maka Berikut ini link downloadnya :

  • SK Pembentukan Tim Literasi Sekolah Versi Terbaru ( DISINI )
Demikianlah postingan kali ini, semoga file contoh SK Pembentukan Tim Literasi sekolah untuk jenjang SD,SMP,SMA/SMK yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

2 Responses to "SK Pembentukan Tim Literasi Sekolah Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2019/2020"

  1. Kirim ke email saya kahajohnny@gmail.com contoh SK Pramuka,Literasi Sekolah.terima kasih atas bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan langsung di unduh di postingan pak, kan udah di siapkan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->