Materi K13 Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1&2

Kherysuryawan.id – Rincian materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 semester 1 dan semester 2 sesuai buku kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Apakah anda yang sedang membaca postingan ini sedang membutuhkan ulasan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMA khususnya di kelas 10, jika ya maka anda sangat tepat sekali mengunjungi artikel ini karena disini saya akan memberikan rincian materinya.

 


Dalam proses pembelajaran baik guru dan siswa pasti sangat membutuhkan materi pelajaran apalagi jika tidak memiliki buku paket sebagai buku pegangan. Belajar bukan hanya di sekolah saja melainkan dirumah pun kita bisa belajar. Apabila di sekolah anda belum memiliki atau mendapatkan bantuan buku paket khususnya buku mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA maka melalui postingan ini saya akan membantu anda untuk bisa mendapatkan jenis-jenis materi pelajaran yang ada pada buku paket kurikulum 2013.

 

Postingan ini hanya sekedar memberikan informasi seputar garis besar materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kels 10 mulai dari semester 1 hingga semester 2 pada sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013. Saat ini sepertinya sudah semua sekolah menerapkan yang namanya kurikulum 2013, jadi dalam proses pembelajarannya juga harus menggunakan buku kurikulum 2013 sesuai dengan versi revisi yang saat ini digunakan.

 

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 ada 8 jenis BAB yang akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Untuk materi semester 1 yaitu dimulai dari materi BAB 1 hingga BAB 4 sedangkan untuk semester 2 yaitu di mulai dari BAB 5 hingga BAB 8 jadi di setiap semester masing-masing mempelajari 4 BAB namun jika di sekolah anda tidak mampu menerapkan system seperti itu maka anda bisa menyeseuaikannya dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Rincian materi pelajaran Bahasa Indonesia yang akan saya jabarkan melalui postingan ini ialah saya ambil dan bersumber dari buku guru dan juga buku siswa Bahasa Indonesia kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2017, dan apabila di sekolah anda sudah menerapkan sama seperti yang digunakan pada buku pelajaran yang telah saya sebutkan tersebut maka anda bisa memanfaatkan postingan ini untuk bisa mendapatkan informasi materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran tersebut.

 

Materi yang akan saya sampaikan disini semoga bisa membantu para guru maupun para siswa yang akan belajar sesuai mata pelajaran yang saya bahas kali ini, untuk anda yang menginginkan uraian lengkapnya dari setiap BAB dan setiap item maka anda bisa mencari referensi lainnya atau mendownload file buku siswa dan buku guru yang sesuai dengan revisi yang anda gunakan di sekolah anda masing-masing.

 

Baiklah berikut ini jenis-jenis materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA untuk semester 1 dan juga untuk semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

MATERI BAHASA INDONESIA K13 KELAS 10 SEMESTER 1

BAB I MENYUSUN LAPORAN HASIL OBSERVASI

A. Menginterpretasi Laporan Hasil Observasi

B. Merevisi Laporan Hasil Observasi

C. Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

D. Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi

RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP DISINI


BAB II MENGEMBANGKAN PENDAPAT DALAM EKSPOSISI

A. Menginterpretasi Makna dalam Teks Eksposisi

B. Mengembangkan Isi Teks Eksposisi

C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi

D. Menyajikan Gagasan ke dalam Teks Eksposisi

 

BAB III MENYAMPAIKAN IDE MELALUI ANEKDOT

A. Mengskritisi Teks Anekdot dari Aspek Makna Tersirat

B. Mengontruksi Makna Tersirat dalam Sebuah Teks Anekdot

C. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot

D. Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan Memerhatikan Struktur dan Kebahasaan

 

BAB IV MELESTARIKAN NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI CERITA RAKYAT

A. Mengidentifikasi Nilai-nilai dan Isi Hikayat

B. Mengembangkan Makna (Isi dan Nilai) Hikayat

C. Membandingkan Nilai dan Kebahasaan Hikayat dengan Cerpen

D. Mengembangkan Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerpen

 

MATERI BAHASA INDONESIA K13 KELAS 10 SEMESTER 2

BAB V MEMBUAT KESEPAKATAN MELALUI NEGOSIASI

A. Mengevaluasi Teks Negosiasi

B. Menjelaskan Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan dalam Teks Negosiasi

C. Menganalisis Teks Negosiasi

D. Mengonstruksikan Teks Negosiasi

 

BAB VI BERPENDAPAT MELALUI DEBAT

A. Menemukan Esensi Debat

B. Mengonstruksi Bagian-bagian dalam Berdebat

C. Menganalisis Isi Debat

D. Berlatih Praktik Debat

 

BAB VII BELAJAR DARI BIOGRAFI

A. Menelaah Teks Biografi

B. Mengungkapkan Kembali Keteladanan dalam Teks Biografi

C. Menganalisis Makna dan Kebahasaan Teks Biografi

D. Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi

 

BAB VIII MENDALAMI PUISI

A. Mengidentifikasi Komponen Penting dalam Puisi

B. Mendemonstrasikan Puisi

C. Menganalisis Unsur Pembangun Puisi

D. Menulis Puisi

E. Menyusun Ulasan dari Buku yang Dibaca

 

Itulah yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini, semoga bisa menjadi referensi bagi para guru maupun siswa yang akan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 10 SMA nantinya. Materi diatas juga dapat anda jadikan sebagai acuan dalam mencari referensi materi lainnya yang masih sesuai dengan jenis materi di atas pada buku lainnya yang juga membahas tentang materi itu sehingga semakin banyak referensi yang anda miliki maka semakin besar pula pengetahuan anda dalam memahami materi tersebut.

 

Sekian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat bagi para pendidik dan pelajar di manapun berada. Salam Penddikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel