Materi Pelajaran Matematika Kelas 12 SMA Semester 1&2

Kherysuryawan.id – Kumpulan materi pelajaran matematika untuk kelas 12 SMA kurikulum 2013 yang akan di pelajari di semester 1 dan semester 2.

Saat ini sudah hampir semua sekolah memiliki yang namanya buku pelajaran untuk setiap mata pelajaran. Adapun buku yang biasanya telah di siapkan oleh sekolah yaitu buku guru dan juga buku siswa.

 

Meskipun demikian tentunya masih banyak juga sekolah yang belum memiliki sarana yang lengkap khususnya mengenai buku paket pelajaran. Ada beberapa sekolah yang hanya memiliki buku paket pelajaran yang terbatas sehingga tidak semua guru dan siswa bisa memilikinya dan membawanya pulang kerumah masing-masing sebagai bahan pembelajaran.

 


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran matematika kelas 12 SMA. Postingan ini sengaja saya buat untuk membantu para guru maupun para siswa yang ingin mengetahui jenis materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 12 SMA.

 

Materi pelajaran yang akan saya ulas dan sampaikan disini ialah materi matematika yang akan di pelajari pada semester 1 dan juga pada semester 2 khusus mata pelajaran matematika kelas 12 SMA. Seluruh materi yang akan saya jabarkan disini bersumber dari buku siswa dan juga buku guru matematika kelas 12 edisi revisi terbaru tahun 2018.

 

Seperti kita katahui bahwa saat ini untuk mata pelajaran matematika kelas 12 buku paket yang digunakan ialah buku paket edisi revisi 2018. Buku paket edisi revisi 2018 merupakan buku pelajaran versi terbaru yang hingga saat ini masih digunakan oleh semua sekolah jenjang SMA khususnya pada kelas 12 SMA.

 

Tujuan dari Materi yang akan saya jabarkan pada kesempatan kali ini yaitu untuk memudahkan para siswa maupun guru dalam mengetahui jenis materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran matematika kelas 12 SMA mulai dari semester 1 hingga semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui jenis-jenis materi ataupun judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika kelas 12 SMA baik pada semester 1 maupun semester 2, maka berikut ini penjabarannya.

 

MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 12 SMA SEMESTER 1

 

BAB 1 : DIMENSI TIGA

Adapun materi pokok yang akan di pelajari pada BAB 1 ini diantaranya ialah sebagai berikut :

-          Pembelajaran tentang jarak antar titik

-          Pembelajaran tentang jarak titik ke garis

-          Pembelajaran tentang jarak titik kebidang


👉 RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP (DISINI)



BAB 2 : STATISTIKA

Adapun materi pokok yang akan di pelajari pada BAB 2 ini diantaranya ialah sebagai berikut :

-        Penyajian data ( pembelajaran yang akan di pelajari antara lain mengenai Distribusi, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive)

-        Ukuran Pemusatan dan Penyebaran Data Berkelompok ( pembelajaran yang akan di pelajari antara lain mengenai Ukuran Pemusatan Data yang meliputi rata-rata,Median, dan modus serta Ukuran Penyebaran Data Berkelompok yang meliputi simpangan rata-rata, Simpangan Baku dan Ragam)


 👉 RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP (DISINI)


 

MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 12 SMA SEMESTER 2

 

BAB 3 : PELUANG

Adapun materi pokok yang akan di pelajari pada BAB 3 ini diantaranya ialah sebagai berikut :

-        Permutasi dan kombinasi

-        Kejadian Majemuk, Peluang Saling Lepas, Peluang Saling Bebas, dan Peluang Bersyarat

 

BAB 4 : KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN

Adapun materi pokok yang akan di pelajari pada BAB 4 ini diantaranya ialah sebagai berikut:

-        Kekongruenan ( pembelajaran yang akan di pelajari antara lain mengenai Menentukan Pasangan Sisi dan Sudut yang Bersesuaian, Kekongruenan Dua Bangun Datar Segi banyak , Menentukan Kekongruenan Dua Segitiga, Menentukan Kekongruenan Bangun Datar dengan Bangun Datar Hasil Transformasi Rotasi, Pergeseran, Dilatasi/Perbesaran, Pencerminan)

-        Kesebangunan ( pembelajaran yang akan di pelajari antara lain mengenai kesebangunan dua bangun datar, segitiga-segitiga yang sebagun, menentukan kesebangunan Bangun Datar dengan Bangun Datar Hasil Transformasi Rotasi, Pergeseran, Dilatasi/Perbesaran, Pencerminan, menentukan ukuran unsur-unsur segitiga yang bersesuaian dari dua segutiga yang sebangun.

 

Itulah materi pokok yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 12 SMA mulai dari semester 1 hingga semester 2. Bagi anda baik guru maupun siswa  yang mungkin belum memiliki buku paket matematika kelas 12 atau mungkin yang hanya sekedar ingin mengetahui jenis materi yang akan di pelajari pada mata pelajarna matematika di kelas 12 semester 1 dan semester 2, maka kiranya postingan ini bisa bermanfaat.

 

Demikianlah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, dan semoga kumpulan judul materi pokok yang telah saya sampaikan diatas bisa membantu para guru maupun siswa yang akan melihat judul-judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika nantinya sehingga bisa menjadi bahan referensi untuk bisa mempersiapkan diri dalam mempelajari materi yang sesuai dengan yang akan di pelajari nantinya.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel