1000+ Soal dan Jawaban Tes Seleksi Guru PPPK SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2023

Kherysuryawan.id – Kumpulan contoh soal tes seleksi guru P3K atau PPPK untuk guru SD, guru SMP, guru SMA dan guru SMK Tahun 2023.

Sahabat pendidik dimanapun berada, memasuki tahun 2023 maka sebagai seorang pendidik atau guru yang masih berstatus sebagai guru honorer maka harus siap-siap mengikuti seleksi penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) atau yang juga umum di sebut sebagai penerimaan P3K.

 

Seperti yang telah kita ketahui Bersama bahwa di saat akan mengikuti pendaftaran maka seluruh guru honorer baik yang mengabdi pada sekolah negeri maupun sekolah swasta telah di sibukkan dengan urusan verval ijazah yang dilakukan pada laman info.gtk tujuannya tak lain ialah untuk melakukan validasi ijazah yang dimiliki oleh masing-masing guru sehingga nantinya data verval ijazah tersebut digunakan sebagai bukti keabsahan verval ijazah saat akan mengikuti tes seleksi guru PPPK.

 

Tes seleksi guru P3K tahun ini akan diikuti oleh guru non PNS namun perlu dipahami juga bahwa tes seleksi penerimaan guru PPPK nantinya tidak hanya di peruntukkan bagi guru honorer yang sudah mengajar pada satuan Pendidikan saja, melainkan seleksi guru PPPK juga dapat diikuti oleh calon guru yang sudah dinyatakan lulus pada Pendidikan profesi guru (PPG) meskipun belum mengajar di satuan pendidikan.

 

Perlu anda ketahui bahwa untuk bisa lulus dalam seleksi penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) maka anda harus bisa bersaing dengan kurang lebih 1 juta guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Nantinya jika anda terpilih atau lulus dalam seleksi P3K tersebut maka anda akan menerimakan gaji yang setara dengan gaji seorang aparatur sipil negara (ASN).

 

Penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) merupakan bagian dari ASN tetapi bukan PNS. Meskipun P3K tidak sama dengan PNS namun dari segi gaji tidaklah jauh berbeda dengan gaji seorang PNS sebab gaji yang akan di terima oleh guru PPPK jumlahnya cukup sangat besar dan setara dengan gajih seorang PNS.

 

Bagi anda yang ingin lulus sebagai guru PPPK maka mulai dari sekarang anda harus bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi saingan ketika akan mengikuti seleksi PPPK. Seperti telah di sampaikan oleh kementerian Pendidikan bahwasannya nantinya akan di berikan modul P3K yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi guru ketika akan mengikuti seleksi P3K nantinya.

 

Modul P3K tersebut dapat menjadi bahan referensi pembelajaran bagi guru yang akan mengikuti ajang seleksi PPPK di daerah masing-masing. Dengan memepersiapkan diri melalui latihan dan belajar maka tentunya akan menjadikan kita semakin siap dalam menghadapi ujian atau seleksi PPPK nantinya, dan semakin kita sering belajar maka tentunya semakin besar pula peluang kita untuk bisa memiliki persiapan dalam menjawab soal-soal seleksi PPPK nantinya.

 

Pada kesempatan kali ini, dan melalui postingan ini saya akan memberikan ribuan contoh soal latihan P3K yang mana di setiap soal latihan PPPK tersebut juga telah disiapkan kunci jawabannya yang tentunya bisa memudahkan anda untuk mempelajarinya sebagai bahan persiapan dalam menghadapi dan mengikuti seleksi penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

 

Adapun penyelengggaraan seleksi guru PPPK atau P3K nantinya akan dilakukan dalam 3 tahap, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.   Seleksi administrasi

2.   Seleksi kompetensi

3.   Observasi

Bagi anda yang ingin ikut ambil bagian dalam pelaksanaan P3k tersebut maka anda harus bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

 

Melalui postingan inilah saya akan memberikan kumpulan modul yang berisikan contoh soal latihan tes seleksi guru PPPK terbaru yang juga sudah di lengkapi dengan kunci jawaban di setiap soal yang di sediakan. Selain itu juga di setiap soal sudah di paparkan tentang jenis kompetensi, capaian pembelajaran serta indikator dari setiap soal yang disajikan.

 

Pada postingan ini contoh soal latihan tes seleksi P3K yang akan saya bagikan yaitu terdiri dari 3 jenjang yang diantaranya ialah sebagai berikut :

1.   Contoh soal dan jawaban tes seleksi guru PPPK untuk jenjang SD

2.   Contoh soal dan jawaban tes seleksi guru PPPK untuk jenjang SMP

3.   Contoh soal dan jawaban tes seleksi guru PPPK untuk jenjang SMA/SMK

 

Seluruh contoh soal seleksi P3K baik dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK akan saya bagikan secara gratis melalui postingan ini dengan tujuan untuk memudahkan para guru yang akan mengikuti tes seleksi Penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Contoh soal P3K yang akan saya bagikan ini tersimpan dalam bentuk file dan anda bisa dengan mudah untuk mendownload filenya sehingga dapat anda simpan pada media handphone ataupun computer dan bisa anda pelajari sebagai bahan persiapam dalam mengikuti tes seleksi guru PPPK nantinya.

 

Jika mulai dari sekarang anda mempersiapkan diri dengan belajar mengerjakan soal-soal latihan P3K maka saya yakin anda akan mudah dalam mengikuti seleksi PPPK nantinya. Sesuai jadwal bahwa tes seleksi guru PPPK akan segera dimulai, jadi mulai dari sekarang anda harus sudah mempersiapkan diri dengan baik yaitu dengan cara banyak belajr dan berlatih mengerjakan soal-soal latihan PPPK.

 

Sahabat guru yang Budiman, sebelum saya membagikan file contoh soal latihan tes seleksi guru PPPK lengkap dengan jawabannya maka anda perlu ketahui bahwa disini saya akan membagikan beberapa file contoh soal P3K mulai dari jenjang SD, jenjang SMP hingga jenjang SMA/SMK. Bagi anda yang mengajar di jenjang SD, SMP, atau SMA/SMK maka anda bisa menyesuaikannya dengan soal latihan yang sesuai dengan jenjang yang anda ajarkan saat ini.

 

Adapun jenis soal latihan PPPK yang akan saya bagikan diantaranya meliputi contoh soal P3K pedagogik umum, contoh soal P3K pedagogik mata pelajaran, contoh soal P3K professional dan latihan soal P3K sesuai mata pelajaran yang semuanya itu telah di lengkapi dengan kunci jawaban dan juga pembahasannya.

 

Ada lebih 1000 contoh soal latihan dalam menghadapi tes seleksi guru PPPK yang bisa anda miliki melalui postingan ini, dan semuanya itu dapat anda miliki secara mudah dan gratis dengan harapan dapat menjadi bahan pembelajaran buat anda yang akan mengikuti seleksi tes guru PPPK.

 

Baiklah berikut ini beberapa contoh soal latihan tes seleksi guru P3K lengkap dengan kunci jawaban mulai dari jenjang umum, jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK.

  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Pedagogik umum ( 15 soal pedagogik, 30 soal sumatif ) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Bahasa Indonesia jenjang SD ( 8 soal pedagogik, 16 soal professional, 13 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Matematika jenjang SD ( 4 soal pedagogik, 12 soal professional, 6 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K IPS jenjang SD ( 4 soal pedagogik, 12 soal professional, 22 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K IPA jenjang SMP ( 20 soal pedagogik, 40 soal professional, 23 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K IPS jenjang SMP ( 28 soal pedagogik, 70 soal professional, 50 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K IPS Sejarah jenjang SMA/SMK (20 soal pedagogik dan 60 soal profesional) - (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Kimia jenjang SMA/SMK ( 20 soal pedagogik, 40 soal professional, 40 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Ekonomi jenjang SMA/SMK ( 24 soal pedagogik, 47 soal professional, 32 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Matematika jenjang SD, SMP, SMA/SMK ( 20 soal pedagogik, 40 soal professional, 20 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K PPKN jenjang SD, SMP, SMA/SMK ( 20 soal pedagogik, 50 soal professional, 30 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Bahasa Indonesia jenjang SMP, SMA/SMK ( 20 soal pedagogik, 50 soal professional, 15 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Bahasa Inggris jenjang SD, SMP, SMA/SMK ( 20 soal pedagogik, 60 soal professional, 30 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Penjas jenjang SD, SMP, SMA/SMK ( 20 soal pedagogik, 80 soal professional, 50 soal latihan) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes P3K Seni Budaya jenjang SD, SMP, SMA/SMK ( 80 soal ) – (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes PPPK Kompetensi Sosio Kultural (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes PPPK Kompetensi Manajerial (DISINI)
  • Contoh soal + jawaban Tes PPPK Kompetensi Teknis (DISINI)
  • Kumpulan Materi Modul Belajar Mandiri Asli dari Kemendikbud untuk semua jenjang (DISINI)
  • ebook Soal dan Pembahasan PPPK Terbaru (DISINI)

 

Bagi anda yang telah mengambil seluruh file diatas agar kiranya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dalam belajar dan dalam mempersiapkan diri ketika akan mengikuti tes seleksi Penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

 

Demikian yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, jika masih ada file yang belum anda dapatkan pada postingan ini maka di waktu selanjutnya saya akan berusaha untuk melengkapinya agar semua contoh soal P3K sesuai mata pelajaran dapat tersedia dengan lengkap.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi para guru yang akan mengikuti seleksi Penerimaaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun ini.

Sekian dan Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel